BBPOM Sita 25 Kardus Kosmetik, Obat Keras dan Tradisional


Jumat,08 September 2017 - 19:44:49 WIB
Reporter : Tim Redaksi
BBPOM Sita 25 Kardus Kosmetik, Obat Keras dan Tradisional BPOM Kota Padang temukan dan sita kosmetik, obat tradisional dan obat keras tanpa izin edar serta mengandung bahan berbahaya di Kota Padang dan Kabupaten Sijunjung, Jumat (8/9). WINDA

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Padang sita 25 karton cosmetik, obat tradisional dan obat keras berbahaya. Penemuan tersebut diperoleh di Kota Padang dan Kabupaten Sijunjung.

Kepala BBPOM Padang Martin yang didampingi oleh Kepala Seksi Penyidikan Helen Jumat (8/9) menyampaikan, kosmetik dan obat tradisional tersebut ditemukan tanpa izin edar dan mengandung zat berbahaya. Sedangkan obat keras dijual bebas dipasaran tanpa izin dari pihak yang berwenang.

"Semua yang kita temukan saat ini sudah disita dan senilai dengan Rp295 juta," ujarnya.

Martin mengatakan, kosmetik tidak izin edar tersebut ditemukan di Padang dan dikhawatirkan bisa meracuni masyarakat jika mengkonsumsinya. Sedangkan obat tradisional tersebut jika dikonsumsi akan menyebabkan penyakit lainnya.

"Obat tradisional tersebut adalah lokal dan untuk cosmetik diduga impor dan online. Yang pastinya semua ilegal," imbuhnya.

Dengan temuan tersebut BBPOM akan terus melakukan pengawasan rutin dalam dua bentuk yaitu pengawasan produk dan personil. Jika ada temuan maka akan diberikan pembinaan secara terus menerus.

"Pembinaan tersebut dalam tanda kutip yaitu ditindak sesuai dengan kewenangan pasal 6 dan 7 KUHP," kata Martin.

Martin kembali mengimbau kepada masyarakat supaya lebih cerdas memilih dan membeli sebelum menggunakan produk tertentu. Selain bisa membahayakan diri sendiri juga bisa lebih selektif dalam belanja," pungkasnya. (h/win)

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,23 Mei 2017 - 20:40:32 WIB

    Gerebek Distributor di Payakumbuh, BBPOM Padang Temukan 3 Ton Gula Tanpa Izin Edar

    Gerebek Distributor di Payakumbuh, BBPOM Padang Temukan 3 Ton Gula Tanpa Izin Edar PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM—Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang menggerebek tiga distributor di Kota Payakumbuh. Hasilnya, 3 ton gula tanpa izin edar berhasil disita, Selasa (23/5) pukul 14.00 WIB. .
  • Sabtu,22 April 2017 - 08:02:18 WIB

    BBPOM Periksa Penyimpan Jutaan Butir Obat

    BBPOM Periksa Penyimpan Jutaan Butir Obat PADANG, HALUAN –Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang terus melakukan pengembangan kasus penyimpanan jutaan butir obat secara ilegal. Jumat (21/4), pemiliknya sudah diperiksa BBPOM, untuk dimintai keteranga.
  • Jumat,10 Februari 2017 - 18:00:28 WIB

    Tak Punya Izin, Apotek Ini Disegel BBPOM Padang

    Tak Punya Izin, Apotek Ini Disegel BBPOM Padang PADANG, HALUAN--Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan beserta Dinas Kesehatan dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Padang menyegel sejumlah apotek di kawasan Tarandam, Jumat (10/2)..
  • Jumat,16 September 2016 - 22:01:14 WIB

    Toko Obat di Tarandam Digeledah BBPOM dan Polda Sumbar, Ditemukan Psikotropika

    Toko Obat di Tarandam Digeledah BBPOM dan Polda Sumbar, Ditemukan Psikotropika PADANG , HALUAN--Sejumlah toko obat di kawasan Tarandam, Kota Padang digeledah tim gabungan dari Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang dan Ditres Narkoba Polda Sumbar, Jumat (16/9) pukul 20.00 WIB..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM