Tender Tidak Tuntas, Kepala OPD dan ULP di Pasaman Saling Lempar Tanggung Jawab


Rabu,26 Juli 2017 - 11:26:31 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Tender Tidak Tuntas, Kepala OPD dan ULP di Pasaman Saling Lempar Tanggung Jawab Terlihat Kadis Kesehatan, Amdarisman saat diminta Bupati Yusuf Lubis, menjelaskan kendala tender didinas yang ia pimpin

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pasaman, Yusuf Lubis geram saat memimpin rapat evaluasi kemajuan kegiatan APBD kabupaten setempat. Pasalnya, hingga hari ini masih ada sejumlah OPD belum menuntaskan paket tender.

Orang nomor satu di Pasaman ini semakin dibuat kesal, karena antar Kepala OPD dengan pihak Unit Layanan Pengadaan (ULP) saling lempar tanggung jawab satu sama lain. Para Kepala OPD menuding Pokja ULP lalai dan lamban bekerja sehingga dokumen lelang telat tayang.

Satu per satu Kepala OPD dimintai penjelasan, terkait keterlambatan dan kendala yang dihadapi sehingga sejumlah kegiatan belum ditenderkan hingga saat ini.

"Apa yang menyebabkan pengajuan berkas lelang mandek sehingga belum diserahkan ke ULP untuk segera ditayangkan atau tender. Tolong dijawab," kata Yusuf Lubis kepada seluruh kepala OPD, Selasa (25/7).

Ia juga menyoroti rendahnya serapan anggaran. Kondisi per 30 Juni 2017, realisasi serapan anggaran baru mencapai 26,63 persen atau sekitar Rp284,8 miliar dari total anggaran tahun ini sebanyak Rp1,069 triliun. Sementara kemajuan kegiatan baru sebesar 28,02 persen.

"Serapan anggaran dan perkembangan kemajuan program dimasing-masing OPD belum seperti yang diharapkan. Sementara saat ini telah berakhir triwulan kedua dan semester ke-dua tahun anggaran 2017. Ini harap jadi perhatian kita bersama," katanya.

Ia juga menyesalkan masih ada sejumlah OPD belum belum menyampaikan laporan realisasi kemajuan kegiatan tepat pada waktunya. Ia pun mendesak, setiap OPD menuntaskan kegiatan untuk segera ditenderkan.

"Hal itu, menurut saya jelas akan mempengaruhi realisasi serapan anggaran dan kemajuan kegiatan APBD secara umum," ujarnya.

Lanjut Bupati, dari total 118 paket kegiatan tender, baru 81 jumlah paket masuk ke ULP. 43 paket diantaranya telah ditetapkan pemenang. Sisanya, 38 paket kegiatan masih dalam proses lelang.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,02 Maret 2016 - 03:08:25 WIB

    Pasar Kurai Taji Tahap II Dalam Proses Tender

    PARIAMAN, HALUAN — Pembangunan pasar Kurai Taji tahap II tahun 2016 segera dilaksanakan. Pekerjaan tersebut berupa lanjutan pembangunan tahap pertama dari pekerjaan fisik yang memanfaatkan APBD Kota Pariaman..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM