Pelantikan Perangkat Nagari di Pasbar Mendapat Sorotan


Senin,18 September 2017 - 21:29:38 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pelantikan Perangkat Nagari di Pasbar Mendapat Sorotan  Wali Nagari Sasak Arman Lantik perangakat Nagari Persiapan se-Kecamatan Sasak Ranah Pasisie. (Idenvi Susanto)

PASBAR, HARIANHALUAN.COM--Pelantikan Perangkat Nagari Persiapan Ranah Pasisie, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) yang dilaksanakan di Kantor Wali Nagari Sasak mendapat sorotan.

Pasalnya pelantikan perangkat nagari tersebut diangap jangal karena peserta pansel yang mendapatkan nilai tertinggi tidak dilantik melainkan nilai terendah yang dilantik.

"Benar, saya telah mengikuti seleksi pansel dari awal sampai akhir. Dan nilai saya tertinggi dari peserta pansel yang dilantik sebagai Kaur Umum Nagari Persiapan Ranah Pasisie", tutur Junita Junila Sari kepada haluan, Senin (18/9)

Junita mengatakan dirinya merasa kecewa terhadap keputusan yang di ambil oleh Pj.Wali Nagari Persiapan Ranah Pasisie. Kalau demikian kenapa harus ada pansel lebih baik ditunjuk saja. Kan jelas dan tak ada yang kecewa. katanya

Junita menambahkan keluarganya pernah ditelefon oleh oknum pegawai Kecamatan Sasak Ranah Pasisie bahwa dirinya mendapatkan nilai tertinggi dan akan dilantik Senin (18/9).

"Tapi satu hari setelah itu saya diberitahu lagi tidak dilantik, yang akan dilantik itu peserta yang nilainya dibawah saya," sebut junita.

Sementara itu Pj.Wali Nagari Persiapan Ranah Pasisie  M HD Zulfikar membenarkan bahwa Junita Junila Sari mendapatkan nilai tertinggi, di hasil akhir tim pansel demi rasa keadilan Agea Putri yang  dilantik.

"Demi keadilan kita ambil nilai terendah. Dengan pertimbangan Nagari Persiapan Sasak Ranah Pasisie yang memiliki dua jorong yakni Jorong Pondok dan Jorong Pasa Lamo. Tiga orang dari Warga Jorong Pondok dua orang dari Warga Jorong Pasa Lamo yang kita lantik", sebutnya.

Sementara itu Kepala Bagian Pemerintah Nagari (Pemnag) Sekretariat Daerah Pasaman Barat Yunisal mengatakan, proses pansel penetapan perangkat nagari harus sesuai dengan aturan perundang-undangan.

Menurutnya, proses penetapan perangkat nagari harus melalui pansel dan hasil dari proses pansel itu diserahkan kepada Pj Walinagari, setelah itu Pj walinagari berkordinasi dengan wali nagari induk dan camat untuk dipilih berdasarkan nilai tertinggi dan setelah itu dilakukan pelantikan.

Menangapi hal itu Sekretaris Aliansi Masyarakat Bersatu Pasaman Barat (AMB-PB) Devi Irawan mengatakan, hal tersebut tidak bisa di biarkan camat dan Pj Wali Nagari harus tegas bila perlu tinjau ulang pelantikan perangkat Nagari Persiapan Sasak Ranah Pasisie.

"Kami akan berkordinasi dengan Bupati. Hal itu harus kita sikapi dan ini tidak bisa dibiarkan kalau dibiarkan akan terulang kembali", pungkasnya.

Dari hasil laporan panitia seleksi nagari persiapan ranah pasisie terdapat lima jabatan yang di laporkan pertama yakni Sekretaris Nagari atas nama Rica Tasia Putri dengan total nilai akir 94 dan Ezzy Putri Utami dengan total nilai akir 89, kedua Kaur Pemerintahan atas nama Atim Taimah dengan total nilai akir 94 dan Neni Noviarti dengan total nilai akir 64.

Ketiga Kaur Pembagunan atas nama Elipa Gusma Rianti dengan total nilai akir 72 dan Anton Junaidi dengan total nilai akir 69, Ke empat Kaur Umum atas nama Junita Junila Sari dengan total nilai akir 80 dan Adea Putri dengan total nilai akir 67, ke lima Kaur Kesra atas nama Robi Saputra dengan total nilai akir 68 dan Erwin Zadi Putra dengan total nilai akir 66. (h/idn).

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,29 Desember 2015 - 02:43:20 WIB

    Rosnini: Pelantikan Bupati Agar Dipercepat

    PADANG PARIAMAN, HA­LUAN — Pejabat Bupati Padang Pariaman, Rosnini Savitri berharap, agar pelan­tikan Bupati defenitif Pa­dang Pa­ria­man dapat di­per­cepat dari jadwal yang telah ditetapkan..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM