Cegah Peredaran Narkoba, BNK Bukittinggi Intensifkan Razia


Senin,17 Juli 2017 - 00:20:40 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Cegah Peredaran Narkoba, BNK Bukittinggi Intensifkan Razia ilustrasi/Haluan

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.VOM--Guna mengantisipasi masuknya  peredaran Narkoba di Bukittinggi, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bukittinggi intensifkan razia kenderaan  roda empat pada jalur gerbang pintuk masuk dalam kota.

Untuk razia peredaran Narkoba ini, BNN kota Bukittinggi akan memfokuskan razia pada dua titik lokasi yang dianggap rawan sebagai jalur lalu lintas pintu masuk peredaran Narkoba antar kabupaten/kota maupun antar lintas Sumatra.

Dua titik lokasi itu yakni jalan raya By Pass perbatasan Bukittinggi-Gadut Agam dan jalan raya batas kota di Garegeh. Razia dilakukan dengan menyisir seluruh kenderaan yang melintasi jalur tersebut dan dilakukan penggeledahan oleh petugas gabungan yang terdiri dari BNK, Polres, Kodim 0304 Agam dan Sub Denpom Bukittinggi.

“Untuk tahun ini BNK Bukittingi akan intensifkan razia gabungan pada sejumlah kenderaan roda empat yang masuk ke Bukittinggi. Kegiatan ini dilakukan dalam upaya BNN untuk mencegah terjadinya peredaran narkoba antar lintas kabupaten/kota yang masuk kewilayah Bukittinggi,” kata Ketua Pelaksana Harian BNK Bukittinggi, Kompol Dasveri Abdi, didampingi Sekretaris BNK Bukittinggi Joni Feri, usai melakukan razia peredaran narkoba, Kamis (13/7) malam.

Ia menjelaskan, razia gabungan yang dilakukan bertujuan untuk mencegah dan mempersempit ruang gerak serta meminimalisir dan mencegah peredaran Narkoba yang masuk ke Bukittinggi. Sebagai kota yang berada dijalur tengah lintas Sumatra, Bukittinggi dianggap rawan sebagai pintu masuk peredaran Narkoba terutama dari arah utara dan timur.

Oleh karena itu, razia yang dilakukan pada dua titik lokasi tersebut karena dini lai rawan sebagai lalu lintas masuknya kendaraan ke Bukittinggi dan gerbang masuknya kenderaan ke Bukittingi. Dalam razia yang dilakukan sedikitnya 50 personil, dan didukung dengan tim pengamanan dari Polres Bukittinggi, Kodim 0304 Agam, dan Sub Den Pom Bukittinggi diturunkan kelapangan.

“Seluruh kendaraan yang melintasi jalur tersebut, baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat kita periksa dan kita galedah. Namun sangat disayangkan, dalam razia perdana yang kita lakukan ini hasilnya nihil karena tidak ditemukan kenderaan yang membawa narkoba jenis apapun,” terang Dasveri Abdi yang juga selaku Wakapolres Bukittinggi.

Sementara itu, Sekretaris BNK Bukittinggi, Joni Feri  menambahkan, untuk tahun ini  BNK Bukittinggi  akan melaksanakan 16 program kegiatan untuk mencegah dan memutus mata rantai peredaran Narkoba di BUkittinggi, salah satunya dengan melakukan razia pada jalu jalur yang dianggap sebagai pintu masuk peredaran narkoba.

Menurutnya, sesuai arahan Ketua BNK Bukittinggi yang dijabat oleh Wakil Walikota H.Irwandi, bahwa untuk mengantisipasi peredaran narkoba di Bukittinggi maka perlu di intensifkakan razia bagi kenderaan yang masuk kedalam kota, terutama pada jalur-jalur pintu masuk dalam kota.

“Razia yang dilakukan BNN pada Kamis malam ini, merupakan kegiatan pertama yang kita laksanakan ditahun 2017. Kegiatan razia ini akan kita laksanakan secara rutin sesuai dengan yang telah diprogramkan pada lokasi yang berbeda beda,” ungkap Kepala Kesbangpol Bukittinggi ini.

Diakuinya, pada razia yang dimulai pukul 22.00 wib hingga pukul 01.30 Wib dinari, hasilnya nihil karna petugas tidak menemukan kenderaan yang membawa jenis narkoba tersebut. Namun demikian dalam razia yang dilakukan itu petugas menemukan  2 unit ken daraan yang  tidak memiliki surat surat yakni kenderaan L.300 dan sedan Corolla BM.1523 TH.

Sebelumnya, Ketua BNK Kota Bukittinggi Irwandi mengatakan, sebagai kota wisata yang berada dijalur tengah lintas Sumatra, Bukittinggi masih sangat rentan terhadap peredaran narkoba. Oleh karena itu BNK Kota Bukittinggi berupaya memperkuat pengawasan terhadap peredaran narkoba tersebut, mengingat Bukittinggi berpotensi sebagai daerah transit bagi aktivitas peredaran narkoba.

“Kita akan terus tingkatkan pengawasan peredaran narkoba ini dengan melibatkan semua komponen dan seluruh pihak. Kita juga m,enghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dengan peredaran narkoba. Jika masyarakat menemukan adanya transaksi peredaran narkoba, silahkan laporkan kepada pihak kepolisian,” ujar Irwandi yang juga merupakan Wakil Walikota Bukittinggi. (h/tot)

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM