Mahasiswa Malaysia Kunjungi Tanah Datar


Selasa,15 Agustus 2017 - 22:16:00 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Mahasiswa Malaysia Kunjungi Tanah Datar Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi saat bercanda dengan perantau Minang Malaysia Haswin Darwis. ist

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM--Kunjungan 19 mahasiswa serta dosen Universitas Islam Antar Bangsa Malaysia (UIAM) dan ditemani tokoh perantau Minang Malaysia Haswin Darwis mendapat antusias yang tinggi dari pemerintah daerah.

Dalam kesempatan itu Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma secara langsung menyambut rombongan UIAM di Indo Jolito, Senin (14/8).

Wabup Zuldafri dalam sambutannya berharap dengan kunjungan silaturahmi membawa hubungan yang bermanfaat untuk kedua bangsa khususnya kedua daerah terutama di sektor pendidikan.

UIAM sebuah universitas Islam sama halnya dengan IAIN/UIN di Indonesia, Wabup harapkan bisa membuat program kerjasama yang saling menguntungkan.

“Di Tanah Datar kita punya IAIN Batusangkar, semoga dengan kunjungan ini bisa dirancang sebuah inovasi untuk peningkatan kualitas pendidikan di kedua pihak,” ajak Wabup.

Zuldafri Darma juga berharap dari kunjungan ini Mahasiswa Universitas Islam Antarbangsa Malaysia merasa senang berada di Tanah Datar dan dapat mempromosikan pesona Tanah Datar di Malaysia nanti, ucapnya.

Sementara itu ketua rombongan Dato' Hamidun Bin Abdul Hamid ucapkan terimakasih atas sambutan pemkab Tanah Datar dan juga sampaikan kabar seandainya nanti dapat terjalin hubungan baik dan kerjasama di bidang pendidikan baik antar dosen maupun mahasiswanya, kata Dato' Hamidan.

Maryam binti Muhammad Badri salah seorang mahasiswa menuturkan mendapat kesan yang baik selama berada di ranah Minangkabau.

“Kami baru menyelesaikan KKN bersama mahasiswa Unand di Agam dan Pariaman, dan mendapat sambutan yang hangat dari masyarakat,” ceritanya.

Lebih lanjut Maryam Mahasiwa Jurusan Hukum sementer 5 ini menyebutkan merasa tersanjung disambut sangat hangat oleh pemkab Tanah Datar dan akan mendapat suguhan atraksi kesenian Minangkabau.

Benar saja usai penyambutan di Indo Jolito, Bupati Irdinansyah Tarmizi yang berkesempatan hadir pun mengajak rombongan menyaksikan atraksi seni di Andaleh Baruah Bukik Sungayang.

Sanggar Seni Sari Bunian yang tampil malam itu menampilkan tari pasambahan, tari Indang, tari Piring dan lagu minang serta atraksi silek.

Sekjen Pertubuhan Ikatan Kebajikan Masyarakat Minangkabau (PIKMM) Malaysia Haswin Darwis yang mendampingi mahasiswa saat saksikan atraksi dan seni di Sanggar Sari Bunian yang juga akan tampil di di Negeri Sembilan Malaysia 26 Agustus mendatang, sampaikan ucapan terima kasih dan rasa tersanjung atas penyambutan pemkab Tanah Datar.

Atraksi tari piring di atas kaca membuat penonton menahan nafas dan sesekali menutup mata. Penari-penari perempuan itu melompat-lompat di atas pecahan kaca tanpa menggunakan alas kaki.

“Kesan mendalam atas suguhan ini dan keindahan alam, kekayaan budaya serta keramahtahan masyarakat akan kami ceritakan kepada warga Malaysia,” ucap Haswin.

Bupati Irdinansyah juga menyuguhkan kuliner khas Tanah Datar termasuk minuman tradisiional “nita, niro talua,”, enak, celetuk seorang mahasiswa usai mencobanya.

Di kesempatan itu bupati juga memasangkan deta kepada pimpinan rombongan Dato' Hamidun Bin Abdul Hamid.

Turut hadir Camat Sungayang Aslamudin, Plh. Kadis Parpora Dedy Prihatin, Kabid Ekraf Yendri Adi Saputra dan Walinagari Andaleh baruah Buki. (h/mg-rul)

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,11 Mei 2017 - 18:03:04 WIB

    Naskah Kuno di Desa Terindah di Dunia Rusak, Mahasiswa Unand Lakukan Konservasi

    Naskah Kuno di Desa Terindah di Dunia Rusak, Mahasiswa Unand Lakukan Konservasi PADANG, HARIANHALUAN.COM—Naskah kuno di Nagari Pariangan, Kabupaten Tanah Datar banyak yang rusak. Mengatasi agar informasi di naskah tersebut, empat mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Andalas (Unand) angkatan 2014 mela.
  • Kamis,12 Januari 2017 - 20:57:51 WIB

    Ikatan Mahasiswa Minang Universitas Riau Bantu Korban Banjir di Pessel

    Ikatan Mahasiswa Minang Universitas Riau Bantu Korban Banjir di Pessel PAINAN, HALUAN - Ikatan Mahasiswa Minang Universitas Riau (UNRI), memberikan 30 paket bantuan Sembako kepada korban bencana banjir yang ada di tiga Kenagarian, yakni Sungai Gayo Lumpo, Sungai Syarik Lumpo, dan Bukik Kaciak Lu.
  • Jumat,09 Desember 2016 - 11:52:04 WIB

    Mahasiswa di Payakumbuh Ini Galang Dana Untuk Korban Gempa Aceh

    Mahasiswa di Payakumbuh Ini Galang Dana Untuk Korban Gempa Aceh PAYAKUMBUH, HALUAN—Ingin membantu korban gempa Aceh, mahasiswa dari STKIP Payakumbuh melakukan penggalangan dana di sejumlah lokasi di Kota Batiah itu, Jumat (9/12). .
  • Jumat,09 Desember 2016 - 00:58:31 WIB

    STAI-SNI Nyaris Kehabisan Mahasiswa

    SOLOK, HALUAN — Se­kolah Tinggi Agama Islam Solok Nan Indah (STAI-SNI) diprediksi gulung tikar dalam beberapa tahun ke depan jika calon mahasiswa untuk semester I tidak ada yang mendaftar. Mahasiswa yang ada sekarang, dala.
  • Kamis,08 Desember 2016 - 15:46:52 WIB

    Jaringan Aksi Mahasiswa Pasbar Galang Dana Untuk Gempa Aceh

    Jaringan Aksi Mahasiswa Pasbar Galang Dana Untuk Gempa Aceh PASBAR,HALUAN—Mahasiswa Pasaman Barat (Pasbar), yang tergabung dalam Jaringan Aksi Mahasiswa (JAM) Pasbar menggalang dana untuk disalurkan kepada korban gempa di Pidie Jaya dan Kabupaten Biriuen, Provinsi Aceh..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM