Awasi Penebangan Liar di Limapuluh Kota


Sabtu,02 September 2017 - 02:18:10 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Awasi Penebangan Liar di Limapuluh Kota

PADANG,HALUAN- Anggota DPRD Sumbar asal Daerah Pemilihan (Dapil) Limapuluh Kota-Payakumbuh, Darman Sahladi meminta dinas terkait mengawasi praktik penebangan liar di Kabupaten Limapuluh Kota. Tujuannya agar bencana banjir bandang tahunan yang dialami Kabupaten Limapuluh Kota tidak berulang.
"Seperti diketahui, Kabupaten Limapuluh Kota menjadi langganan banjir setiap tahunnya, hal tersebut harus ditindaklanjuti oleh dinas terkait terutama Dinas Kehutanan," ulas Darman, Rabu (30/8).
Ia menjelaskan penebangan hutan hingga pengalihfungsian lahan menjadi fungsi lain, seperti pemukiman maupun perkebunan, membuat kawasan yang ada jadi minim daerah serapan air.
Semakin minim daerah serapan air terutama ketika terjadi curah hujan yang tinggi, itu akan membuat banjir dan longsor terjadi. Apalagi di daerah yang berbukit-bukit seperti di Kabupaten Limapuluh Kota.
Menurut Darman, salah satu solusi yang tepat untuk pencegahan banjir dan longsor di masa yang akan datang adalah harus adanya daerah tangkapan air.
Kemudian upaya normalisasi sungai dinilai juga penting untuk dilakukan. Pasalnya jika curah hujan tinggi banyak terjadi endapan pada sungai berupa kayu maupun tanah yang bisa menumpuk.
Anggota DPRD Sumbar, dari Dapil Limapuluh Kota-Payakumbuh yang lain, Yulfitni Djasiran menuturkan, bencana alam memang kerap terjadi akibat prilaku manusia. Saat tidak dimanfaatkan dan tidak dipelihara dengan baik, lanjut dia, maka alam akan bisa menyengsarakan manusia.
Mengenai banjir di Limapuluh Kota, pada
Jumat (25/8), Yulfitni bersama anggota DPRD Sumbar Erman Mawardi telah mengunjungi lokasi dan mengantarkan sejumlah bantuan.
Sebelumnya, lima jorong di dua nagari berbeda di Kecamatan Lareh Sago Halaban, Limapuluh Kota, masing-masing Balai Panjang dan Batu Payuang, dihantam banjir bandang. Pembabatan hutan dan galian C ilegal diduga memicu bencana.
“Sebanyak 28 unit rumah rusak, satu jembatan putus, 4 titik saluran pipa Pamsimas (air bersih,-red) jebol dan 30-an hektare lahan pertanian serta perkebunan milik warga, rata oleh material galodo,” urai Camat Lareh Sago Halaban, Efli Zain di lokasi kejadian.
Sebelum dihantam galodo, kawasan Payakumbuh dan Limapuluh Kota beberapa waktu terakhir kerap diguyur hujan deras. Sebanyak enam titik tebing perbukitan di gugus Bukit Barisan, terkelupas. Kayu-kayu yang bertumbangan diduga bekas pembabatan hutan. (h/len)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,14 Oktober 2016 - 11:25:18 WIB

    Mengawasi Perairan Pariaman, Tim Khusus Ini Periksa Kapal yang Mencurigakan

    Mengawasi Perairan Pariaman, Tim Khusus Ini Periksa Kapal yang Mencurigakan PARIAMAN, HALUAN--Tim gabungan dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Pariaman bersama TNI AL dan Polair melakukan pemeriksaan kapal di wilayah perairan Pariaman..
  • Selasa,24 Mei 2016 - 04:38:44 WIB

    Masyarakat Harus Ikut Awasi Pangan Berbahaya

    Masyarakat Harus Ikut Awasi Pangan Berbahaya Arosuka, Haluan — Kon­disi alam yang subur mem­buat Kabupaten Solok merupakan salah satu daerah yang kaya dengan hasil per­tanian. Meski di satu sisi kondisi ini merupakan anu­gerah bagi peningkatan pere­konomian masya.
  • Jumat,12 Februari 2016 - 03:18:43 WIB

    Awasi Anak Belajar Menjelang UN

    PADANG PARIAMAN, HALUAN — Orang tua/wali murid sangat menentukan keberhasilan Ujian Nasional (UN) para siswa. Untuk itu sangat dibutuhkan pe­ngawasan belajar anak menjelang pelak­sanaan UN Sekolah Dasar (SD)..
  • Senin,25 Januari 2016 - 03:39:12 WIB

    Penggunaan Dana Desa Diawasi Pemerintah

    SOLSEL,HALUAN—Total pagu indikatif Nagari se-Solok Selatan (Solsel) pada 2016 yang bersumber dari dana Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Desa (DD) dan Bagi Hasil Pajak Retribusi Daerah (BHPRD) Rp80.020.737.000. .
  • Selasa,29 Desember 2015 - 02:46:59 WIB

    Diknas Minta DPRD Ikut Awasi Pendidikan

    Arosuka, Haluan — Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga kab. Solok mengharapkan kalangan legislatif ikut melakukan pengawasan terhadap proses pelaksanaan pendidikan di daerah itu. Adanya partisipasi aktif dari lembaga DPRD .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM