Kunjungi Haluan, Faldo Maldini Bicara Soal Inovasi Anak Muda


Senin,21 Agustus 2017 - 23:14:52 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Kunjungi Haluan, Faldo Maldini Bicara Soal Inovasi Anak Muda Faldo Maldini (dua dari kanan) dan Ronny P Sasmita (dua dari kiri) berfoto dengan Pemred Ismet Fanany bersama tim kerja Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kantor Haluan disambangi salah satu anak muda Padang inspiratif: Faldo Maldini. Dengan kemeja putih dan jeans biru yang kasual, ia menyalami semua awak redaksi dengan hangat. Pada kunjungan itu, pendiri pulangkampuang.com tersebut berbagi berbagai pengalaman dan rencananya.

"Saya sangat berterima kasih sudah disambut oleh jajaran redaksi Haluan. Selama ini, kami tidak banyak disorot media di pulangkampuang.com. Kami pikir gerakan amal tidak perlu digembar-gemborkan. Akan tetapi, ternyata dukungan masyarakat menjadi makin besar berkat bantuan teman-teman media," ujar Faldo kepada Pemimpin Redaksi Haluan, Ismet Fanani, dan Redaktur Pelaksana, Rakhmatul Akbar.
Mantan Ketua BEM Universitas Indonesia itu juga bercerita tentang kegiatan-kegiatan pulangkampuang.com. Sejak satu tahun terakhir, pulangkampuang.com itu memprioritaskan program pembangunan manusia.

"Kami awalnya lebih sering memberikan bantuan berupa barang. Kami pernah memberikan sepeda untuk anak-anak di sebuah tempat di Pariaman, yang tadinya harus berjalan kaki belasan kilometer menuju sekolah. Kami juga sudah membangun masjid di sebuah kawasan Pasaman. Di Padang saja masih ada tempat yang tidak dialiri listrik, yakni di Kampung Sungkai, Kelurahan Lambung Bukit. Di sana kami membantu lampu penerangan jalan di Sungkai dua tahun yang lalu. Namun, kami merasa aspek pembangunan manusia lebih memiliki keberlanjutan. Barang-barang pasti akan rusak atau hilang, tetapi investasi pada manusia akan berdampak seumur hidup, bahkan sampai anak cucu mereka," tuturnya.

Selain itu, Faldo menjelaskan konsep Rumah Persiapan Merantau (RPM). Menurutnya, anak Minang harus benar-benar terstandardisasi karena dunia tenaga kerja semakin kompetitif.

"Saat ini, lawan anak Unand bukan lagi UI atau ITB, tetapi juga lulusan Singapura, Malaysia, bahkan Eropa dan Amerika. Mereka sudah sangat terbiasa dengan iklim kompetisi. Kalau kita tidak persiapkan dengan baik, anak-anak muda kita semakin tidak mendapat tempat. Jangan heran, anak Ibu dan Bapak semakin sulit mendapatkan kerja," ucap Mantan Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia Inggris Raya itu.

Konsep RPM, kata Faldo, tidak hanya untuk anak muda yang lulus kuliah, tetapi juga untuk lulusan sekolah menengah, bahkan yang hanya lulusan sekolah dasar.

"Saya dulu di BEM UI sering mengadakan pelatihan untuk kejar paket C dan ujiannya sekaligus. Teman-teman yang putus sekolah nanti bisa ikut pelatihan dan ujian paket C, lalu kami akan memberikan kemampuan tambahan. Dengan demikian, mereka dapat memenuhi standar korporasi atau pekerjaan tertentu," ujarnya.
Pemegang dua hak paten teknologi ini juga yakin anak muda Padang akan mampu bersaing dalam pasar tenaga kerja dunia.

"Pulangkampuang.com sudah tiga kali bertemu dengan perusahaan penyalur tenaga kerja profesional ke Jepang. Di sana, tenaga kerja kurang. Mereka butuh banyak insinyur, perawat, chef, dan arsitek, tetapi harus sesuai dengan standar mereka, mulai dari cara kerja, bahasa, hingga pemahaman budaya. Peluang seperti ini harus dijawab Kota Padang sebagai pintu gerbang Sumatera Barat," tutur ayah satu putri ini.

Untuk merealisasikan target tersebut, Faldo sudah berkordinasi dengan penggerak pulangkampuang.com. Baginya, mengabdi untuk masyarakat kampung halaman adalah sebuah keharusan.

"Apa pun pekerjaan saya selalu serius. Kami sudah membicarakan rencana ini dari dua bulan yang lalu di pulangkampuang.com. Bagi saya, yang terpenting adalah orang Padang harus punya banyak uang, banyak teman, banyak ilmu, dan juga banyak ibadahnya," ucap Faldo. (h/dib)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,30 Januari 2017 - 09:12:16 WIB
    Tahun Baru Imlek

    Klenteng See Hin Kiong Ramai Dikunjungi

    Klenteng See Hin Kiong Ramai Dikunjungi PADANG, HALUAN- Warga Kota Padang memenuhi Klenteng See Hin Kiong di Jalan Klenteng, Kelurahan Kampung Pondok, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sabtu (28/1) malam. .
  • Kamis,01 Desember 2016 - 01:23:18 WIB
    HARI INI

    Ibu Negara Kunjungi Padang

    Ibu Negara Kunjungi Padang PADANG, HALUAN — Hari ini, Kamis (1/12), Ibu Negara Iriana Joko Widodo dijadwalkan melakukan kunjungan ke sejumlah lokasi di Sumbar. Kunjungan ini dalam rangka kegiatan pendidikan dan pameran kerajinan..
  • Kamis,20 Oktober 2016 - 03:20:26 WIB

    Hari Ini, Arcandra Tahar Kunjungi UNP

    Hari Ini, Arcandra Tahar Kunjungi UNP PADANG, HALUAN — Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar dikabarkan akan memberi kuliah umum kepada mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) pada hari Kamis (20/10) di Gelanggang Olah Raga (GOR) UNP.
  • Kamis,06 Oktober 2016 - 03:30:05 WIB
    JELANG ALIH STATUS JADI UIN

    Besok, IAIN IB Dikunjungi Tim Setneg

    Besok, IAIN IB Dikunjungi Tim Setneg PADANG, HALUAN — Menjelang alih status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang menjadi Universitas Islam Negeri (UIN), tim visitasi dari Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) RI dan Kabiro Ortala Kemenag RI .
  • Jumat,01 Juli 2016 - 06:34:47 WIB

    UBH Dikunjungi STIKes Ranah Minang

    UBH Dikunjungi STIKes Ranah Minang PADANG, HALUAN—Universitas Bung Hatta mendapat kunjungan dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Ranah Minang Padang yang berlangsung di Ruang Rektor Gedung E Kampus Proklamator I UBH, kemarin..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM