Hujan, Pantai Penuh Sampah


Senin,11 September 2017 - 03:01:57 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Hujan, Pantai Penuh Sampah TUMPUKAN SAMPAH - Warga tengah mencari barang bekas di tumpukan sampah di bibir Pantai Padang, Minggu (10/8). Tumpukan sampah ini selain karena terbawa dari arus sungai serta akibat cuaca buruk. (Huda Putra)

PADANG,HALUAN—Hujan yang turun Sabtu (9/9) hingga Minggu (10/9) pagi tidak hanya membuat Kota Padang dikepung banjir, namun, juga menyisakan tumpukan sampah di sepanjang Pantai Padang, sehingga membuat wisatawan enggan untuk bermain di pantai pada Minggu pagi.

Pengunjung Pantai Padang Candra mengatakan, Minggu Pagi kondisi Pantai Padang benar-benar kotor. Sampah-sampah yang ada bertumpuk di bibir pantai. Padahal biasanya, Minggu pagi Pantai Padang selalu ramai dikunjung warga untuk bermain. Namun kali ini wisatawan terlihat risih dan enggan karena kotor.

“Tadi sedang bersepeda, namun sewaktu melihat ke pantai kondisinya benar-benar kotor dan jorok,”ujar warga Koto Marapak ini.

Ia berharap agar pemerintah bisa mengambil langkah tegas terkait persoalan sampah yang selalu menumpuk di Pantai Padang akibat hujan. Termasuk perbaikan saluran air dan sosialisasi ke warga untuk tidak buang sampah ke sungai.

“Sayangkan, Pantai Padang yang bisa mengggerakkan ekonomi warga, selalu penuh sampah tiap hujan di atas 3 jam mengguyur Padang. Kalu bisa segera turunkan petugas untuk bersihkan sampah,”ujar pria 27 tahun ini.

Tak hanya Candra, Erdi juga menyayangkan kondisi Pantai Padang yang selalu dipenuhi sampah setelah diguyur hujan. Padahal Pantai Padang adalah ikon kota, tetapi kondisinya sering kumuh akibat banyaknya sampah.

“Kasian anak-anak kalau bermain di Pantai Padang yang dipenuhi oleh sampah,”ujarnya.

Pantauan Haluan, hingga Minggu pukul 13.00 WIB belum terlihat ada petugas kebersihan yang membersihkan Pantai Padang. Hanya terlihat beberapa orang pemulung yang memilih sampah, yang bernilai ekonomi untuk dapat dijual kembali.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Medi Iswandi menjelaskan di Pantai Padang ada dua sungai besar yang bermuara. Biasanya memang setelah banjir atau hujan, sampah yang ada dari hulu hanyut ke mulut muara.

“Tentunya akan kita bersihkan. Biasanya Dinas Pariwisata, DLH dan dinas PU akan segera membersihkan,”sebutnya.

Ditambahkan Medi, namun pihaknya tidak bisa langsung membersihkan semua sampah yang menumpuk di Pantai Padang dalam waktu sehari. Butuh waktu dua atau tiga hari untuk membersihkan semua sampah tersebut.

“Ke depan ada rencana memasang beberapa jaring penangkap sampah di setiap kecamatan yang dilalui oleh sungai tersebut agar sampah tidak menumpuk di pantai,”kata Medi.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang Al Amin mengimbauan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai, dan laut. Imbauan ini juga disampaikan kepada pemilik kapal agar tidak membuang sampah ke laut

“Kita akan memasang jaring di setiap batas sungai per kecamatan. Insya Allah akir bulan ini, karna jaring tersebut dipesan terlebih dahulu,”ujarnya. (h/mg-mel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,12 September 2016 - 11:04:21 WIB

    Padang Hujan, Tifatul Sembiring Ngungsi Khutbah ke Nurul Iman

    Padang Hujan, Tifatul Sembiring Ngungsi Khutbah ke Nurul Iman Tifatul akhirnya tak jadi ceramah di RTH Imam Bonjol dan dipindahkan ke Masjid Nurul Imam. Dalam khutbahnya, Tifatul menyampaikan bahwa hari raya qurban bukan ritual keagamaan semata..
  • Minggu,26 Juni 2016 - 15:37:21 WIB

    Tak Ada Angin tak Ada Hujan, Klenteng She Hin Kiong Ambruk

    Tak Ada Angin tak Ada Hujan, Klenteng She Hin Kiong Ambruk PADANG, HALUAN--- Tak ada sebab musabab, tak ada angin,tak ada hujan bahkan gempa, Klenteng lama She Hin Kiong Jalan Kelenteng, Kelurahan Kampung Pondok, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sabtu (25/6) ambruk . .
  • Selasa,14 Juni 2016 - 03:27:45 WIB

    Hujan, Sejumlah Kawasan Tergenang Air

    Hujan, Sejumlah Kawasan Tergenang Air PADANG, HALUAN — Hu­jan deras yang melanda Kota Padang dan sekitarnya pada Senin (13/6) sore sekitar pukul 16.00 WIB membuat beberapa kawasan di Kota Padang digenangi air. Selain itu, ada juga di beberapa titik pohon yang .
  • Kamis,02 Juli 2015 - 18:58:27 WIB

    Jika Tak Hujan, Pekan Depan Salat Istisqo

    PADANG, HALUAN — Me­lihat cuaca yang se­makin garang di Sumbar khususnya Kota Padang, terlihat rumput sudah mulai layu serta sawah mulai mengering.

    Namun, Majelis Ulama Indo­nesia (MUI) Kota P.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM