6.000 CPNS Mendaftar di Sumbar


Rabu,09 Agustus 2017 - 17:30:20 WIB
Reporter : Tim Redaksi
6.000 CPNS Mendaftar di Sumbar Ilustasi/Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM –Data Kantor Wilayah Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) Sumbar, hingga Minggu, setidaknya sudah 6.000 orang yang mendaftar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemenkumham. Padahal, kuota yang tersedia hanya untuk 374 orang.

Data tersebut dirilis Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar Dwi Prasetyo Santoso.  Disebutkan Dwi, sejak dibuka 1 Agustus lalu, para pencari kerja berjubel mendaftar untuk menjadi CPNS yang nantinya akan ditempatkan di Kanwilkemenkumham Sumbar. “Peminatnya banyak. Bahkan sudah mencapai 6.000 orang. Padahal kuota yang tersedia hanya 374. Jauh melampaui kuota,” terang Dwi Prasetyo seperti dilansir tirto.id.

Dalam pengamatan petugas, para pendaftar kebanyakan memang putra daerah Sumbar. Jumlahnya jauh lebih banyak dari pendaftar yang berasal dari luar daerah. Hanya saja, katanya, upaya yang diperlukan saat ini adalah pemerataan pendaftar dari 19 kabupaten dan kota yang ada di Sumbar. "Pemerataan perlu agar nantinya yang lolos PNS bisa mengisi kekosongan di Unit Pelayanan Teknis (UPT) yang ada di 19 kabupaten dan kota, dan mereka bertugas di kampung masing-masing," katanya.
Sebelumnya
, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI telah membuka pendaftaran CPNS pada 1 Agustus 2017. Kuota yang tersedia untuk Sumbar adalah sebanyak 374 orang, yang akan bertugas di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), serta Imigrasi. Dari 374 orang itu terbagi untuk posisi Pembimbing Kemasyarakatan sebanyak 21 orang. Posisi tersebut dibuka untuk pendaftar lulusan S1 jurusan Piskologi, Sosiologi, dan Hukum. Analisis Keimigrasian Pertama sebanyak 16 orang (S1), dokter umum satu orang, dan perawat pertama sebanyak tiga orang.

Sementara sisanya dibuka bagi posisi penjaga tahanan untuk tamatan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) se-derajat.  Pembagaian Lapas yang diprioritaskan berdasarkan warga binaan yang over kapasitas. Seperti Lapas Padang, Lapas Narkoba Sawahlunto, Solok, Bukittinggi, dan lainnya.

Memasuki hari kedelapan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS 2017, Selasa (8/8/2017), sebanyak 441.267 pendaftar telah berhasil mendaftar. Pendaftaran dilakukan dengan mengakses laman portal sscn.bkn.go.id.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,20 Juni 2017 - 12:23:20 WIB

    Jelang Lebaran, 6.000 Aparat Keamanan Diterjunkan di Sumbar

    Jelang Lebaran, 6.000 Aparat Keamanan Diterjunkan di Sumbar PADANG, HALUAN – Sebanyak 6.222 aparat gabungan akan menjaga Sumbar selama Lebaran. Ribuan aparat gabungan tersebut akan berbagi tugas. Mulai dari mengatur arus mudik, hingga berpatroli, untuk mengantisipasi kejahatan selam.
  • Selasa,31 Mei 2016 - 16:53:20 WIB

    Harga Gula Pasir Kini Rp16.000 per Kg di Sawahlunto

    Harga Gula Pasir Kini Rp16.000 per Kg di Sawahlunto SAWAHLUNTO, HALUAN- Rasa gula pasir mulai dirasakan tidak manis lagi, pasalnya jelang masuk bulan ramadan tahun ini, harga gula pasir di beberapa pasar tradisonal di Sawahlunto melonjak cukup tajam.Jika pekan lalu harga gula .
  • Senin,22 Februari 2016 - 03:07:08 WIB
    Luput dari Perhatian Pemda

    6.000 Ha Lahan Pertanian Banjir

    6.000 Ha Lahan Pertanian Banjir PADANG, HALUAN —Ben­­cana alam yang terjadi akibat hujan lebat sepanjang Senin (8/2) lalu, tak hanya melanda Solok Selatan, Li­ma­puluh Kota dan Pasa­man, tetapi juga Pesisir Selatan. Tanggul sungai Ba­tang Penambam j.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM