PKL Membandel, Jalan Lingkar Pasar Raya Kota Solok Menyempit


Kamis,20 Juli 2017 - 17:45:23 WIB
Reporter : Tim Redaksi
PKL Membandel, Jalan Lingkar Pasar Raya Kota Solok Menyempit MENYEMPIT - Jalan lingkar Koto Panjang Pasar Solok kembali menyempit setelah PKL "memakan " badan jalan yang biasa dilalui kendaraan roda empat. Pemda |Kota Solok hnay memberi toleransi berjulalan bgi PKL 1 blok saja, namun kenyataan di lapangan sudah berlapis. ALFIAN

SOLOK, HARIANHALUAN.COM – Pedagang Kreatif Lapangan (PKL) di jalan lingkar Koto Panjang Pasar Solok kembali membandel, kendati Pemda Kota Solok hanya mengizinkan untuk berjualan 1 lapis saja di jalan tersebut. Namun sekarang manjadi 2 lapis, terutama pedagang sayur, ikan segar dan jenis kebutuhan pokok harian lainnya.

Akibat jalan lingkar yang diperuntukan untuk kendaraan roda empat yang datang dari arah Timur Pasar Solok tidak lagi bisa dilewati kendaraan. Jangankan kendaraan roda empat, kendaraan roda dua saja juga susah melewati.

Dari hasil pantauan Haluan di lapangan terlihat PKL makin menjamur di jalan lingkar itu, sebelumnya sejak 1 tahun lalu, jalan lingkar Koto Panjang dikosongkan dari aktifitas PKL dan diperuntukan untuk lalu lintas kendaraan roda empat yang datang dari arah Timur. Dibukanya akses jalan lingkar itu untuk menghindari kemacetan. Disamping itu jika terjadi kebakaran baik rumah masyarakat maupun pasar memudahkan kendaraan pemadam kebakaran masuk pasar.

Pengosongan jalan lingkar dengan lebar 5 meter dan panjang lebih kurang 500 meter itu tidak bertahan lama, hanya 3 bulan, kemudian PKL melakukan protes ke DPRD dan Pemda Kota Solok karena puluhan pedagang kehilangan mata pencaharin. Lagi pula PKL itu tidak dicarikan tempat untuk berjualan, kondisi demikian sama saja membunuh mata pencahariannya.

Dengan berbaga pertimbangan, akhirnya Pemda Kota Solok kembali mengizinkan PKL berjualan di jalan lingkar Koto Panjang Pasar Solok itu dengan catatan cukup 1 lapis saja agar kendaraan tetap bisa melewati. Kebijakan itu disambut baik pedagang, namun dalam tempo beberapa bulan, PKL kembali meringsek ke depan. Dari sejengkal yang diberi akhir bertambah lagi sehingga sekarang menjadi 2 lapis.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,17 April 2017 - 09:54:44 WIB

    PKL Padang Panjang Ditertibkan Pol PP

    PADANG PANJANG, HALUAN—Untuk menciptakan susana kondusif, aman dan tertib di Kota Padang Panjang, Satuan Polisi Pamong Praja (SatPolPP) dari Dinas SatpolPP-Damkar Kota Padang Panjang terus melakukan berbagai upaya dalam men.
  • Jumat,18 November 2016 - 00:09:32 WIB

    Lantai III Pasar Solok Diusulkan untuk PKL

    SOLOK, HALUAN — Lantai III Pasar Solok Kota Solok sebaiknya diman­faatkan untuk pedagang kaki lima (PKL) yang mang­kal di jalan lingkar pasar-Koto Panjang se­hingga akses jalan lingkar yang hendak disterilkan dari pedaga.
  • Jumat,27 Mei 2016 - 03:39:57 WIB

    Lokasi Jalan Lingkar Koto Panjang Masih Dipadati PKL

    Lokasi Jalan Lingkar Koto Panjang Masih Dipadati PKL SOLOK, HALUAN — Kendati jalan lingkar Koto Panjang di Pasar Solok sudah dibuka untuk semua kendaraan roda empat sebagai bentuk mempermudah akses ke ke dalam pasar dan menekan kemacetan, namun masih banyak juga pedagang yang.
  • Kamis,14 April 2016 - 03:02:27 WIB

    Taruna STTD Bekasi PKL di Dishubkominfo

    Taruna STTD Bekasi PKL di Dishubkominfo BATUSANGKAR,HALUAN — Sebanyak 11 orang Taruna Taruni Sekolah Tinggi Trans­portasi Darat (STTD) Bekasi melakukan Praktek Kerja La­pangan (PKL) di Dinas Per­hubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Tan.
  • Rabu,13 Januari 2016 - 02:46:01 WIB

    Jadwal Berjualan PKL Dibatasi

    AGAM, HALUAN — Pedagang Kaki Lima (PKL) hanya boleh berjualan di pinggiran jalan utama Muhammad Hatta, Lubuk Basung pada malam hari yakni dari pukul 16.00 WIB sampai 05.00 WIB dan usai berdagang lokasi harus dibersihkan sep.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM