Cerita Faldo Maldini Saat Kuliah di Inggris, Kemampuan Beradaptasi Adalah Kunci Kesuksesan Mahasiswa


Kamis,14 September 2017 - 15:11:32 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Cerita Faldo Maldini Saat Kuliah di Inggris, Kemampuan Beradaptasi Adalah Kunci Kesuksesan Mahasiswa Faldo Maldini saat kuliah di Imperial Collage, Inggris, beberapa tahun yang lalu. Menurut Faldo, beradaptasi adalah kunci kesuksesan mahasiswa saat berkuliah di luar negeri. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Banyak anak muda Indonesia bercita-cita melanjutkan studi ke luar negeri, apalagi dengan adanya beasiswa pemerintah, peluang untuk kuliah ke luar negeri lebih banyak. memberikan lebih banyak peluang saat ini. 

Faldo Maldini, pendiri pulangkampuang.com, berbagi pengalamannya hidup di negeri orang. Ia mengatakan, kemampuan beradaptasi adalah kunci kesuksesan seorang mahasiswa asing menyelesaikan studinya.

"Kemampuan menyesuaikan diri sangat penting. Kata orang Minang, harus bapandai-pandai, apalagi mengambil studi yang jarang orang Indonesianya. Kebetulan, di kelas saya dulu hanya ada satu mahasiswa Indonesia. Pengajar juga tidak paham bagaimana budaya belajar kita. Pasti banyak salah. Karena itu, kita harus cepat belajar dan tidak boleh takut bereksperimen," ujar Alumnus Ilmu Fisika Imperial Collage London itu, Kamis (14/9).

Kuliah di luar negeri, kata Faldo, banyak masalah di luar urusan akademik yang harus diatasi. Persoalan yang tampak sepele sering membuat banyak mahasiswa asing kehilangan semangat belajar.

"Banyak kendala nonakademik juga. Ada teman, orang Indonesia juga yang mau ditinggal nikah sama pacarnya, lalu stress, galau, gagal move on. Studinya berantakan. Ada juga teman orang Ekuador yang uang beasiswanya habis pada awal bulan gara-gara keseringan nonton pertandingan sepakbola liga Inggris. Sekali nonton di stadion, bisa buat makan sebulan itu," tutur mantan Ketua BEM Universitas Indonesia itu. 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,27 April 2017 - 19:08:12 WIB

    Membentuk Kepribadian, Siswa SD di Agam Ini Ikut Lomba Bercerita

    Membentuk Kepribadian, Siswa SD di Agam Ini Ikut Lomba Bercerita AGAM, HARIANHALUAN.COM-- Puluhan siswa tingkat SD dan MI mengikuti mengelar lomba bercerita tingkat Sekolah Dasar (SD), dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kabupaten Agam, Kamis (27/4), kegiatan bagian dari upaya meningkatkan s.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM