Dosen UNP Meninggal di Mekah


Selasa,22 Agustus 2017 - 10:47:18 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Dosen UNP Meninggal di Mekah Foto kenangan Syamsul Bahri bersama istrinya Upik Yunelis. JUFRI SYAHRUDDIN

MEKAH, HARIANHALUAN.COM—Syamsul Bahri (60 th) anggota jemaah calon haji kloter 1 Sumbar meninggal dunia di Rumah Sakit An Nur Mekkah Jumat malam sekitar pukul 19.15 waktu Saudi atau jam 11.30 WIB hari yang sama.

Menurut keterangan yang diperoleh dari Ketua Kloter 1 Zulfahmi, S.Sos didampingi Ketua Ibadah Hendri Pani Dias, S.Ag, M.A di Hotel Safwat Al Bait Sektor 1 wilayah Mahbas Jin Mekkah,  Almarhum Syamsul Bahri menghembuskan nafasnya yang terakhir setelah dirawat di RS An Nur sejak Jumat siang.

"Beliau mengalami koma dan dirawat intensif di ruangan ICCU. Tim medis di RS An Nur sudah berusaha menyelamatkan Almarhum, namun nyawa korban tidak tertolong," ujarnya.

Syamsul Bahri dilarikan ke RS An Nur Jumat siang setelah mengalami pusing di tangga Hotel Safat Al Bait tempat dia menginap usai makan di lantai "R". Informasi dari sesama penghuni hotel menyebutkan usai makan Almarhum memilih naik tangga bersama istrinya Upik Yunelis.

Memang lantai "R" itu hanya 2 lantai di bawah kamar korban. Tidak dijelaskan kenapa korban ingin menggunakan tangga padahal saat itu lift agak sepi.

Saat sampai di anak tangga ketiga Almarhum merasa pusing dan terduduk di tangga. Kemudian istrinya Yunelis membantu membaringkannya dan berusaha mencari pertolongan. Almarhum digotong ke lobi hotel. Tak lama berselang ambulance datang dan korban segera dilarikan ke rumah sakit An Nur Mekah.

Berangkat ke Mekkah Almarhum menggunakan jasa KBIH Nur Zikrillah. Saat kejadian, H. Nurli Zakir bersama jemaah lainnya ikut membantu menaikkan korban ke atas ambulans di hotel Safwat.

"Itu adalah ajal beliau. Kenapa ada saja keinginannya naik tangga pada saat lift tidak ramai. Semoga keluarga Almarhum tabah menerima musibah ini," kata Nurli.
Begitu menerima berita duka ini H. Nurl
i Zakir langsung menghubungi pimpinan Maktab 20 yang berkewajiban mengurus proses jenazah mulai dari RS An Nur sampai bisa dishalatkan di Masjidil Haram serta pemakaman di TPU Soraya Mekkah.

Almarhum Syamsul Bahri yang berasal dari Padang itu sehari-hari adalah dosen Jurusan Tambang Fakuktas Teknik Universitas Negeri Padang (UNP). Beliau dapat kesempatan nenunaikan ibadah haji tahun ini bersama istri setelah sekitar 7 tahun menunggu.

Kesedihan mendalam menyelimuti anggota rombongan jemaah kloter 1 Sumbar di Hotel Safwat Al Bait Mahbas Jin Mekkah. Mereka bersama-sama datang melayat ke kamar 130 tempat istrinya menginap. Almarhum sendiri selama ini tinggal di kamar 131 di sebelah kamar istrinya. Semua berdoa semoga Almarhum ditempatkan di sisi Allah yang paling layak dan keluarga tabah menerima cobaan ini.
 

Rumah duka di Kuala Nyiur 1 Blok A 10 tempat beliau tinggal juga diliputi duka yang teramat dalam. (juf)

 

Editor: Rivo Septi Andries

 

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM