Ratusan Koperasi di Sumbar Akan Dibubarkan


Jumat,14 Juli 2017 - 11:28:58 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Ratusan Koperasi di Sumbar Akan Dibubarkan Ilustasi.NET
Dikatakan, pihaknya tidak ingin koperasi itu sekedar dibentuk saja, apalagi jika tidak memberikan kesejahteraan untuk anggotanya. Jadi koperasi harus aktif, melayani anggotanya, calon anggota dan masyarakat sekitar.

Sementara itu, usaha simpan pinjam yang diselenggarakan koperasi (KSP-USP), diminta untuk mengurus perizinannya. Sebab, dari 2.000 KSP-USP di daerah ini hanya 400 KSP-USP yang sudah memiliki izin. Namun karena hal itu merupakan kewenangan kabupaten/kota, maka pihaknya lebih tepat memberikan motivasi agar segera diurus.

“Sesuai UU No.1 tahun 2013 tentang LKM disebutkan, semua usaha yang menyelenggarakan simpan pinjam, harus berbadan hukum dan memiliki izin,” katanya.

Pasalnya, lanjut Doni, sesuai  Permenkop No.15 tahun 2016 tentang pelaksanaan USP oleh koperasi dan Permenkop No.16 tahun 2016 tentang pelaksanaan USP pembiayaan syariah, kesempatan untuk pengurusan izin itu selama 2 tahun, 2015-2017. Artinya, tahun ini seluruhnya harus sudah mengantongi izin. (h/vie)

 

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,04 Juli 2017 - 12:22:16 WIB

    Hari Pertama Kerja, Ratusan ASN di Sumbar Mangkir

    Hari Pertama Kerja, Ratusan ASN di Sumbar Mangkir PADANG, HARIANHALUAN.COM – Libur panjang pada Idul Fitri 1438 H kali ini tak sertamerta membuat Aparatur Sipil Negara (ASN) puas. Setidaknya, ada ratusan ASN di Sumbar yang tak masuk kerja serta terlambat masuk ke kantor. T.
  • Senin,05 Juni 2017 - 20:08:25 WIB

    Ratusan Warga Solok Turun ke Jalan, Tuntut dr Fiera Diproses Secara Hukum

    Ratusan Warga Solok Turun ke Jalan, Tuntut dr Fiera Diproses Secara Hukum SOLOK, HARIANHALUAN.COM- Pernyataan kontroversial dr Fiera Lovita dimedia masa mengundang reaksi keras dari masyarakat Kota Solok. Forum Peduli Masyarakat Solok yang terdiri dari unsur niniek mamak, bundo kanduang,anggota DPR.
  • Rabu,22 Maret 2017 - 10:18:40 WIB
    TAHLILAN MENGENANG SETAHUN BERPULANGNYA HJ. DJANINAR

    Ratusan Masyarakat Panjatkan Doa

    Ratusan Masyarakat Panjatkan Doa Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu; maka apabila telah datang waktunya, mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak dapat (pula) memajukannya. .
  • Senin,13 Februari 2017 - 08:19:15 WIB

    Ratusan Pelayat Antarkan Mantan Wagub ke Pemakaman

    Ratusan Pelayat Antarkan Mantan Wagub ke Pemakaman PADANG PARIAMAN, HALUAN-Ratusan tokoh Padang Pariaman dan Sumatera Barat, ikut mensyalatkan dan mengantarkan jenazah H. Muslim Kasim ketempat peristirahatan terakhirnya di pemakaman keluarga di Nagari Gadur Kecamatan Enam Lin.
  • Kamis,08 Desember 2016 - 01:45:16 WIB

    Ratusan Ton Ikan Maninjau Mati

    AGAM, HALUAN — Cuaca buruk beberapa hari terakhir mengakibatkan matinya ikan keramba jaring apung di Danau Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam. Sejak awal Desember, sampai Rabu (7/12) sudah 100 ton ikan Maninja.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM