Ketimpangan Budaya Pemicu Orang Minang Tertinggal


Jumat,21 Juli 2017 - 09:34:11 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Ketimpangan Budaya Pemicu Orang Minang Tertinggal Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Salah satu faktor yang membuat orang Minang saat ini tertinggal di pentas nasional menurut Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK), ketika berkunjung ke Padang pada Minggu (16/7) dikarenakan melupakan budaya yang membentuk karakter orang Minang pada masa lalu. 

Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM), Sayuti Datuak Rajo Pangulu, membenarkan pendapat JK tersebut. Menurutnya, orang Minang masa kini melupakan budaya sehingga mengalami ketimpangan budaya.

Sayuti menjelaskan, ada tiga nilai budaya Minang yang memberikan semangat kepada orang Minang. Pertama, emosional terkendali. Emosional orang Minang dibangun oleh adat sehingga orang Minang pandai, misalnya, berdiplomasi dan berhitung. Kedua, spiritual. Spiritual orang Minang dipengaruhi oleh Islam yang membuat orang Minang dekat dengan Minang. Ketiga, intelektual. Intelektual orang Minang dipengaruhi oleh ilmu.

“Orang Minang kini intelektual tetapi meninggalkan emosional dan spiritual sehingga mengalami ketimpangan budaya. Intelektual, tetapi tidak ada spiritual akibatnya, misalnya, dalam berdagang menipu orang. Intelektual, tetapi tidak beradat akibatnya, misalnya, dalam berdagang, tidak santun melayani orang,” ujarnya di Kantor LKAAM, Jalan Diponegoro,  Kota Padang, Kamis (20/7).

Penopang tiga nilai budaya tersebut di Minangkabau, kata Sayuti, adalah pusaka agung, yakni tanah ulayat. Orang Minang yang punya tanah ulayat yang luas adalah orang kaya. Ia menyarankan, apabila kaya, orang Minang hendaknya mencari ilmu agar intelektualnya bagus, mencari adat agar emosionalnya terkendali, dan mencari Islam supaya spiritualnya bagus.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM