Andi Muhammad dan Busnar Yuneldi Berdamai


Kamis,13 Juli 2017 - 10:00:52 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Andi Muhammad dan Busnar Yuneldi Berdamai Ibrani Dt Rajo Tianso selaku penasihat hukum (PH) Andi Muhammad, bersama Miko Kamal selaku PH Busnar Yuneldi, memperlihatkan akta kesepakatan damai yang telah dicapai atas persoalan hukum yang melibatkan klien masing-masing, Rabu (12/7). adv

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Di tengah proses hukum masih berjalan, pakar herbal nasional asal Sumbar Andi Muhammad, yang ditahan atas kasus dugaan penipuan, menjalin kesepakatan damai dengan Busnar Yuneldi selaku korban dalam kasus tersebut. Dengan kesepakatan itu, Andi Muhammad berharap Aparat Penegak Hukum (APH) mengambil sikap berupa produk hukum yang bijak dan berkeadilan.

Hal itu disampaikan Penasihat Hukum Andi Muhammad, Ibrani Dt Rajo Tianso, dalam konferensi pers di salah satu hotel di Kota Padang, Rabu (12/7). Hadir dalam kesempatan itu, Elriza Fania selaku istri Andi Muhammad, Novirmansyah selaku anggota tim PH Andi Muhammad, Miko Kamal dan Hendra Ritonga selaku PH Busnar Yuneldi, dan Musfi Yendra selaku kerabat Busnar Yuneldi.

“Awalnya, Haji Andi Muhammad berupaya menyelesaikan masalah ini dengan Busnar Yuneldi, dengan memercayakannya pada pengacara sebelumnya. Namun, klien kami ini tidak tahu duduk perkembangan masalah ini seperti apa, sehingga saat pulang ke Padang pada lebaran lalu, ternyata sudah berstatus DPO dan diamankan oleh pihak kepolisian. Kalau sejak awal klien kami tahu, tentu tidak akan terjadi hal seperti ini,” kata Ibrani baru mendampingi Andi Muhammad sejak 24 Juni lalu.

Demi menunjukkan itikad baik untuk menyelesaikan kasus ini, lanjut Ibrani, Andi Muhammad telah memenuhi tanggung jawab utangnya kepada Busnar Yuneldi secara cash senilai Rp1,7 miliar. “Awalnya ini kan persoalan bisnis, tapi sekarang itu sudah clear. Jadi, jangan sampai nanti ada statement yang menyebutkan klien kami tidak membayar utang,” kata Ibrani seraya menunjukkan bukti pembayaran utang tersebut ke hadapan wartawan.

Atas kasus ini, Ibrani mewakili Andi Muhammad menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada pihak Busnar Yuneldi selaku korban, kepada aparat penegak hukum di kepolisian dan kejaksaan yang dibuat repot, serta kepada masyarakat luas atas gonjang-ganjing yang timbul dari kasus ini.

“Pastinya, tidak ada niat dari Haji Andi Muhammad untuk tidak menyelesaikan kasus ini. Langkah yang diambil untuk berdamai dan membayar kewajiban ini adalah bukti sahihnya,” sambungnya lagi.

Meskipun telah menjalin kesepakatan damai, terkait perkara pidana atas nama Andi Muhammad yang saat ini telah sampai ke tangan jaksa pada Kejari Padang, Ibrani mengaku sangat berharap agar penegak hukum dapat menentukan sikap yang bijak dan berkeadilan. Sebab ia menilai, sistem peradilan pidana dibuat untuk mencapai keadilan, dan rasa keadilan itu telah dirasakan kedua belah pihak melalui kesepakatan damai yang terjalin.

“Yang penting nawaitu (niat, red) kami baik. Karena ini sudah damai, maka bukankah sebuah kezaliman juga jika proses hukum tetap dilakukan. Sebab, dalam nota kesepakatan damai, pada pasal 2 tegas dijelaskan bahwa pihak pertama dan kedua sepakat menyelesaikan persoalan ini, termasuk mencabut laporan Nomor LP/2183/K/XII/SPKT tertanggal 25 Desember 2013,” sambung Ibrani.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,18 Agustus 2017 - 22:44:24 WIB

    Bawa Voucher UN Swissindo, Warga Ditolak Petugas Bank Mandiri

    Bawa Voucher UN Swissindo, Warga Ditolak Petugas Bank Mandiri PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM—Meski sempat dikeluarkannya surat edaran oleh Walikota Payakumbuh terkait untuk tidak terpengaruh atau ikut serta dalam kegiatan UN Swissindo. Tetapi masih saja ada warga Payakumbuh yang tertari.
  • Rabu,12 Juli 2017 - 13:10:33 WIB

    Kejari Teliti Berkas Kasus Andi Muhammad

    Kejari Teliti Berkas Kasus Andi Muhammad PADANG, HARIANHALUAN.COM – Kasus penipuan bermodus pemberian cek kosong dengan tersangka pakar herbal dan ahli spiritual Andi Muhammad memasuki babak baru. Berkas kasus tersebut telah diterima oleh Kejaksaan Negeri (Kejari).
  • Jumat,27 November 2015 - 19:55:31 WIB

    Bank Mandiri Genjot Nasabah Siswa Sekolah

    JAKARTA, HALUAN — PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menggenjot jumlah nasabah siswa sekolah. Ca­ranya, perseroan mela­ku­kan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan 100 sekolah di Indonesia untuk peng­gunaan t.

  • Senin,07 September 2015 - 19:02:31 WIB

    Dirut Mandiri: Dorong Penguatan Industri Keuangan

    JAKARTA, HALUAN — Indo­nesia harus memiliki industri keuangan yang kuat bila ingin perekonomiannya stabil.

    Demikian disampaikan Direktur Utama Bank Man­diri, Budi Gunadi Sadikin kepada wartawan.

  • Rabu,05 Agustus 2015 - 19:04:31 WIB

    Bank Mandiri Gandeng Marina Bay Sands

    JAKARTA, HALUAN — PT Bank Mandiri Tbk beker­jasama dengan Marina Bay Sands melakukan program joint marketing promo untuk menggenjot transaksi kartu kredit.

    Kerjasama tersebut meliputi berbagai a.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM