Faldo Maldini: Pro-UKM Tidak Harus Antiindustri Besar 


Jumat,11 Agustus 2017 - 15:23:20 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Faldo Maldini: Pro-UKM Tidak Harus Antiindustri Besar  Faldo Maldini

"Pabrik besar seperti Yamaha dan Honda di Jepang sangat tergantung kepada bengkel-bengkel baut kecil di sekitarnya. Mereka tidak bisa hidup sendiri. Makanya, ekonomi mereka cepat tumbuh. Industri apa pun di sebuah kota harus berbasiskan kepada asas saling memberi manfaat. Lapangan kerja pasti semakin luas. Tinggal kesiapan masyarakat saja. Coba bayangkan kalau industri pengolahan bengkoang diseriusi, berapa banyak yang bisa hidup," ucap Faldo yang merupakan anggota Tim Komisariat Pengembangan Garuda Indonesia.

Dengan memperhatikan industri besar, kata Faldo, tidak berarti harus abai terhadap industri kecil. Tugas pemerintah harus menyinergikan keduanya.

"Semen Indonesia ingin bekerja sama dengan pabrik kami di Bogor. Tenaga kerja kami juga akan bertambah, dari 150 orang menjadi 300 orang. Kami pun juga membutuhkan UKM yang bisa menyuplai segala kebutuhan kami, mulai bahan baku, sampai katering. Ekonomi bisa bergerak sampai ke tingkat terkecil. Kalau pro-UKM, harus bisa dorong industri besar juga. Semuanya saling membutuhkan. Kalau satu-satu, itu cara pikir yang salah," ujarnya.

Bagi Faldo, masyarakat Padang harus menerima manfaat dari seluruh kebijakan pemerintah.

"Kita butuh industrialisasi, namun pemerintah harus pastikan semua warga bisa menikmati. Jangan hanya menguntungkan segelintir orang. Warga Padang harus banyak teman, banyak ilmu, banyak uang, dan banyak juga ibadahnya," ujarnya..


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,01 September 2017 - 15:30:27 WIB

    Faldo Maldini Pilih Sungkai untuk Berkurban

    Faldo Maldini Pilih Sungkai untuk Berkurban PADANG, HALUANHALUAN.COM - Pada Iduladha kali ini, banyak tokoh ikut memotong hewan kurban. Karena tidak mau ketinggalan, tokoh muda turut berkurban untuk berbagi kebahagiaan. .
  • Senin,21 Agustus 2017 - 23:14:52 WIB

    Kunjungi Haluan, Faldo Maldini Bicara Soal Inovasi Anak Muda

    Kunjungi Haluan, Faldo Maldini Bicara Soal Inovasi Anak Muda PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kantor Haluan disambangi salah satu anak muda Padang inspiratif: Faldo Maldini. Dengan kemeja putih dan jeans biru yang kasual, ia menyalami semua awak redaksi dengan hangat. Pada kunjungan itu, pen.
  • Kamis,17 Agustus 2017 - 14:47:28 WIB

    Ikut Upacara di Tanah Ombak, Faldo Maldini: Kemerdekaan Milik Semua Warga Kota

    Ikut Upacara di Tanah Ombak, Faldo Maldini: Kemerdekaan Milik Semua Warga Kota PADANG, HARIANHALUAN.COM--Di Kota Padang, upacara bendera dalam rangka memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan Indonesia tidak hanya dilaksanakan di kantor-kantor pemerintahan. Komunitas Tanah Ombak di kawasan Purus juga mengadaka.
  • Rabu,16 Agustus 2017 - 12:13:42 WIB

    Faldo Maldini: Padang Harus Jadi Kota Niniak-Mamak

    Faldo Maldini: Padang Harus Jadi Kota Niniak-Mamak JAKARTA, HARIANHALUAN.COM--Bagi orang Minangkabau, peran niniak-mamak (tetua adat) sangat penting. Salah satu fungsi utamanya adalah mendidik anak-kemenakan. Selain itu, kontribusi niniak mamak juga dibutuhkan masyarakat untu.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM