Faldo Maldini, Bintang Terang dari Ranah Minang


Senin,17 Juli 2017 - 01:54:34 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Faldo Maldini, Bintang Terang dari Ranah Minang Faldo Madini

AKHIR MARET 2012, seorang mahasiswa berjaket kuning berteriak keras dihadapan ribuan masa aksi di Gedung DPR RI, Jakarta. Peluh mengucur dari keningnya, membasahi kulit sawo matangnya yang terbakar matahari. Wajahnya lusuh, keletihan.

Tapi tidak dengan semangat anak muda itu. Dia berapi-api dalam berorasi menolak naiknya harga BBM. Di hadapannya, ratusan polisi membuat pagar betis. Ketegangan memuncak. Kerusuhan sempat pecah. Di tengah kerusuhan, sang mahasiswa tadi berteriak lantang. “Demi rakyat Indonesia, kami siap mati”. Teriakan itulah yang membakar api semangat para pengunjuk rasa untuk terus menolak kenaikan BBM.

Hingga akhirnya, harga BBM tidak jadi naik. Ratusan juta masyarakat Indonesia bersuka ria menyambut pembatalan. Aksi unjuk rasa yang dilakukan menemui jalan yang menjadi keinginan seluruh masyarakat. Perjuangan panjang yang tak sia-sia. Bagi sang mahasiswa yang berpeluh dalam berjuang, itu adalah balasan setimpal, yang harganya tidak bisa dinilai dengan uang.

Pertanyaannya: Lantas siapa mahasiswa berjaket kuning khas Universitas Indonesia (UI), yang menjadi orator dalam aksi ribuan massa itu? Siapa dia, yang rela pasang badan dalam memperjuangkan nasib masyarakat bawah? Dari mana asalnya?

Pertanyaan-pertanyaan itu menyeruak di kalangan masyarakat. Banyak yang mencari tahu garis hidup lelaki muda tersebut. Tapi, bagi orang Minang, tak perlu jauh menunjuk untuk mencari tahu asal mahasiswa tersebut. Dia adalah Faldo Maldini.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM