Wow! Randai Disahkan sebagai WBTB Indonesia


Rabu,23 Agustus 2017 - 10:23:35 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Wow! Randai Disahkan sebagai WBTB Indonesia Dokumentasi Haluan

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Randai, karya budaya seni pertunjukan khas Minangkabau, disahkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia 2017. Penetapan itu dilakukan dalam rapat penetapan WBTB Indonesia 2017, di hotel Millenium Jakarta, Selasa (22/8).

Ketua panel ahli penetapan WBTB, Pudentia MPSS, mengatakan bahwa randai layak menjadi WBTB Indonesia karena seni tradisi ini amat khas, yakni seni pertunjukan yang menggabungkan tarian berbasis silat, teater, dan musik.

Sekretaris panel ahli, Basuki Teguh Y, mengetok palu tanda ditetapkannya randai sebagai WBTB Indonesia, usai Kepala Dinas Kebudayaan, Taufik Efendi, didampingi Etweldi dan Kepala Badan Pelestarian Nilai-Nilai Budaya (BPNB) Sumbar, Riau, Kepri dan Bengkulu, Suherman, mempresentasikan usulannya.

Salah seorang panel ahli, Wiwiek Sipala, yang menekuni dan meneliti tari tradisional, juga mengapresiasi randai. Dia bahkan mengingatkan bahwa dahulu, randai dimainkan oleh kaum laki-laki saja. Sehingga untuk memerankan perempuan dalam cerita randai, laki-laki itu harus dirias menyerupai wanita.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,20 Juni 2017 - 21:18:29 WIB

    Wow! Tunjangan Anggota DPRD Naik

    Wow! Tunjangan Anggota DPRD Naik JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kabar gembira bagi anggota DPRD. Pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 18 Tahun 2017 yang di dalamnya mengatur tentang tunjungan dan fasilitas bagi anggota DPRD..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM