PPG Sanggah Keputusan Ninik Mamak  Atas Penetapan  Cawako 


Senin,21 Agustus 2017 - 19:54:27 WIB
Reporter : Tim Redaksi
PPG Sanggah Keputusan Ninik Mamak  Atas Penetapan  Cawako  Ilustrasi proses pencoblosan

PADANG PANJANG, HALUAN-- Penetapan Yurnalisman Syam sebagai Bakal Calon (Balon) Walikota yang akan ikut bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 mendatang, menimbulkan sedikit polemik. Pasalnya penetapan yang merupakan hasil Keputusan dari Kerapatan Adat Nagari (KAN) Gunung tersebut, tak sepenuhnya mendapat dukungan dari unsur pemuda setempat.
Ketua Persatuan Pemuda Gunung (PPG) Jhon Kenedi, mengatakan, keputusan KAN untuk penetapan balon tersebut belum mendapat dukungan penuh dari pemuda Nagari Gunung, dimana keputusan KAN  tidak melibatkan PPG dan  sejumlah unsur Nagari.
Sejumlah nama yang diapungkan  untuk bakal calon Wali Kota Padang Panjang oleh KAN Nagari Gunung, seperti Eko Furqani, Masrizal Munaf, Yurnalisman Syam dan Novi Hendri,  namun disaat keputusan  KAN untuk mengusung satu nama Yurnalisman Syam tersebut,   pemuda yang diwakili Ketua PPG  tidak lagi dilibatkan.  Buktinya,  Ketua PPG diminta untuk keluar  dari  rapat  untuk  menunggu hasil keputusan rapat.
“Artinya, keputusan KAN  atas nama Yurnalisman Syam sebagai calon Wali Kota Padang Panjang  2018 mendatang, jelas tidak melibatkan Pemuda.  Saya sangat menyayangkan proses penetapan KAN yang tidak melibatkan pemuda, dan  sejumlah unsur, Cadiak Pandai , Bundo Kanduang dan  Pemuda,” ungkap Jhon Kenedi.
Penetapan nama Yurnalisman Syam oleh Ninik Mamak belum dapat diterima oleh pemuda,  ungkap Jhon Kenedi lagi, KAN harus kembali duduk bersama  pemuda dan  unsur di nagari  untuk menentukan siapa  yang nantinya akan keluar sebagai  calon Wali Kota  dari Nagari Gunung. 
“Bukannya kami  tidak menghargai keputusan Ninik Mamak, namun disini hanya  menolak proses atas penetapan calon. Kita tidak ada kepentingan  dalam hal ini, namun ketika kami merasa tidak dilibatkan, tentu kami sebagai pemuda juga memiliki hak untuk bersuara.  Secara tidak langsung kami menolak nama Yurnalisman Syam sebagai perwakilan dari  Nagari Gunung untuk maju sebagai calon Wali Kota Padang Panjang,” ujar Jhon Kenedi yang didamping sejumlah pemuda Nagari Gunung  sekaligus sepakat untuk melayangkan surat sanggahan atas keputusan Ninik Mamak atas nama calon.
Terkait ketetapan calon Wali Kota Nagari Gunung yang tidak melibatkan pemuda, dibantah keras Ketua KAN  Nagari Gunung, Dt. Mangkudun. Ia mengatakan semua proses telah dilalui sebelum penetapan satu nama yang telah disepakati, KAN telah mengundang seluruh unsur di Nagari Gunung dan telah  menjalani beberapa kali pertemuan.
“Keputusan ninik mamak sudah bulat,  untuk menetapkan calon  sudah menempuh kata mufatat dan tidak mungkin dirubah lagi. Kita juga sudah berkomitmen, jikalau  tidak ada partai pengusung , kita akan usung Yurnalisman Syam melalui independen,” tegas Dt. Mangkudun.
Menanggapi  gejolak  pemuda Nagari Gunung atas sanggahan Yurnalisman Syam sebagai   Cawako dari Nagari Gunung  tersebut,  Dt. Mangkun menilai, hanya segelintir pemuda  yang menolak keputusan ninik mamak tersebut.  Saat ini pemuda  seakan akan ditunggangi kepentingan politik. 
“Saya yakin, hanya segelintir pemuda yang menolak putusan ini.  Saya berharap pemuda  jangan mau ditunggangi kepentingan politik,” sebut Dt. Mangkudun. (h/pis)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM