HASIL KUNJUNGAN KE SEKOLAH

BNN Temukan Banyak Siswa Ngelem


Selasa,12 September 2017 - 01:45:54 WIB
Reporter : Tim Redaksi
BNN Temukan Banyak Siswa Ngelem BIMTEK ANTINARKOBA — BNNK Sawahlunto saat menggelar Bimtek P4GN di lingkungan swasta dalam upaya pemberdayaan masyarakat antinarkoba, yang diikuti oleh penjual dan penyedia lem. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HALUAN - Maraknya penyalahgunaan lem di kalangan remaja di Sawahlunto menjadi salah satu perhatian khusus dari Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Sawahlunto.

BNN menilai saat ini marak penyalahgunaan lem di kalangan siswa yang berakibat fatal kepada syaraf dan fisik penggunanya.

Kepala BNNK Sawahlunto, Guspriadi kepada Haluan menuturkan, dari hasil penelusuran dengan turun ke sekolah sekolah terutama di tingkat SLTP, pihaknya banyak menemui siswa yang mengonsumsi lem dengan cara dihisap.

"Banyak ditemukan sisa-sisa pemakaian lem di sekitar lingkungan sekolah. Meski tidak masuk dalam kategori narkoba namun efek samping dari penyalahgunaannya sangat berdampak buruk bagi yang menghisapnya karena bisa cepat merusak syaraf otak," katanya.

Didampingi Kasi Pencegahan dan Pendayagunaan Masyarakat, Kapten Inf. Muryanto ditambahkan, sudah sepantasnya hal ini menjadi perhatian semua pihak.

Salah satunya peran pemerintah kota untuk membuat peraturan daerah terkait penggunaan lem, seperti yang telah dilakukan oleh Pemko Payakumbuh sehingga dalam peredarannya lem bisa diperjualbelikan hanya sesuai dengan peruntukkannya saja.

Selain itu, lanjutnya, peran serta masyarakat penjual atau penyedia lem agar lebih selektif untuk menjualnya terlebih kepada siswa sekolah.

"Untuk merangkul peran serta masyarakat khususnya penjual dan penyedia lem di kota ini, kita melakukan pembinaan dalam bimtek bidang Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di lingkungan swasta dalam upaya pemberdayaan masyarakat anti narkoba dalam menyelamatkan generasi bangsa," katanya.

Dari efek samping menghisap lem yang begitu nyata merusak akan sama bahayanya dengan pemakaian narkoba. Menghisap lem merupakan salah satu gerbang menuju penggunaan narkoba dan itu, lanjutnya, harus serius dan menjadi tanggungjawab bersama untuk meredamnya.(h/rki)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,28 Juni 2016 - 05:08:03 WIB

    Gandeng Awak Media, BNN Sosialisasikan Bahaya Narkoba

    Gandeng Awak Media, BNN Sosialisasikan Bahaya Narkoba SAWAHLUNTO, HALUAN — Setidaknya 27 awak media yang bertugas di ‘Kota Arang’ digandeng oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Sawah­lunto untuk berpartisipasi men­so­sialisasikan dan meng­kam­panyekan bahaya narko.
  • Selasa,12 April 2016 - 02:54:45 WIB

    BNNK Sawahlunto Terus Tekan Narkoba

    BNNK Sawahlunto Terus Tekan Narkoba SAWAHLUNTO, HALUAN — Upaya preventif untuk meminimalisir penyalahgunaan narkotika di tengah masyarakat, terus dilakukan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Sawahlunto, melalui sosialisasi dalam berbagai bentuk..
  • Selasa,15 Maret 2016 - 03:00:37 WIB

    BNNK Sawahlunto Gelar Raker P4GN

    BNNK Sawahlunto Gelar Raker P4GN SAWAHLUNTO, HALUAN — Badan Narkotika Na­sional (BNN) Kota Sa­wah­lunto menggelar rapat kerja, dalam menekan Pen­ce­ga­han Pemberantasan Penya­lahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN), de­ngan melibatkan sekolah .
  • Selasa,12 Januari 2016 - 02:18:27 WIB

    BNNK Sawahlunto, Tidak Ada Celah Untuk Peredaran Narkoba

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Ba­dan Narkotika Nasio­nal Kota (BN­NK) Sawah­lunto, berko­mit­men untuk memerangi serta men­cegah dan menanggulangi pe­re­daran Narkotika dan Obat obat terlarang lainnya, ter­utama di­kalang.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM