"Batu Perkasa" di Tanah Datar, Lambang Kesuburan dan Makam Kuno


Selasa,22 Agustus 2017 - 17:07:24 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Batu perkasa di Jorong Balai Tabuah Nagari Tanjung ditegakkan oleh warga setempat setelah sejak lama terabaikan begitu saja. FERI MAULANA

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Batu perkasa berbentuk kelamin laki-laki yang kini menghebohkan itu, mulai diamati Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Wilayah Sumbar, Riau dan Kepri. BPCB telah menetapkan dugaan terhadap batu tersebut sebagai benda cabar budaya.

Menurut Dody Chandra, Staf Kelompok Kerja Penyelamatan, Pengamanan, Zonasi BPCB Sumatera Barat hal tersebut sama halnya dengan tradisi berlanjut yang masih dipakai sampai saat ini oleh masyarakat contohnya di Talago Gunuang, Kenagarian Saruaso yang juga memakai nisan berbentuk phallus.

Bentuk phallus, kata Dody, cukup banyak ditemui pada peninggalan makam-makam kuno masa Islam di Sumatera Barat.

Secara administratif berlokasi di Jorong Balai Tabuah, Nagari Tanjung Sungayang, Kecamatan Sungayang. Lokasi berada di area pemakaman Suku Piliang (Dt. Marajo)

Secara astronomis berada pada titik koordinat S 00° 23′ 57.5” 100° 36′ 29.4” E. Lokasi temuan batu tagak berada pada sebuah bukit kecil dengan ketinggian 556 mdpl. Lokasi tidak begitu jauh dari pusat kota, jarak dari ibukota kabupaten sekitar 33 km.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM