DPRD Setujui APBD-P 2017

Belanja Daerah Meningkat Jadi Rp710 Milliar


Sabtu,09 September 2017 - 01:23:46 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Belanja Daerah Meningkat Jadi Rp710 Milliar Ketua DPRD Beny Yusrial menandatangani Nota Kesepakatan Ranperda APBD-P tahun 2017 menjadi perda, yang disaksikan Walikota Ramlan Numatias, Wakil Ketua DPRD Yontrimansyah dan Sekwan DPRD Hermansyah pada rapat paripurna DPRD Bukittinggi, Kamis (7/9). GATOT

BUKITTINGGI, HALUAN -- DPRD Kota Bukittinggi menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2017 menjadi Peraturan Daerah (Perda). Persetujuan itu dilakukan dalam rapat paripurna DPRD Kota Bukittinggi yang berlangsung di gedung dewan setempat, Kamis (7/9).

Dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Beni Yusrial didampingi Wakil Ketua Trismon dan Yontrimansyah disepakati bahwa belanja daerah pada APBD-P tahun 2017 yang awalnya sebesar Rp703 miliar meningkat menjadi Rp710 miliar.

Sedangkan belanja daerah pada APBD 2017 yang sebelumnya sebesar Rp845 miliar turun menjadi Rp733 miliar. Sementara untuk PAD yang awalnya sebesar Rp97 miliar pada perubahan dinaikan menjadi Rp113 miliar.

Kemudian dalam APBD-P 2017 terdapat pula penambahan anggaran dana cadangan untuk pembangunan RSUD sebesar Rp43 miliar dan penyertaan modal daerah pada PDAM Tirta Jam gadang sebesar Rp10 miliar. Untuk uang makan PNS dan non PNS, yang awalnya sebesar Rp10.000 dalam perubahan naik menjadi Rp22.000.

“Meski tujuh fraksi DPRD Bukittinggi menerima ranperda APBD-P 2017 menjadi perda, namun hampir semua fraksi memberikan catatan dalam pendapat akhirnya. Adapun yang menjadi catatan itu, yakni DPRD meminta kepada Pemko Bukittinggi untuk lebih teliti dan cermat lagi dalam perencanaan dan penganggaran. Sekaligus meminta agar dalam realisasinya memperhatikan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Ketua Komisi I DPRD Bukittinggi, M Idris.

Menurut M Idris yang juga selaku juru bicara fraksi PAN, khusus untuk kenaikan uang makan ASN dan non ASN, semua fraksi mendukung terhadap kenaikan uang makan ASN dan non ASN tersebut. Sebab dengan dinaikannya uang makan itu, maka akan dapat meningkatkan kinerja para ASN dan non ASN Pemko Bukittinggi.

“Kami fraksi PAN DPRD sangat mendukung dan menyetujui dinaikan uang makan bagi ASN dan non ASN dari Rp10.000 menjadi Rp22.000. Sementara untuk pembangunan RSUD dan Kantor DPRD Bukittingggi, fraksi PAN meminta awal tahun 2018 sudah ada tahapan pekerjaannya,” ujar M Nur Idris.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada anggota DPRD atas disetujuinya ranperda APBD-P 2017 menjadi perda. Dengan disetujuinya ranperda APBD-P tahun 2017 ini, pemerintah daerah berjanji akan memperhatikan catatan dan saran dari masing-masing fraksi untuk perbaikan ke depan. Kepada semua SOPD juga diminta untuk bekerja semaksimal mungkin dalam sisa tahun anggaran 2017 ini.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRD atas diterimanya ranperda APBD-P 2017. Kami akan jadikan semua masukan yang disampaikan faksi untuk perbaikan ke depan. Kepada semua OPD saya minta untuk bekerja maksimal terutama dalam menyelesaikan akhir anggaran 2017 ini,” ujar Walikota Ramlan Nurmatias.

Dalam rapat paripurna yang digelar itu, Walikota Ramlan Nurmatias juga mengantarkan nota keuangan ranperda APBD tahun 2018 kepada DPRD Kota Bukittinggi. Dalam nota yang dibacakan itu disebutkan, pendapatan daerah tahun 2018 diestimasikan sebesar Rp606 miliar atau lebih rendah dari APBD tahun 2017. Untuk PAD di tahun 2018 diproyeksikan sebesar Rp101 miliar dan untuk belanja daerah tahun 2018 dialokasikan anggaran sebesar Rp720 miliar.

Sementara itu, Ketua DPRD Beni Yusrial mengatakan, dengan telah diantarkannya ranperda APBD tahun 2018, maka diminta kepada Badan Anggaran (Banggar) DPRD untuk segera melakukan pembahasan sesuai dengan mekanisme tata tertib DPRD. (h/tot)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,05 Agustus 2016 - 03:42:14 WIB

    Kota Solok Siap Menuju Pusat Wisata Belanja

    Kota Solok Siap Menuju Pusat Wisata Belanja SOLOK, HALUAN — Kota Solok memang sangat cocok dijadikan sebagai wisata belanja karena sesuai letak geografisnya diperimpangan jalan, menjadikan Kota Solok sebagai wisata belanja setelah melihat dari perkembangan dan kemaju.
  • Kamis,07 April 2016 - 02:44:35 WIB
    Tahun 2015 Hanya 84,4 persen

    Serapan Belanja Daerah Rendah

    BUKITTINGGI, HALUAN — Walikota Bu­kittinggi Ramlan Nurmatias dalam rapat paripurna DPRD Kota Bukittinggi me­nyam­paikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Walikota Bukittinggi Tahun Anggaran 2015 di ruangan Ra.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM