Polres Solsel Awasi Pekerja Tambang


Jumat,29 September 2017 - 11:29:34 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Polres Solsel Awasi Pekerja Tambang TAMBANG TIMAH - Lokasi eksplorasi tambang timah hitam di Pinti Kayu, KPGD, Solsel PT.Faras Pratama yang telah kantongi izin bahan peledak. IST

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Polres Solok Selatan (Solsel) menyatakan keberadaan tujuh orang Tenaga Kerja Asing (TKA) di lokasi tambang timah hitam di Pinti Kayu, Kecamatan KPGD, Solsel telah memperoleh izin dari instansi terkait. Aktivitas tambang itu dikerjakan oleh PT Faras Pratama dan juga telah mengantongi izin bahan peledak (Handak) untuk eksplorasi.

"Kalau terkait izin-izin, baik untuk kegiatan tambang maupun orang asingnya. Sesuai dengan yang kita cek sudah lengkap. Polri hanya sebatas pengawasan tetapi untuk perizinan dan izin TKA langsung ke instansi terkait,"kata Kapolres Solsel, AKBP M.Nurdin pada Haluan, Rabu (27/9)

Kendati demikian, imbuh M Nurdin, pihaknya tetap lakukan pengecekkan dan pengawasan berkala oleh kepolisian terkait izin maupun kegiatan tambang. "Di lokasi juga kita tempatkan dua orang personil kepolisian untuk pengamanan bahan peledak yang juga mempunyai izin dari Mabes Polri," lanjutnya.

Sementara, Kasat Intel Polres Solsel, AKP Zamzami mengatakan, perusahaan tersebut memiliki Kepala Teknis Tambang (KTT) yang berasal dari Makasar bernama Mamadong dan juru ledak Sugianto warga Bengkulu.

"Keduanya memiliki Kartu Izin Meledak (KIM) dan semua perizinannya serta administrasi mempekerjakan orang asingnya juga lengkap. Izin handak dikeluarkan oleh Mabes Polri dengan rekomendasi dari Polres dan Polda, sebelum rekomendasi handak dikeluarkan, polisi melakukan pengecekan ke lokasi dengan melihat jarak dari pemukiman minimal dua kilometer dan termometer," sebutnya.

Adapun jenis bahan peledak yang digunakan oleh PT Faras Pratama berupa dinamit, detanator dan anfo, yang telah sesuai standar operasionalnya. Kemudian, gudang ketiga bahan peledak ini juga harus dipisahkan. Dalam pengangkutannya juga harus dipisahkan dan tidak boleh sekaligus dalam satu mobil. (h/jef)

 

Editor: Rivo Septi Andries

 


 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu,14 Oktober 2017 - 15:55:11 WIB

    Meringanka Korban Banjir di Ranah Batahan, Polres Pasbar Serahkan Bantuan

    Meringanka Korban Banjir di Ranah Batahan, Polres Pasbar Serahkan Bantuan PASBAR, HARIANHALUAN.COM- Donasi bantuan banjir bandang yang terjadi di Jorong Kampung Baru, Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat terus mengalir. Kali ini, Jajaran Polres Pasaman Barat turun langsung kelokasi ters.
  • Jumat,13 Oktober 2017 - 21:29:29 WIB

    Anggota Polres Pasaman Ini Diangkat Menjadi Datuak di Pessel

    Anggota Polres Pasaman Ini Diangkat Menjadi Datuak di Pessel PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Kasat Binmas Kepolisian Resor Pasaman AKP Syafrizen SH, dikukuhkan sebagai Datuak di Kampung halamannya Padang Mandiangin, Kenagarian Lakitan Utara, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan (P.
  • Senin,25 September 2017 - 17:50:44 WIB

    Pascabanjir Bandang, Polres Solsel Bantu Bersihkan Material Longsor

    Pascabanjir Bandang, Polres Solsel Bantu Bersihkan Material Longsor SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Sejumlah personil jajaran Polres Solok Selatan (Solsel) kembali melakukan pembersihan bekas material lumpur akibat banjir bandang yang melanda nagari Pakan Rabaa Tengah, Koto Parik Gadang Di.
  • Jumat,08 September 2017 - 00:55:33 WIB

    Kasat Sabhara Polres Bukittinggi Diserahterimakan.

    Kasat Sabhara Polres Bukittinggi Diserahterimakan. BUKITTINGGI, HALUAN – Kasat Shabara Polres Bukittinggi diserahkan dari pejabat lama AKP Dwi Yulianto kepada pejabat baru AKP Jefri Afridan. Serah terima jabatan terebut dipimpin Kapolres Bukittinggi di Mapolres Bukittinggi,.
  • Selasa,01 Agustus 2017 - 15:43:58 WIB

    13 Anak Asuh Butuh Bantuan, Kapolres Solsel Bakal Cari Donatur

    13 Anak Asuh Butuh Bantuan, Kapolres Solsel Bakal Cari Donatur SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Rumah Asuh Griya Dhuafa Solok Selatan (Solsel) yang melayani anak kurang mampu dan yatim mendapatkan perhatian dari Kapolres Solsel, AKBP M.Nurdin. Sebab rumah asuh itu masih  membutuhkan .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM