PASBAR KEMBANGKAN IKAN LELE

Bahan Baku Lele Jadi Masakan Khas Daerah


Senin,04 September 2017 - 02:42:10 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Bahan Baku Lele Jadi Masakan Khas Daerah Ketua Dewan Penasehat Bankom Bakti Persada, Yun Syahiran menyerahkan bantuan bibit ikan lele kepada salah satu koperasi. OSNIWATI

PASBAR, HALUAN—Kabupaten Pasaman Barat dengan potensi sumber daya alam berlimpah  dalam berbagai sektor, selayaknya memiliki masakan khas daerah yang bisa dijadikan ikon. Dan salah satu yang jadi pilihan itu adalah ikan lele.

Demikian disampaikan Ketua Dewan Penasehat Bankom Bakti Persada, Yun Syahiran saat menyalurkan bantuan bibit ikan Lele CSR. PT. Bintara Tani Nusantara (BTN). Bantuan bibit itu diserahkan untuk kelompok budidaya ikan lele binaan Bankom Bakti Persada Jorong Air Balam, Nagari Parit, kecamatan Koto Balingka, beberapa waktu lalu.

Dikatakan, masakan khas daerah Pasbar nantinya akan diolah dengan bahan baku ikan lele, seperti bakso lele, nuget lele, sosis lele dan lainnya.

"Berdasarkan potensi yang ada yang dapat dikembangkan, yakni ikan lele. Ikan ini sangat potensial untuk dijadikan masakan olahan dan manjadi masakan khas daerah Pasbar nantinya," ungkap Yunisra.

Dikatakan, menjadi suatu ironi karena pada saat usia daerah ini sudah mencapai 13 tahun, namun sampai saat ini belum satu pun memiliki masakan khas daerah yang dapat dijadikan ikon.

“Atas dasar itu lah,kami menggagas untuk diciptakannya beragam masakan khas daerah dengan bahan baku lele,” katanya.

Disamping itu, selain untuk dijadikan bahan dasar olahan masakan khas daerah, ikan lele juga merupakan sektor bisnis yang sangat potensial untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sejauh ini sudah terdapat 30 kelompok budidaya ikan lele binaan Bankom Bakti Persada di Kecamatan Koto Balingka. Setiap kelompok masing-masing terdiri dari 10 anggota dan jumlah keseluruhan anggota yang ada adalah 300 orang.

“Dari 30 kelompok tersebut, mereka mampu memperoleh hasil panen lele dengan omset penjualan mencapai Rp40 juta per tiga bulan. Jumlah ini tentu cukup fantastis dalam membantu meningkatkan perekonomian masyarakat," sebut Yunisra.

Salah satu pengurus Bankom Bakti Persada, Hamdan kepada wartawan mengatakan, pihaknya berharap dukungan pemerintah, terutama dinas terkait dalam pengembangan sektor budidaya ikan lele.

"Budidaya ikan lele dirasakan sudah sangat membantu perekonomian masyarakat. Ke depan akan terus dikembangkan dengan menjadikan ikan lele sebagai bahan dasar olahan masakan khas Pasbar," pungkas Hamdan. (h/ows)

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,17 April 2017 - 12:01:17 WIB

    Ada Tambahan Tiga Ekor Singa Afrika di Bukittinggi

    Ada Tambahan Tiga Ekor Singa Afrika  di Bukittinggi BUKITTINGGI, HALUAN - Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) atau lebih dikenal dengan Kebun Binatang Bukittinggi menambah koleksi satwanya, tiga ekor Singa Afrika (Panthera leo) yang didatangkan dari Bali Zoo atau Keb.
  • Kamis,23 Februari 2017 - 10:19:46 WIB

    PLTU Berbahan Dasar Sekam Diminati Jepang

    PLTU Berbahan Dasar Sekam Diminati Jepang PAINAN, HALUAN – Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) mulai dilirik invostor asing. Ini dibuktikan dengan kedatangan warga Jepang ke kabupaten ini, Selasa (21/2) saat akan meninjau lokasi investasi di daerah tersebut..
  • Jumat,02 Desember 2016 - 00:25:42 WIB

    Tunjangan Tambahan untuk Guru Dinaikkan

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman terus berupaya meningkatkan kesejahteraan para guru di daerah itu. Salah satunya dengan pemberian peningkatan tunjangan tambahan penghasilan (Tamsil) bagi para pahlawan tanpa t.
  • Kamis,03 November 2016 - 23:57:41 WIB

    Jasa Raharja Akan Pasang Tambahan Rambu-rambu

    Jasa Raharja Akan Pasang Tambahan Rambu-rambu SOLOK, HALUAN — Pe­nga­daan rambu-rambu lalu lintas oleh PT Asuransi Jasa Raharja Cabang Solok masih perlu penambahan karena yang ada sekarang dirasa masih kurang, bahkan yang sudah terpasang malahan banyak yang tak jelas.
  • Kamis,22 September 2016 - 12:06:29 WIB

    Keramba di Danau Maninjau Melebihi Batas, Izin Penambahan Dihentikan

    Keramba di Danau Maninjau Melebihi Batas, Izin Penambahan Dihentikan AGAM, HALUAN--Pemerintah Kabupaten Agam menghentikan izin penambahan Keramba Jala Apung (KJA) di Danau Maninjau untuk mengatispasi pencemaran lebih parah..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM