Lima Provinsi Siaga Darurat Karhutla, BNPB Kerahkan 18 Helikopter


Rabu,26 Juli 2017 - 21:00:08 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Lima Provinsi Siaga Darurat Karhutla, BNPB Kerahkan 18 Helikopter BPBD SIJUNJUNG

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Titik panas atau hotspot di sejumlah wilayah di Indonesia terus meningkat. Bahkan lima daerah sudah menetaplan status siaga darurat. Dalam rilis dari BNPB yang diterima Harianhaluan.com, pantauan satelit Aqua, Terra, SNNP pada catalog modis LAPAN menunjukkan jumlah dan sebaran titik panas (hotspot) akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terus meningkat.

Pada 23/7/2017 terpantau 150 hotspot, kemudian 24/7/2017 sebanyak 170 hotspot dan pada 25/7/2017 meningkat menjadi 179 hotspot. Peningkatan hotspot ini seiring dengan cuaca yang makin kering sehingga hutan dan lahan mudah dibakar. Jumlah hotspot ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2015.

Untuk mengantisipasi karhutla dan memudahkan dalam penanggulangan bencana asap akibat karhutla maka 5 provinsi langganan karhuta telah menetapkan status siaga darurat karhutla yaitu Provinsi Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan.

Penetapan status siaga darurat ini diambil setelah beberapa kabupaten/kota di masing-masing provinsi menetapkan siaga darurat. Satgas terpadu dibentuk dimasing-masing provinsi untuk mengatasi karhutla yaitu satgas darat, satgas udara, satgas pelayanan kesehatan, satgas penegakan hukum dan satgas sosialisasi.

Upaya preventif sudah banyak dilakukan. Namun luasnya wilayah yang harus dijaga dan terbatasnya sarana prasarana menyebabkan karhutla masih terjadi di beberapa daerah. Sebagian besar penyebab karhutla adalah kesengajaan untuk membuka lahan.

Untuk mendukung operasi karhula, BNPB mengerahkan 18 helikopter pemboman air (water bombing). Sebaran dari 18 helikopter tersebut adalah Riau 5 unit, Sumatera Selatan5 unit, Kalimantan Barat 4 unit, Jambi 2 unit, dan Aceh 2 unit. Dua helicopter pemboman air dioperasikan di Aceh menyusul penetapan siaga darurat di Kabupaten Aceh Barat.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu,03 Juni 2017 - 13:51:07 WIB

    Kapolres Pastikan Lokasi Latihan Teroris Bukan di Limapuluh Kota

    Kapolres Pastikan Lokasi Latihan Teroris Bukan di Limapuluh Kota LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM--Kepala Polisi Resor Limapuluh Kota AKBP Haris Hadis memastikan wilayah hukumnya bukan lokasi tempat latihan teroris. Bantahan yang dikatakan AKBP Haris tersebut, beranjak dari adanya indikasi.
  • Kamis,29 Desember 2016 - 00:18:08 WIB

    Panglima TNI Beberkan Ancaman Terhadap NKRI

    Panglima TNI Beberkan  Ancaman Terhadap NKRI JAKARTA, HALUAN — Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo, berbicara di hadapan Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Dalam kesempatan itu, Gatot memaparkan sejumlah hal yang berpotensi ýakan mengancam NKRI..
  • Rabu,10 Agustus 2016 - 16:54:42 WIB

    Di Etape Lima, Banyak Pebalap ‘Bermain Aman’

    Di Etape Lima, Banyak Pebalap ‘Bermain Aman’ PARIAMAN, HALUAN -- Sebetulnya, persaingan di etape lima sudah telihat sejak awal perlombaan. Setelah dilepas di Pantai Carocok, Rabu (10/8) semua pebalap langsung menyusuri jalan Pesisir Selatan yang memiliki karekteristik .
  • Rabu,10 Agustus 2016 - 16:52:04 WIB

    Amir Kolahdouz dari Pishgaman Cycling Team Iran Tetap Pegang Green Jersey dan Polkadot Jersey TdS Etape Lima

    Amir Kolahdouz dari Pishgaman Cycling Team Iran Tetap Pegang Green Jersey dan Polkadot Jersey TdS Etape Lima PARIAMAN, HALUAN -- Meski belum ada pebalap yang dominan, untuk posisi pemimpinan klasemen atau pemegang yellow jersey, hingga etape lima tetap dipegang oleh Amir Kolahdouz dari Pishgaman Cycling Team Iran dengan total catata.
  • Rabu,10 Agustus 2016 - 16:45:21 WIB

    Kritsada Changpad Pebalap Tercepat di Etape Lima

    Kritsada Changpad Pebalap Tercepat di Etape Lima PARIAMAN, HALUAN - Kejuaraan balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2016 yang didukung penuh Kementerian Pariwisata berlangsung dengan ketat. Terbukti hingga etape lima yang finish di Pantai Gondoriah, Pariaman, .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM