Hati-hati Bagi yang Punya Kartu Kredit dan Debit, BI Larang Penggesekan Ganda Transaksi Non Tunai


Selasa,05 September 2017 - 17:08:11 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Hati-hati Bagi yang Punya Kartu Kredit dan Debit, BI Larang Penggesekan Ganda Transaksi Non Tunai Ilustasi.NET

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Bank Indonesia melarang dilakukannya penggesekan ganda (double swipe) dalam transaksi non tunai. Dalam setiap transaksi, kartu hanya boleh digesek sekali di mesin Electronic Data Capture (EDC), dan tidak dilakukan penggesekan lainnya, termasuk di mesin kasir.

Kepala Tim Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia (BI) perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) Novi Cahyono, Selasa (5/9) mengatakan bahwa pelarangan penggesekan ganda tersebut bertujuan untuk melindungi masyarakat dari pencurian data dan informasi kartu.

“Pengaturan mengenai penggesekan ganda kartu nontunai telah tercantum dalam Peraturan Bank Indonesia No. 18/40/PBI/2016 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran,” ujarnya.

Dijelaskan, pada Pasal 34 huruf b, Bank Indonesia melarang penyelenggara jasa sistem pembayaran menyalahgunakan data dan informasi nasabah maupun data dan informasi transaksi pembayaran selain untuk tujuan transaksi pemrosesan pembayaran. Tercakup di dalamnya adalah larangan pengambilan data melalui mesin kasir di pedagang.Salah satu pihak dalam pemrosesan transaksi pembayaran adalah acquirer, yaitu bank atau lembaga yang bekerjasama dengan pedagang, yang dapat memproses data alat pembayaran menggunakan kartu (APMK) yang diterbitkan oleh pihak lain.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM