Samba Lado Cangkuak Diusulkan Jadi Warisan Budaya


Jumat,11 Agustus 2017 - 14:05:33 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Samba Lado Cangkuak Diusulkan Jadi Warisan Budaya Sambalado Cangkuak (Foto: Adlis Luthan)

PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM—Samba lado cangkuak, yang diyakini sebagai makanan khas tradisional dari Nagari Gunung, Padang Panjang, diusulkan masuk Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia, yang selanjutnya akan dikelola oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jika usulan itu disetujui, samba lado cangkuak akan segera menyusul rendang yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai WBTB.

Hal itu mencuat dalam diskusi Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumbar, Suarman, dengan Walikota Padang Panjang, Hendri Arnis, dan Ketua DPRD Padang Panjang, Novi Hendri, dalam rangkaian kegiatan Revitalisasi Kesenian Tradisional Minangkabau "Baretong di Hari Tarang", di Kelurahan Sigando Nagari Gunung, Kota Padang Panjang, Minggu (6/8).

"Perlu sokongan dari pemerintah daerah untuk mendukung cangkuak masuk sebagai WBTB. Melihat dari sejarah dan asal usulnya, kita yakin samba lado cangkuak bisa diterima," ujarnya.

Bak gayung bersambut, Hendri Arnis langsung menanggapi dan menyambut baik hal tersebut. ia mengatakan, sebagai makanan tradisional yang sudah diwariskan secara turun temurun sejak dari zaman nenek moyang, samba lado cangkuak sebagai makanan khas Padang Panjang layak masuk sebagai WBTB Indonesia.

"Sebagai salah satu warisan budaya, samba lado cangkuak memang harus terus dilestarikan. Kita dari pemerintah daerah akan menyokong ini," ucapnya.

Selain sangat mendukung usulan BPNB Sumbar untuk menjadikan samba lado cangkuak sebagai WBTB, sebagai bukti keseriusannya, Hendri Arnis menantang masyarakat Sigando Nagari Gunung untuk menggelar festival cangkuak di semua kawasan Nagari Gunung. Secara tidak langsung, gelaran festival itu akan membangkitkan kembali antusias dan kepedulian masyarakat terhadap warisan budaya lokal, khususnya makanan tradisional samba lado cangkuak.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM