TINJAU PROYEK DI LINTAU

Masyarakat Diminta Jaga Hasil Pembangunan


Selasa,05 September 2017 - 01:26:00 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Masyarakat Diminta Jaga Hasil Pembangunan TINJAU PASAR—Bupati Tanah Datar, Irdinansyah, meninjau Pasar Balai Tangah, Lintau, Minggu (3/9). Saat ini sedang dibangun beberapa proyek di Lintau. Ia berharap masyarakat menjaga hasil pembangunan proyek tersebut. CHAIRUL

TANAH DATAR, HALUANUntuk memastikan pembangunan berjalan lancar, Bupati Tanah Datar, Irdinansyah, meninjau beberapa proyek fisik di Lintau.

Di sana, Irdinansyah mengunjungi pembangunan Pasar Balai Tangah yang anggarannya Rp5,7 miliar dari APBN, pembangunan jaringan irigasi Bandar Liang Ula Tapi Selo yang anggarannya Rp1,9 miliar dari DAK, pembangunan pusat produksi IKM/tenun yang anggarannya Rp1,4 miliar dari DAK, dan pembangunan Rusunawa di Tigo Jangko yang anggarannya Rp8,9 miliar dari APBN.

Irdinansyah berharap pelaksanaan proyek itu lancar dan tidak ada kendala. Untuk maksud itu, ia meminta masyarakat setempat mendukung penuh proyek tersebut karena hasilnya nanti memberi manfaat bagi masyarakat Tanah Datar, khususnya masyarakat setempat.

“Kalau ada permasalahan di lapangan, segera koordinasikan dengan pemerintah nagari, kecamatan, dan dinas terkait untuk dicarikan solusinya sehingga tidak menghambat pengerjaannya,” ujar Irdinansyah kepada penanggung jawab proyek lapangan, Minggu (3/9).

Selain itu, Irdinansyah mengimbau masyarakat setempat untuk menjaga hasil pembangunan dengan baik agar bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu lama.

Di lokasi pembangunan Pasar Balai Tangah Lintau Buo Utara—di dalamnya terdapat 4 los dan 38 kios—Irdinansyah mengatakan, Pasar Balai Tangah yang representatif akan memberikan kenyamanan bagi pedagang dan masyarakat yang belanja. Dengan demikian, ia berharap perekonomian masyarakat di sana makin meningkat.

Sementara itu, di Tigo Jangko, pembangunan sentra dan sekolah tenun juga telah dimulai. Pembangunan itu didukungan Mufidah Jusuf Kalla. Istri Jusuf Kalla itu telah lama mempunyai perhatian khusus terhadap pengembangan kerajinan tenun sebagai salah satu identitas budaya Minangkabau dengan berbagai motif yang mengandung simbolik dan filosofi yang dalam.

Kerajinan Tenun merupakan produk unggulan Tanah Datar yang sudah dikenal dan makin diminati masyarakat Sumbar hingga wisatawan luar. Sampai tahun 2016, terdapat dua tempat produksi tenun, yakni di Pandai Sikek, Kecamatan X Koto, dan di Tanjung Modang,  Kecamatan Lintau Buo Utara. Ini yang ingin dikembangkan agar lebih maju lagi,” ucapnya.

Pada tahap awal, kata Irdinansyah, akan berdiri bangunan sentra tenun dan akan dibangun Rusunawa 3 lantai dengan kapasitas 37 kamar dan 1 ruang serbaguna. Dalam perencanaan, kawasan ini akan didirikan galeri, ruang bordir, pencelupan, pagar, dan sarana pendukung lain, seperti pagar, gazebo, lapangan olahraga, parkir, taman, dan papan sentra. 

“Saya meminta pihak-pihak terkait untuk mengawasi pelaksanaan kegiatan agar berjalan sesuai dengan aturan, mengutamakan kualitas kerja, tepat waktu, serta bermanfaat untuk masyarakat,” katanya. (h/mg-rul)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,22 Mei 2017 - 19:15:53 WIB
    MEMBANGUN TANAH DATAR DARI NAGARI

    Menuju Masyarakat Madani, Sejahtera dan Berbudaya dalam Nilai-nilai ABS SBK

    Menuju Masyarakat Madani, Sejahtera dan Berbudaya dalam Nilai-nilai ABS SBK CITA-cita atau harapan dalam visi misi pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla dituangkan dalam Nawacita Indonesia, sembilan cita-cita yang ingin diraih. Salah satunya menyebutkan agar melak.
  • Jumat,21 April 2017 - 10:44:32 WIB

    Perkaya KBBI, Masyarakat Sumbar Diajak Usulkan Kosakata Minang

    Perkaya KBBI, Masyarakat Sumbar Diajak Usulkan Kosakata Minang PADANG, HARIANHALUAN.COM—Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengajak masyarakat Sumatra Barat (Sumbar) untuk mengusulkan kosakata bahasa Minangkabau di situs Kamus B.
  • Rabu,22 Maret 2017 - 10:18:40 WIB
    TAHLILAN MENGENANG SETAHUN BERPULANGNYA HJ. DJANINAR

    Ratusan Masyarakat Panjatkan Doa

    Ratusan Masyarakat Panjatkan Doa Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu; maka apabila telah datang waktunya, mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak dapat (pula) memajukannya. .
  • Kamis,09 Maret 2017 - 09:56:21 WIB

    Masyarakat Makin Terjepit, Listrik Naik, Jatah Raskin Dikurangi

    PASAMAN, HALUAN--Jatah penerimaan beras sejahtera (Rastra) alias beras miskin untuk Kabupaten Pasaman, pada tahun ini berkurang menjadi 18.174 keluarga penerima manfaat (KPM). Dari total sebelumnya sebanyak 20.193 keluarga. .
  • Selasa,03 Januari 2017 - 18:47:12 WIB

    Hujan dan Badai, Masyarakat Sumbar Diimbau Waspada

    Hujan dan Badai, Masyarakat Sumbar Diimbau Waspada PADANG, HALUAN -- Badan Meteorologi Klmatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Pariaman meminta warga untuk waspada terhadap cuaca ekstrim. BMKG memperkirakan angin kencang disertai hujan deras hingga pukul 21.00 WIB nanti..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM