Hari Ini Pengumuman Seleksi Kelulusan Tes Administrasi, 40 Persen Pelamar CPNS Sumbar Gugur


Selasa,05 September 2017 - 11:22:19 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Hari Ini Pengumuman Seleksi Kelulusan Tes Administrasi, 40 Persen Pelamar CPNS Sumbar Gugur Ilustasi.NET

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Sebanyak 374 formasi CPNS yang disediakan Kementerian Hukum dan HAM untuk wilayah Sumatera Barat akan diperebutkan oleh 48 ribu lebih pelamar. Namun, sebanyak 40 persen pelamar dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi. Hasilnya secara utuh akan diumumkan hari ini, Selasa (5/9).

Bagi pelamar yang dinyatakan lulus administrasi bisa melihat namanya di website resmi CPNS Kemenkumham https://sscn.bkn.go.id atau datang langsung ke kantor Kementrian Hukum dan HAM Sumatera Barat di samping Kantor DPRD Sumbar, Rabu (6/9) besok. 

“Sekitar 40 persen pemalar dinyatakan gugur, tidak lulus,” terang Ketua Panitia Penerimaan CPNS Kemenkumham Sumbar, Rizaldi, Senin (4/9).

Peminat CPNS Kemenkumham membeludak. Nomor urut empat di bawah Sumut, Aceh dan Sulawesi Selatan.

“Selain itu, Sumbar menjadi daerah teratas yang mengeliminasi pelamar dalam seleksi administrasi. Hal itu disebabkan banyak pelamar tidak melengkapi persyaratan atau salah dalam mengupload data maupun menyerahkan berkas kepada Panitia Penerimaan CPNS,” tutur Rizaldi.

Bagi pelamar, baik dari jenjang tamatan SMA, D3, S1 dan S2 yang dinyatakan lulus administrasi akan menjalani serangkaian test di Kota Padang, dari 11 September hingga 16 November 2017.

“Tes akan dilakukan secara berkelanjutan dan diadakan di Padang,” papar Rizaldi.

Banyaknya pelamar tidak lulus tes administrasi, menurut Rizaldi sangat memprihatinkan.

“Permasalahannya sepele. Banyak dari pelamar yang mengalami kesalahan dalam upload data di website resmi penerimaan CPNS dan saat menyerahkan berkas, ada kekurangan. Penerimaan menggunakan sistem IT, kami tidak bisa meluluskan pelamar tersebut. Walaupun itu kesalahan kecil. Itu semua terbaca oleh sistem. Semoga bagi yang tidak lulus, bisa mendapatkan pekerjaan di tempat lain dan lebih baik dari Kemenkumham ini,” kata Rizaldi yang juga Kepala Divisi Administrasi Kemenkumham.

Rizaldi menuturkan seluruh pelamar akan di tes di Padang, tidak ada di daerah lain maupun di Jakarta. Instruksi ini sesuai arahan dari Kemenkumham RI yang menetapkan seluruh pelamar dari jenjang SMA, D3, S1 dan S2 akan diseleksi di tempat mereka mendaftarkan diri.

“Seluruh tes seleksi dilakukan di sini, di Kota Padang. Tidak di daerah lain. Kemarin memang ada rencana bagi D3, S1 dan S2 di Jakarta. Tetapi dibatalkan oleh Kemenkumham pusat dan diinstruksikan seluruh pelamar untuk tes seleksi di sini saja,” sebutnya.

Ia juga mengatakan, dalam seleksi murni berdasarkan sistem IT dan dikawal oleh KPK, Ombudsman, Badan Kepegawaian Negara (BKN). Pelamar yang diiming-imingi lulus seleksi dengan sejumlah uang, diharapkan tidak mempercayai hal tersebut. Disamping itu, bagi pelamar yang merasa tidak puas atau Komplain dalam pelaksanaan seleksi, panitia sudah mendirikan posko pengaduan di Kantor Kemenkumham Sumbar. “Seleksi tidak dipungut biaya. Jadi jika ada yang mengiming-imingi bisa lulus seleksi dengan sejumlah uang, jangan percaya itu. Penerimaan ini murni dengan sistem IT dan langsung diawasi oleh KPK. Jika ada pelamar yang tidak puas dengan pelaksanaan seleksi, kami siap menampung komplain mereka di Kantor karena ada posko pengaduan di sini,” katanya lagi.

Dalam test seleksi CPNS Kemenkumham Sumbar, panitia menjadwalkan pada tanggal 11-16 September 2017 akan dilaksanakan pemanggilan dan verfikasi berkas bagi pelamar yang lulus administrasi. Pada tes juga dilakukan pengukuran tinggi dan berat badan pelamar di Kantor Kemenkumham Sumbar. Pelamar dilarang datang menggunakan kendaraan pribadi. Mengingat daya tampung kantor yang tidak memungkinkan untuk menampung ribuan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Kemudian, pelamar akan melaksanakan test CAT di UNP dan Kantor BKN Perwakilan Sumbar tanggal 23 September – 3 Oktober 2017. Bagi yang lulus CAT, dilanjutkan dengan tes kesemaptaan pada 23-28 Oktober 2017. Kemudian tes pengamatan fisik dan keterampilan tanggal 30 Oktober – 2 November 2017. Barulah di tanggal 9 November 2017 akan diumumkan hasil kelulusan siapa saja yang akan mengisi formasi 374 CPNS di Sumbar. Bagi yang lulus CPNS akan diberi waktu selama empat hari yakni 13-16 November untuk melengkapi berkas kelulusan.

Dikutip dari setkab.go.id, Senin 4 September 2017, per 31 Agustus 2017, berdasarkan situs http://www.sscn.bkn.go.id, per Kamis 31 Agustus 2017, ada 1.146.853 orang yang mengajukan lamaran CPNS ke Kementerian Hukum dan HAM dan MA. BKN juga mencatat sebanyak 299.370 orang yang melakukan registrasi akun dinyatakan gugur karena tidak melanjutkan ke proses pemilihan formasi dan pengisian data.

Selanjutnya, verifikator di Kementerian Hukum dan HAM akan melakukan seleksi administrasi terhadap berkas yang akan diunggah dan/atau diterima melalui pos. Hasil verifikasi ini akan diumumkan pada 5 September 2017.

Sekadar informasi, 1.146.853 orang pelamar ini terdiri atas 1.116.138 orang yang melamar di Kementerian Hukum dan HAM serta 30.715 orang yang melamar di MA. Di Kementerian Hukum dan HAM, posisi yang laris manis adalah penjaga tahanan. Ada 634.131 orang yang berebut 13.720 posisi sipir. Posisi favorit kedua adalah analis keimigrasian di mana ada 171.880 orang yang berebut 2.049 formasi. Sebaliknya, di MA, formasi yang menjadi favorit adalah calon hakim. Ada 28.707 pelamar memperebutkan 1.484 formasi calon hakim. (h/ang)

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,01 Agustus 2017 - 16:34:09 WIB

    Hari ini, Pendaftaran CPNS Dibuka, Sumbar Dapat Jatah 378 Kuota

    Hari ini, Pendaftaran CPNS Dibuka, Sumbar Dapat Jatah 378 Kuota “Untuk Sumbar, terdapat 378 kuota yang nantinya dibagi ke sejumlah pos. Mulai dari pembimbing kemasyarakatan, dokter, perawat dan petugas jaga” Dwi Prasetyo, Kakanwil Kemenkum HAM Sumbar..
  • Selasa,04 Juli 2017 - 12:22:16 WIB

    Hari Pertama Kerja, Ratusan ASN di Sumbar Mangkir

    Hari Pertama Kerja, Ratusan ASN di Sumbar Mangkir PADANG, HARIANHALUAN.COM – Libur panjang pada Idul Fitri 1438 H kali ini tak sertamerta membuat Aparatur Sipil Negara (ASN) puas. Setidaknya, ada ratusan ASN di Sumbar yang tak masuk kerja serta terlambat masuk ke kantor. T.
  • Kamis,01 Juni 2017 - 15:51:18 WIB

    Hari Kesaktian Pancasila, Wagub: Jangan Memecah-belah di Sumbar, Fatal Akibatnya

    Hari Kesaktian Pancasila, Wagub: Jangan Memecah-belah di Sumbar, Fatal Akibatnya PADANG, HARIANHALUAN.COM- Kebhinekaan di Sumatera Barat (Sumbar) masih tertata dengan baik. Jika ada beberapa peristiwa dan isu yang berkembang masih dapat diatasi dengan respon partisipasi masyarakat serta kesigapan aparat..
  • Sabtu,15 April 2017 - 03:26:38 WIB

    Hari Ini, Jembatan Pessel – Solok Diresmikan

    PAINAN, HALUAN – Jika tak ada aral melintang, hari ini, Sabtu (15/4), Gubernur Sumbar Irwan Prayitno meresmikan Jembatan Bayang Nyola yang menghubungkan Pessel dengan Kabupaten Solok pada jalur jalan alternatif Pasar Baru P.
  • Selasa,07 Maret 2017 - 12:00:31 WIB

    Sebelum Banjir dan Longsor, Ada Ledakan Tiap Hari

    Sebelum Banjir dan Longsor, Ada Ledakan Tiap Hari LIMAPULUH KOTA, HALUAN – Hampir dapat dipastikan, musibah longsor dan banjir di wilayah Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota, disebabkan oleh aktivitas tambang. Pengakuan warga setempat, hampir tiap hari dinamit di.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM