Pilkada Padang Kian Panas

Irwan Prayitno Hadang Andre Rosiade


Jumat,11 Agustus 2017 - 21:37:14 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Irwan Prayitno Hadang Andre Rosiade Andre Rosiade

Pendekatan dengan memanfaatkan itu seakan menghadang Andre Rosiade yang sebelumnya diklaim sudah mendapat restu DPP Partai Gerindra. Kendati demikian, Andre melihat ini adalah bagian dari dinamika politik yang selalu bergerak dinamis setiap saat.

"Santai aja. Saya memahaminya sebagai sebuah dinamika politik. Apapun keputusan partai saya, saya siap menjalankannya. Toch sejak awal saya sebenarnya sudah mendapat tugas dari Sekjen Partai Gerindra Bang Ahmad Muzani mengikuti pemilihan legislatif pada tahun 2019 mendatang," katanya.

Menanggapi hal ini, pengamat politik Arifki Chaniago, menilainya wajar. Pengamat politik jebolan Fisip Unand, ini menyebut upaya pilihan Irwan Prayitno membuka peluang untuk klannya di dunia politik praktis dengan munculnya nama Adib Fikri dan Khairul Ikhwan itu investasi politik jangka panjang  klan IP di Sumbar dan itu dimulai di Kota Padang. Adib sendiri hingga kini masih duduk sebagai salah satu pejabat di Pemko Padang.

Logika politiknya, klan IP diduetkan dengan Mahyeldi, sebagai petahana peluang mahyeldi menang di Pilkada kota Padang 2018 besar. Jadi dengan mendapatkan posisi wakil walikota, klan IP siap-siap menjadi Walikota Padang, setelah Mahyeldi diorbitkan untuk bertarung di Pilkada Sumbar, setelah masa jabatan IP habis. Jadi, klan IP tetap ada di dunia politik, secara politik pola dinasti politik yang dibentuk cukup strategis dengan memberi kesempatan Mahyeldi untuk maju beberapa langkah.

Gaya politik dinasti yang dibangun klan IP memang tidak menonjol seperti daerah-daerah lain di Indonesia. Tapi, kesempatan yang diciptakan IP untuk klannya, memberikan ruang kepada klannya untuk pemilu-pemilu selanjut.

Soal sosok Andre Rosiade, Arifki menyebut ia sebagai salah satu sosok muda potensial di antara banyak sosok muda yang muncul jelang Pilkada Padang. Menurutnya, banyaknya calon muda yang muncul menjelang Pilkada Padang 2018 adalah fenomena bahwa kebutuhan publik beberapa tahun kedepan memberikan kesempatan kepada generasi muda. Alasannya, demografi penduduk kedepan akan ramai oleh generasi milineal.

Saat ini baru Generasi Y yang sudah tentukan pilihan politiknya beberapa tahun ke depan, sementara Generasi Z punya kesempatan lebih besar. Singkat kata, ini hanya fenomena dan kebutuhan demografi penduduk milineal yang ingin terlibat politik.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu,26 November 2016 - 01:18:51 WIB

    Asyirwan Yunus Pimpin Hanura Limapuluh Kota

    Asyirwan Yunus Pimpin Hanura Limapuluh Kota PADANG, HALUAN — Asyirwan Yunus akhirnya terpilih sebagai Ketua DPC Hanura Kabupaten Limapuluh Kota. Ia terpilih melalui Musyawarah Cabang (Muscab) DPC Hanura Limapuluh Kota yang dilakukan di Kantor DPD Hanura Jumat (25/11).
  • Jumat,19 Agustus 2016 - 12:10:26 WIB
    Wahyu Tahu Surat Mosi Tak Percaya Dari di Media Sosial

    Hendra Irwan Rahim Dikabarkan ke Jakarta

    Hendra Irwan Rahim Dikabarkan ke Jakarta PADANG, HALUAN – Ketua DPD Golkar Sumbar Hendra Irwan Rahim belum juga bisa dihubungi. Hanya saja, informasi awal didapat, orang nomor satu di tubuh partai berlambang beringin di Sumbar ini, sudah berada di Jakarta menuju D.
  • Kamis,18 Agustus 2016 - 00:27:29 WIB

    Beredar Surat Musdalub Golkar Sumbar, Hendra Irwan Rahim 'Digulingkan'?

    Beredar Surat Musdalub Golkar Sumbar, Hendra Irwan Rahim 'Digulingkan'? PADANG, HALUAN--Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar mengintruksikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Provinsi Sumbar mengadakan Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub). Intruksi tersebut terlihat dari surat Dewan Pimpinan Pusat yang.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM