Penyetrika Arang, Bertahan di Tengah Zaman Digital


Rabu,06 September 2017 - 10:41:52 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Penyetrika Arang, Bertahan di Tengah Zaman Digital Darman (59) menyetrika pakaian menggunakan setrika arang di kedai berukuran 1,5 x 3 meter di komplek Padang Theater, Padang.

 

Profesi ini bisa dibilang langka. Penyetrika dengan bahan bakar arang, lazim disebut dobi. Kini, tak banyak yang melakoni profesi itu, salah satunya Darman. Di kedai berukuran 1,5 x 3 meter di komplek Padang Theater, ia tampak masih tekun menuntaskan pekerjaan yang dilakoninya sejak tahun 1976 silam itu.

Laporan: Rahma Winda

Beberapa waktu lalu, Haluan sempat menjumpainya. Ia mengaku kini sudah berusia 59 tahun. Sambil tetap menggosok pakaian orderannya, ia tetap mau bercerita. Padahal, tak ringan dobi yang ia gesek. Hampir enam kilogram, akunya. Jika dibandingkan setrika edisi terbaru yang dimodif mampu melipat pakaian, setrika arang jelas jauh tertinggal.

Menurut Darman, ada banyak yang berprofesi sebagai terima upah setrika arang di sana. Namun, pada tahun 1983, oleh pemerintah daerah ia dipindahkan ke komplek Padang Theater lantai 2. Sejak itu, ia tak pernah pindah lagi dari ruangan yang hanya sekitar 1,5 x 3 meter tersebut.

“Menerima upah dobi sejak tahun 1983. Kalau tidak salah saat itu ada lebih dari 10 tukang dobi  di sini. Namun, seiring perkembangan zaman, satu per satu kawan gugur dan beralih profesi. Tinggalah hanya kami berdua saja di sini menerima upah dobi,” cerita bapak dua anak.

Di tempat itu, selain kumuh, masing-masing kedainya juga terasa sempit. Jika berdiri di dalamnya berdua saja bisa berdempet. Tapi Man, sapaan akrabnya tidaklah goyah. Dengan senyum semringah ia melakoni profesinya setiap hari tanpa mengeluh.

Setiap kalimat demi kalimat yang dikeluarkan Man selalu memberikan motivasi dan pencerahan terhadap siapa saja yang mendengarnya. Hanya bermodalkan baju kaos krah dan sendal jepit Man sudah bisa menghasilkan rupiah yang mungkin hanya tak seberapa.

“Jika ditanya hasil ngedobi ini jawabnya hanya lepas makan,” akunya mengagetkan.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM