Pilkada Padang Kian Panas

Irwan Prayitno Hadang Andre Rosiade


Jumat,11 Agustus 2017 - 21:37:14 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Irwan Prayitno Hadang Andre Rosiade Andre Rosiade

“Munculnya nama Faldo Maldini, Andre Rosiade, Hendri Septa, dan lainnya di Kota Padang itu bentuk kelihaian tokoh-tokoh muda ini membaca kebutuhan pangsa pasar pemilih. Kota Padang adalah ibukota Sumbar. Di sinilah tempat kampus-kampus besar banyak tersedia,” kata Arifki.

Sementara, Direktur Institue For Community Studies (InCost) Erizal menilai munculnya Adib Alfikri yang digadang-gadang bakal menjadi pendamping Mahyeldi  membuat PKS harus lebih cermat mengkalkulasi kekuatan. Erizal bahkan mengingatkan soal proses pencalonan Riza Falepi pada Pilwako Payakumbuh beberapa waktu lalu.

“PKS mestinya bisa melihat proses pemilihan calon pada Pilwako Payakumbuh lalu untuk Pilwako Padang. Walau akhir berubah, sempat muncul wacana menyandingkan Riza dengan salah satu kader partai (PKS) sehingga sempat melahirkan dilema saat proses pencalonan Riza,”kata Erizal saat dihubungi Haluan.

Karena, Padang sebagai barometer kekuatan partai ini, PKS harus belajar dan berhitung dengan cermat. Adib, memang PNS. Tapi, kedekatannya ke PKS tak dipungkiri karena sang kakak, Irwan Prayitno adalah tokoh penting di PKS. Jika terus dipaksakan, maka PKS harus punya partai koalisi yang “rela” memboyong Adib ke pertarungan.

“PKS jelas tak bisa jalan sendiri di Pilkada karena syarat kursinya tak cukup untuk memboyong calon sendiri. Harus ada koalisi. Yang terdekat tentu ada Partai Gerindra yang selama ini begitu mesra dengan PKS. Apakah Gerindra berkenan begitu saja, sementara ada sosok kader partai besutan Prabowo ini, Andre Rosiade yang juga  tengah dipersiapkan untuk mendampingi Mahyeldi yang memang sudah diplot sebagai Cawako PKS,”kata Erizal lagi.

Ia melihat gencarnya Adib memunculkan diri dalam beberapa waktu terakhir menyiratkan ada kekuatan lain yang ikut mendorong. Kekuatannya tentu lebih besar karena secara personal, sosok Adib baru sebatas kepala dinas. Tak menutup kemungkinan, kekuatan itu juga ada dari Irwan Prayitno.

“Dalam politik, upaya itu wajar saja. Tapi untuk kepentingan yang lebih besar, tentu PKS harus membuat kalkulasi yang lebih tepat.  Kemungkinan itu terbuka saja ditambah kini Ketua Gerindra Sumbar, Nasrul Abit adalah Wakil Gubernur-nya Irwan Prayitno. Komunikasinya bisa saja dari sana,”katanya.

Sebelumnya, di tubuh PKS Sumbar, mereka ternyata sudah membangun komunikasi dengan petinggi DPP Gerindra di Jakarta. Beberapa waktu lalu, BPU DPW PKS Sumbar, Marfendi sudah bertemu dengan Wakil Ketua DPP Gerindra, Fadlizon.

Hal ini terungkap dalam keterangannya dengan wartawan di DPW PKS Sumbar di Padang, Minggu (23/7) lalu. Soal koalisi, PKS dan Gerindra memang punya sejarah yang kuat di republik ini, mulai dari Pilpres 2014 lalu hingga Pilgub DKI 2017 ini yang berlangsung dramatis. “Kami kini tinggal menunggu surat dukungan dari DPP Gerindra,” kata Marfendi saat jumpa media beberapa waktu lalu.

Sementara, Wakil Ketua DPW PKS Sumbar Nurfirmanwansyah menyebut. kemesraan antara PKS dan Gerindra selama ini sudah terjalin baik. Komunikasi politik kedua partai juga sudah terjalin lancar. “Sebenarnya tidak susah untuk menyatukan kedua partai dalam pilkada. Sebab keduanya sudah menjadi mitra koalisi,” tambahnya.

Namun, di PKS ada mekanisme yang perlu dilalui seorang calon untuk maju di pilkada. Mulai dari mendaftar ke DPD. Kemudian DPD mengusulkan ke DPW dan menunggu penetapan oleh DPP PKS. (h/dib/mat)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu,26 November 2016 - 01:18:51 WIB

    Asyirwan Yunus Pimpin Hanura Limapuluh Kota

    Asyirwan Yunus Pimpin Hanura Limapuluh Kota PADANG, HALUAN — Asyirwan Yunus akhirnya terpilih sebagai Ketua DPC Hanura Kabupaten Limapuluh Kota. Ia terpilih melalui Musyawarah Cabang (Muscab) DPC Hanura Limapuluh Kota yang dilakukan di Kantor DPD Hanura Jumat (25/11).
  • Jumat,19 Agustus 2016 - 12:10:26 WIB
    Wahyu Tahu Surat Mosi Tak Percaya Dari di Media Sosial

    Hendra Irwan Rahim Dikabarkan ke Jakarta

    Hendra Irwan Rahim Dikabarkan ke Jakarta PADANG, HALUAN – Ketua DPD Golkar Sumbar Hendra Irwan Rahim belum juga bisa dihubungi. Hanya saja, informasi awal didapat, orang nomor satu di tubuh partai berlambang beringin di Sumbar ini, sudah berada di Jakarta menuju D.
  • Kamis,18 Agustus 2016 - 00:27:29 WIB

    Beredar Surat Musdalub Golkar Sumbar, Hendra Irwan Rahim 'Digulingkan'?

    Beredar Surat Musdalub Golkar Sumbar, Hendra Irwan Rahim 'Digulingkan'? PADANG, HALUAN--Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar mengintruksikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Provinsi Sumbar mengadakan Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub). Intruksi tersebut terlihat dari surat Dewan Pimpinan Pusat yang.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM