2 Mahasiswa Minang Ditahan di Mesir, KBRI Kairo Akan Kembali Sampaikan Nota Diplomatik


Jumat,11 Agustus 2017 - 15:19:18 WIB
Reporter : Tim Redaksi
2 Mahasiswa Minang Ditahan di Mesir,  KBRI Kairo Akan Kembali Sampaikan Nota Diplomatik Gedung KBRI Kairo (http://www.kemlu.go.id)

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo terus berupaya  membebaskan dua mahasiswa Indonesia asal Sumatra Barat yang ditahan Kepolisian Aga, Wilayah Provinsi Dakhaliyah, Mesir, sejak 1 Agustus karena memasuki Samanud, daerah terlarang. KBRI Kairo akan mengirim kembali nota diplomatik kepada Kementerian Luar Nengeri Mesir, national security, dan Kementerian Dalam Negeri Mesir.

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Mesir, Helmy Fauzi, mengatakan, pihaknya kembali mengirim nota diplomatik kepada Pemerintah Mesir karena hingga saat ini pihaknya belum bisa menemui dua mahasiswa bernama Muhammad Hadi dan Nurul Islami Elfis itu.

Ia menjelaskan, pihaknya kembali mengirim nota diplomatik tersebut untuk menegaskan pentingnya Indonesia dan Mesir memiliki nota kesepahaman mengenaimandatory consular notification untuk melindungi warga kedua negara jika terdapat penangkapan oleh aparat keamanan  atas warga negaranya di negara lainnya.

Mandatory consular notification itu diperlukan untuk mencegah berulangnya kasus penangkapan tanpa notifikasi,” ujar Helmy Fauzi di Mesir saat dihubungi Haluan dari Padang melalui pesan WhatsApp, Jumat (11/8).


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,14 Agustus 2017 - 20:38:34 WIB

    2 Mahasiswa Minang di Mesir Bisa Ditemui, 12 Hari Tak Ganti Pakaian

    2 Mahasiswa Minang di Mesir Bisa Ditemui, 12 Hari Tak Ganti Pakaian PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kabar terbaru dua mahasiswa Indonesia asal Sumatra Barat yang ditahan polisi Mesir sejak 1 Agustus, saat ini mereka sudah bisa ditemui oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo. Kejaksaan .
  • Kamis,10 Agustus 2017 - 21:14:19 WIB

    Berada di Madinah Jemaah Mengupayakan Shalat Arba'in (2)

    Berada di Madinah Jemaah Mengupayakan Shalat Arba'in (2) Shalat Arba'in atau shalat fardhu sebanyak 40 kali  berjamaah di Masjid Nabawi  menjadi tujuan utama para jemaah haji dari seluruh dunia selama berada di Madinah. Untuk dapat menyelesaikannya, para calhaj mesti berjuang pen.
  • Rabu,28 Desember 2016 - 01:40:23 WIB

    Aung San Suu Kyi Kunjungi Indonesia 2017

    Aung San Suu Kyi Kunjungi  Indonesia 2017 JAKARTA, HALUAN —Pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi, direncanakan akan mengunjungi Indonesia pada Januari 2017. Hal tersebut disampaikan oleh Duta Besar (Dubes) Myanmar untuk Indonesia, Aung Htoo..
  • Selasa,13 Desember 2016 - 00:55:38 WIB

    2016, Tahun Bencana HAM dan Bangkitnya Fasisme

    NEW YORK, HALUAN—Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menilai, 2016 merupakan tahun bencana Hak Asasi Manusia (HAM) sehubungan banyaknya kasus pelanggaran HAM ditemukan, khususnya meningkatnya fasisme..
  • Senin,05 Desember 2016 - 00:31:46 WIB

    Ledakan Tambang Tewaskan 32 Pekerja

    MONGOLIA, HALUAN — Jumlah pekerja tambang yang tewas pada kecelakaan di tambang batubara di China mencapai 32 pekerja pada Minggu, menurut laporan media negara tersebut..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM