Samsat Dharmasraya Optimalkan Pelayanan Pajak Keliling


Kamis,03 Agustus 2017 - 01:39:19 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Samsat Dharmasraya Optimalkan Pelayanan Pajak Keliling

DHARMASRAYA, HALUAN - Dalam penerapan yayanan prima terhadap wajib pajak kendaraan bermotor, Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Dharmasraya, Badan Keuangan Provinsi Sumatera Barat melaksanakan program Samsat Keliling (Samkel) ke nagari-nagari se-Kabupaten Dharmasraya.
Hal itu dilakukan untuk membantu masyarakat wajib pajak agar lebih mudah mendapatkan pelayanan.

"Saat ini kita sudah melakukan Samkel dienam titik. Perdana telah dilakukan di Nagari Ampalu. Ini akan kita lakukan setiap bulan pada minggu-minggu pertama. Kita siap melakukan ini agar masyarakat dapat menggarisbawahi bahwa dalam pengurusan pembayaran pajak kendaraan itu tidak sesulit yang dibayangkan, jangan dengarkan omongan-omongan orang yang mengatakan bayar pajak itu berbelit-belit banyak persyaratannya," ujar Kepala UPT Dharmasraya Badan Keuangan Provinsi Sumbar, Rahmad kepada Haluan, Selasa (1/8) di Sungai Dareh.
Dikatakan, pada program yang diluncurkan tersebut dengan enam titik sampel Samkel yang dilakukan diantaranya digelar di Ampalu, kemudian hari berikutnya digelar saat hari pasar Koto Baru pada hari Rabu, Blok B Sitiung I digelar Kamis, di Pasar Sungai Rumbai dilaksanakan hari Jumat, di Blok B Sitiung pada hari Sabtu dan di Pasar Sialang Gauang pada Sabtu minggu kedua.
Salah seorang warga Ampalu, Tito (38) menyebutkan sangat terbantua atas dilaksanakannya program Samkel masuk nagari itu.

"Saya sangat terbantu dengan program ini, bukannya kami selama ini enggan membayar pajak tetapi karena keterbatasan waktu dan jarak tempuh kami yang cukup jauh yaitu sekitar 35 kilometer ke kantor Samsat di Sungai Dareh itu, alhamdulillah saat ini bisa membayarnya di dekat rumah kami," ujarnya.
Hal senada, juga dikatakan oleh Armen seorang guru sekolah dasar di perkebunan PT Tidar Kerinci Agung (TKA), dengan adanya program baru itu, masyarakat di TKA khususnya sangat terbantu karena jarak jarak dari daerah itu ke kantor Samsat berjarak 60 kilometer dan kondisi jalan sangat terbatas. "Selama ini banyak warga di sini yang tidak membayar pajak kendaraan bermotornya terutama sepeda motor. Lagi pula kami di sini jarang menggunakan motor ke jalan raya. Tetapi karena ada Samsat datang ke sini ya kami tidak akan keberatan membayar pajak karena ini merupakan kewajiban kita yang harus ditunaikan," jelasnya.
Beberapa masyarakat lain juga berharap agar kedepannya program Samkel itu dapat dilanjutkan dan agar dapat ditingkatkan jumlah kunjungannya termasuk daerah-daerah lain yang jauh dari ibu kota kabupaten. (h/jrt)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,12 Oktober 2017 - 05:20:47 WIB

    Realisasi Pajak Samsat Dharmasraya Lebihi Target

    Realisasi Pajak Samsat Dharmasraya Lebihi Target DHARMASRAYA, HALUAN - Realisasi pencapaian pendapatan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) di Samsat Kabupaten Dharmasraya hingga akhir September ini melebihi target yang ditetapkan. Da.
  • Kamis,09 Juni 2016 - 16:28:31 WIB

    164 Plat Kuning Tunggak Pajak, Samsat Sawahlunto Gelar Razia

    164 Plat Kuning Tunggak Pajak, Samsat Sawahlunto Gelar Razia SAWAHLUNTO, HALUAN- Setidaknya 164 unit kendaraan plat kuning di Sawahlunto menunggak pajak.Dari data yang ada terlampir bahwa plat kuning yang menunggak itu didominasi oleh kendaraan angkutan tambang dan angkutan kota atau a.
  • Kamis,21 Januari 2016 - 03:57:44 WIB

    Samsat Solsel Sukses Lebihi Capaian Target Pajak

    SOLSEL, HALUAN — To­tal capaian target Pajak Kendaraan Bermotor (PK­B) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BB­N­­KB) serta Pajak Air Per­mukaan di Samsat Solok Selatan (Solsel) empat ta­hun berturut-turut meleb.
  • Rabu,11 November 2015 - 19:57:53 WIB

    Samsat Bukittinggi Inventarisir Kendaraan Bermasalah

    BUKITTINGGI, HALUAN — Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Samsat Bukittinggi terus berupaya memberikan pemahamam kepada wajib pajak kendaraan bermotor untuk mengurus pajak kendaraan yang bermasalah dan membayarkan pajak .

  • Minggu,05 Juli 2015 - 19:37:17 WIB

    Samsat Sijunjung Nyaris Ludes

    SIJUNJUNG, HALUAN — Kantor pelayanan Samsat Kabupaten Sijunjung, Minggu (5/7) sekira pukul 15.15 WIB nyaris menjadi abu. Beruntung petugas pemadam kebakaran cepat tanggap dalam menyikapi laporan warga. P.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM