Tiga Unit PLTA Bakal Dibangun di Solok Selatan


Kamis,20 Juli 2017 - 20:34:54 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Tiga Unit PLTA Bakal Dibangun di Solok Selatan Aliran Sungai Lambai yang menyatu dengan aliran Batang Liki yang akan dimanfaatkan sebagai PLTA, Kamis (20/7). JEFLI

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Tiga unit Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) bakal dibangun di Kecamatan Sangir, Solok Selatan (Solsel) dan ditargetkan masuk tahap konstruksi pada 2018. Tahap produksi pada 2020 dengan daya sekitar 15,6 Mega watt (Mw).

Hal itu dikatakan Direktur PT. Rajawali Liki Energi (PTRLE), Ondi pada Haluan, Kamis (20/7).

"Sejalan dengan target nasional dalam menciptakan sumber energi terbarukan. Apalagi Solsel kekurangan energi listrik. Saat ini kami masih tahap pengurusan semua jenis perizinan,"ungkapnya.

Menurutnya, tiga unit pembangkit itu akan dibangun di aliran Batang Blangir satu unit dan dua unit pembangkit di aliran Sungai Lambai.

"Kita targetkan mampu menghasilkan daya listrik di Blangir 4,5 Mw, Sungai Lambai masing-masing sebesar 6 Mw dan 5 Mw. Jika sudah menghasilkan listrik nantinya akan terkoneksi dengan Gardu Induk (GI)  Supreme Energy di Pekonina sesuai arahan PLN,"tambahnya.

Ia mengatakan, listrik yang dihasilkan nantinya juga akan dijual ke Perusahaan Listrik Negara (PLN).

"Sebab sesuai aturan yang berhak itu ya PLN dan untuk harga jual, kita belum ada perjanjian dengan pihak PLN. Namun, sesuai aturan kita merujuk pada Permen ESDM No.12 Tahun 2017 tentang Pemanfaatan sumber energi terbarukan untuk penyediaan tenaga listrik,"lanjutnya.

Dikarenakan PTRLE masih tahap pengurusan perizinan, imbuhnya maka pihaknya belum melakukan sosialisasi pada masyarakat. "Jika masuk tahap konstruksi tentu kita akan lakukan memberdayakan serta sosialisasi pada masyarakat sekitar.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,10 Oktober 2017 - 13:42:15 WIB

    RSUD Padang Pajang, Luncurkan Tiga Inovasi Baru

    RSUD Padang Pajang, Luncurkan Tiga Inovasi Baru PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM - Dorongan untuk selalu berinovasi dan berimprovisasi yang selalu ditekankan Walikota Padang Panjang, Hendri Arnis kepada instansi pelayanan di Kota Serambi Mekah berhasil diwujudkan RSUD Kota.
  • Selasa,03 Oktober 2017 - 01:30:12 WIB

    Tiga Pelajar Berjuang di Tingkat Nasional

    Tiga Pelajar Berjuang di Tingkat Nasional PAYAKUMBUH, HALUAN - Tiga pelajar Sekolah Dasar Payakumbuh akan berjuang di tingkat nasional membawa nama Provinsi Sumatera Barat. Mereka akan mengikuti Pentas Pendidikan Agama Islam (PAI) di Provinsi Aceh, pekan depan. Sebel.
  • Minggu,02 Juli 2017 - 13:13:59 WIB

    Ada Tiga Museum Baru di Sawahlunto, Apa Saja Koleksinya?

    Ada Tiga Museum Baru di Sawahlunto, Apa Saja Koleksinya? SAWAHLUNTO, HALUAN - Entah angin apa yang mendorong ketiga pecinta seni dan budaya Sumatera Barat ini, hingga begitu saja mau menempatkan ratusan koleksi seni yang mereka miliki di Kota Sawahlunto..
  • Jumat,21 April 2017 - 01:39:27 WIB

    Dewan Sampaikan Pandangan Tiga Ranperda Sekaligus

    Dewan Sampaikan Pandangan Tiga Ranperda Sekaligus Agam, Haluan- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Agam, memberikan pandangan umum rancangan peraturan daerah (Ranperda) sekaligus dalam rapat Paripurna yang digelar Kamis (20/4) di Aula Utama gedung DPRD Agam, Lubukbasung.
  • Senin,17 April 2017 - 12:01:17 WIB

    Ada Tambahan Tiga Ekor Singa Afrika di Bukittinggi

    Ada Tambahan Tiga Ekor Singa Afrika  di Bukittinggi BUKITTINGGI, HALUAN - Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) atau lebih dikenal dengan Kebun Binatang Bukittinggi menambah koleksi satwanya, tiga ekor Singa Afrika (Panthera leo) yang didatangkan dari Bali Zoo atau Keb.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM