19 Nagari Belum Cairkan Dana Tahap I


Rabu,09 Agustus 2017 - 17:48:47 WIB
Reporter : Tim Redaksi
19 Nagari Belum Cairkan Dana Tahap I Nagari Pancuang Taba/Rivo Septi Andries

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Dana Desa alokasi tahun 2017 untuk tahap I sebanyak 60 persen, sudah ditransfer ke kas desa. Namun tidak seluruh desa/nagari di Sumbar bisa mencairkannya.

Pasalnya, 19 desa/nagari dari 754 nagari dan 126 desa penerima Dana Desa, belum melengkapi dokumen yang diperlukan untuk pencairan dana. Jumlah yang belum bisa cair itu mencapai Rp10 miliar.

“Sementara pencairan Dana Desa Tahap II sebesar 40 persen sudah menanti pula, yang ditargetkan tuntas tersalur akhir Agustus ini. Karena itu, pendamping desa diminta berperan aktif untuk membantu desa/nagari masing-masing,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Syafrizal Ucok di Padang kemarin.

Diantara desa/nagari yang belum mencairkan dana desa diantaranya, 6 desa di Mentawai. Penyebabnya, karena 4 kepala desa berakhir masa jabatannya paga Agustus dan 2 desa lainnya belum selesai menuntaskan Anggaran Pendapatan dan Belanja (APB) Desa.

“Namun, kata Ucok, mestinya soal jabatan kepala desa berakhir, tidak menghambat proses pencairan dana desa. Sedangkan soal APB Desa, hendaknya bisa dipercepat penyelesaiannya,” katanya.

Lainnya yang juga belum bisa mencairkan Dana Desa Tahap I adalah, 3 nagari di Solok, 4 nagari di Tanah Datar 2 nagari di Padang Pariaman, 1 nagari di Pasaman Barat, 1 desa di Kota Pariaman, dan 2 nagari di Agam.

“Di Agam, masalahnya Nagari Bawan belum cair Silpa 2016 dan di Nagari Malalak, Perna APB Nagari hasil verifikasi belum selesai diperbaiki Pemnag,” katanya.

Untuk itu, pihaknya mendorong seluruh bupati/walikota melalui dinas terkait hingga ke nagari/desa untuk percepatan pencairan dana desa ini, sehingga dana tersebut segera dapat digunakan dan uang beredar di masyarakat. (h/vie)

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,17 Maret 2017 - 11:22:26 WIB

    194 Perusahaan Tambang Tak Bersertifikat CnC

    194 Perusahaan Tambang Tak Bersertifikat CnC PADANG, HALUAN – Permasalahan tambang di Sumbar memang sudah sedemikian akut. Data yang dirilis Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, dari 360 Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Sumbar, hanya 159 yang mengantongi sertifikat Ce.
  • Jumat,30 Desember 2016 - 01:20:14 WIB

    19 Pejabat Kabupaten Solok Dilantik

    19 Pejabat Kabupaten Solok Dilantik AROSUKA, HALUAN — Setelah sekian lama jadi pertanyaan tentang “siapa menduduki apa dan menggantikan siapa” dikabinet empat pilar pembangunan Kabupaten Solok, akhirnya, akhirnya, Rabu (28/12) terjawab sudah. Gelombang mu.
  • Selasa,06 Desember 2016 - 01:42:11 WIB

    Pasaman Dan Pasbar Diterjang Banjir, 195 Rumah Terendam

    Pasaman Dan Pasbar Diterjang Banjir, 195 Rumah Terendam PASBAR, HALUAN — Akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kabu­paten Pasaman dan Pasaman Barat (Pasbar) sepanjang Minggu dan Senin (4-5/12), mengakibatkan ratu­san rumah dan ratusan hektare lahan pertanian masyarakat ter.
  • Jumat,04 November 2016 - 00:23:10 WIB

    19 Pejabat Eselon II Pessel Dilantik

    19 Pejabat Eselon II Pessel Dilantik PAINAN, HALUAN — Roda mutasi di lingkungan pejabat eselon II Pemkab Pessel mulai bergulir. Sebanyak 19 orang pejabat berpindah posisi. Pengukuhan pejabat eselon II itu sendiri langsung dilakukan oleh Bupati Hendrajoni..
  • Rabu,05 Oktober 2016 - 02:46:16 WIB

    Pemkab Salurkan Rp2,1 M Lebih untuk 5.196 KSM

    Pemkab Salurkan Rp2,1 M Lebih untuk 5.196 KSM LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Bupati Lima­puluh Kota Irfendi Arbi, meminta para penerima Prog­ram Keluarga Harapan (PKH) benar-benar memanfaatkan bantuan tersebut sesuai per­un­tukannya, agar harapan untuk peningkatan keseja.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM