Faldo Maldini, Bintang Terang dari Ranah Minang


Senin,17 Juli 2017 - 01:54:34 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Faldo Maldini, Bintang Terang dari Ranah Minang Faldo Madini
alua tataruang patah tigo. Dia lembut pada setiap orang, menjaga sikap dan melempar hormat, terutama kepada yang lebih tua padanya. Namun, sikapnya akan berubah keras kepada orang atau hal-hal yang berbau ketidakadilan. Bagi Faldo, ketidakadilan mesti dilawan, bagaimana pun caranya. Semua dibuktikan. Ketika tata kelola UI kusut dan disinyalir adanya permainan korup, Faldo berada di garis depan menentang.

Kini, usai melanglang buana, menjadi anak muda yang memiliki nama besar di perantauan, dan mendapatkan pekerjaan layak, Faldo pulang kampung. Dia ingin menunaikan pengabdiannya kepada ranah yang sudah memberikan segala kepadanya. Ranah tempat dia belajar nilai-nilai dasar kehidupan, yang menjadi bekalnya bertahan di perantauan. Faldo tidak ingin sekadar memberi pengabdian, tapi berupaya agar mampu jadi motor penggerak perubahan bagi ranah Minang.

Penulis beberapa kali berdiskusi panjang dengan Faldo. Dari diskusi dapat ditarik kesimpulan, kalau kecintaan Faldo pada kampong halamannya tak bertepi. Baginya, tidak ada alasan untuk tidak pulang kampung. Lahir di Minang, Faldo memiliki keterikatan, jiwa yang selalu melekat. Dia tak lupa asal. “Dari tempat asal ini kita bisa kembali menginjak bumi. Sesukses apapun di perantauan, kita tetap berasal dari kampung. Kita makan dari tanahnya, minum airnya, dan hirup udaranya. Hal ini menjadi alasan bagi kita semua, termasuk saya, kenapa kampong halaman begitu bermakna,” tutur Faldo.

“Sejelek-jeleknya kampung kita, mau listriknya mati, jalanan jelek, internet tidak ada, itu adalah tempat asal yang membuat kita bisa ada di dunia ini. Oleh karena itu, selayaknya pulang kampung juga bisa menjadi momentum kontemplasi. Pulang kampung menjadi tempat merenung dan bersyukur, bahwa langkah jauh yang kita berhasil tempuh di rantau, berasal dari jejak kecil di kampung halaman,” tambahnya.

Pulang kampung, bagi Faldo adalah sarana berbagi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM