Randai Gondo Nilai, Meriahkan Tradisi Kuno Batagak Katib di Sijunjung


Senin,24 Juli 2017 - 11:05:00 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Randai Gondo Nilai, Meriahkan Tradisi Kuno Batagak Katib di Sijunjung Prosesi Batagak Katib di Nagari Sungai Lansek Kecamatan Kamang Baru, Sijunjung.

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Grup Randai Gondo Nilai di Jorong Sungai Salak, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tanjung Emas, turut serta memeriahkan alek Nagari Sungai Lansek Kecamatan Kamang Baru, Sijunjung.

Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka melestarikan tradisi adat batagak katib.
Grup randai Gondo Nilai turut berkontribusi terhadap kemeriahan alek nagari batagak katib, untuk tetap merajut tali silaturahim antar sesama anak nagari. 

Kehadiran randai binaan Anggota DPRD Tanah Datar Yuni Darlis di Sungai Lansek tersebut cukup menghibur warga setempat hingga dini hari.

Datuak pucuk pemangku adat nagari Sungai Lansek, Syafri Antoni Dt Kayo, kepada Haluan, Sabtu (22/7) menyebutkan, alek Nagari Sungai Lansek merupakan tradisi turun-temurun sejak nenek moyang yang hingga saat ini tetap diwarisi anak kemenakan Nagari Sungai Lansek itu. 

"Alek ini namanya batagak katib, dimana suatu agenda besar nagari yang diselenggarakan tiap satu kali dalam tiga tahun, ini biasanya digelar 15 hari usai lebaran idul fitri. Di sini nagari kami dikenal istilah terhimpun adat dengan syarak, tali tigo sapilin yang diantaranya yaitu meninggikan daulat dirajo, membesarkan andiko di datuak dan memuliahkan malin di agamo. Ini yang dilaksanakan saat ini yaitu memuliakan malin di agamo," ujarnya.

Dikatakan, setelah melalui proses, nagari mengangkat salah seorang anak nagari yaitu Herman, S.Pdi Katik Sampono alumni IAIN IB Padang sebagai katib dalam nagari.Ia mendapatkan amanah dari sepakat kaum untuk menjadi katib atau disebut suluh bendang dalam nagari selama tiga tahun. 

“Saat ini yang disepakati sebagai katib nagari berasal dari anak nagari dari suku mandahiliang dan jabatan katib itu digilirkan kepada tujuh suku yang ada di nagari Sungai Lansek,” ujarnya.

Dalam alek batagak katib itu, masyarakat nagari beramai-ramai mengiringi katib nagari yang didaulat tersebut dari masjid ke tengah padang yang ada di nagari itu, di tengah padang itu ia memberikan kutbah lebaran adat, kemudian kembali dibawa ke rumah gadang. 

"Kami mendapat mudarat pada saat kami meninggalkan tradisi itu, hal itu dulu pernah terjadi di sini. Biasanya yang kami alami, jika katib itu baik akan ditandai dengan bagusnya hasil tanaman masyarakat dan sebaliknya jika seorang katib yang diangkat itu tidak baik, bala akan banyak datang di nagari," ujar Dt Kayo itu menerangkan lebih jauh mengenai tradisi nagari tersebut.

Ketua Penyelenggara, Yandri Erwan M juga mengatakan suksesnya alek nagari itu dilaksanakan berkat kerja sama seluruh unsur dan dan anak kemenakan yang ada di Sungai Lansek. 

"Warga dari tujuh jorong di nagari ini bersatu padu mencukseskan acara adat ini, ini kami gelar selama tiga hari dua malam dan sebelumnya telah dipersiapkan segala hal untuk terselenggaranya pesta adat ini sejak 15 hari sebelumnya yaitu sejak lebaran idul fitri," ujarnya.

Khusus sebagai tamu kehormatan, Anggota DPRD Tanah Datar Yuni Darlis bersama suaminya Sulistiyo dan didampingi Kapolsek Tanjung Emas hadir untuk turut memeriahkan agenda adat itu, dengan menyuguhkan kesenian tradisional randai untuk menghirbur dan memeriahkan prosesi adat yang turun-temurun itu. (h/fma)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,14 Maret 2017 - 08:25:27 WIB

    Nagari Situmbuak Danai Siswa untuk 'Barandai'

    TANAH DATAR, HALUAN - Sanggar Satumpuak Ampek Jurai melatih 30 orang siswa untuk main randai. Di antara siswa yang terdiri dari tingkat pendidikan SLTP dan SMA tersebut berasal satu nagari yaitu dari Nagari Situmbuak Kecamata.
  • Selasa,09 Agustus 2016 - 03:35:00 WIB

    Persiapan Festival Randai Mulai Dimatangkan

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Sukses menggelar Festival Randai tingkat Kota Sa­wah­lunto Mei lalu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat tengah mematangkan dan mem­persiapkan ivent serupa namun digelar untuk tingkat Provinsi S.
  • Selasa,03 Mei 2016 - 02:54:53 WIB

    Tapian Janiah, Grup Randai Kaum Muda Sawahlunto

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Kesenian tradisional sangat identik dengan mereka kaum tua, yang telah lanjut usia. Namun tidak untuk grup randai yang satu ini. Bahkan, tidak satupun anggota grup randai yang berada di Nagari Lunto Kot.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM