Pemkab Tanah Datar Segera Menata Selingkar Singkarak


Senin,10 Juli 2017 - 12:15:47 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pemkab Tanah Datar Segera Menata Selingkar Singkarak kompasiana

TANAH DATAR, HALUAN - Dalam upaya peningkatan kunjungan wisata, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar akan melakukan penataan kawasan pariwisata Selingkar Danau Singkarak. Kawasan selingkar Danau Singkarak sangat layak dikembangkan karena mempunyai banyak potensi wisata untuk menunjang perekonomian daerah dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat  sekitar kawasan tersebut.

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi saat menutup Festival Danau Singkarak di Tanjung Mutiara, Batipuh Selatan, Sabtu (8/7) mengatakan
di kawasan itu terdapat lima nagari yang memiliki potensi objek wisata yang mempesona dan kaya dengan makanan khasnya seperti ikan bilih, pangek sumpu, singgang, rendang serta buah sawo.

“Kami berterima kasih kepada masyarakat yang telah mengelenggarakan kegiatan ini dalam mendukung destinasi pariwisata di Tanah Datar, semua potensi nagari ini akan dipromosikan sebagai daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Tanah Datar khususnya ke nagari selingkar danau. Dengan kegiatan festival ini selain untuk mempererat silaturahim juga melestarikan seni budaya, mempromosikan potensi wisata budaya, kuliner dan alamnya," ujar bupati.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Tanah Datar, Edisusanto juga menjabarkan, dalam pengembangannya potensi wisata dikelompokan dalam lima zona yakni zona I pengembangan pariwisata meliputi Kecamatan Limo Kaum, Sungai Tarab, Tanjung Emas dan Padang Ganting. Zona II Kecamatan Lintau Buo, Lintau Buo Utara, Sungayang, Tabek Patah dan Tanjung Baru.

Kemudian Zona III di Kecamatan Rambatan dan Batipuh Selatan, zona IV di Kecamatan X Koto dan Batipuh, serta zona V merupakan zona khusus Nagari Tuo Pariangan yang telah dinobatkan menjadi desa terindah dunia, ujarnya.

Dalam kegiatan Festival Danau Singkarak yang berlangsung dari tanggal 2 hingnga 8 Juli ini, diisi dengan berbagai kegiatan lomba diantaranya lomba seni dan budaya anak nagari, pacu biduak, dekorasi dan modifikasi biduak, manjalo diate biduak, lomba fotografi, kuliner, mancing mania, makan bajamba dan penampilan silat dalam air. (h/fma)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,04 Juli 2017 - 18:46:10 WIB

    Minimarket di Limapuluh Kota Ini Pakai Logo Indomaret, BPM-PTSP: Pemkab Tidak Pernah Berikan Izin

    Minimarket di Limapuluh Kota Ini Pakai Logo Indomaret, BPM-PTSP: Pemkab Tidak Pernah Berikan Izin LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM – Pengoperasian Indomaret di jalan lintas Payakumbuh – Riau Km 6, Tanjung Pati, Kabupaten Limapuluh Kota yang sempat didemo oleh masyarakat tahun 2015 silam, sampai saat ini masih beropera.
  • Senin,13 Februari 2017 - 08:29:14 WIB

    Pemkab Periksa Limbah PT AWL

    Pemkab Periksa Limbah PT AWL PASBAR, HALUAN--Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasaman Barat, mengambil sampel limbah pabrik kelapa sawit PT Agro Wira Ligatsa Simpang Tiga Alin Kecamatan Gunung Tuleh karena diduga air limbah tersebut mencemari lingkungan .
  • Minggu,29 Januari 2017 - 21:13:17 WIB

    Pemkab Tanah Datar Bakal Bangun Arena Pacu Jawi Permanen

    Pemkab Tanah Datar Bakal Bangun Arena Pacu Jawi Permanen TANAH DATAR, HALUAN – Tradisi pacu jawi menjadi agenda rutin wisata yang digelar setiap selesai panen padi di empat kecamatan di Kabupaten Tanah Datar. Pemkab dan masyarakat terus berupaya meningkatkan angka kunjungan wisat.
  • Sabtu,28 Januari 2017 - 12:21:59 WIB

    Nagari Tuo Pariangan Jadi Prioritas Utama Pariwisata Pemkab Tanah Datar

    Nagari Tuo Pariangan Jadi Prioritas Utama Pariwisata Pemkab Tanah Datar TANAH DATAR, HALUAN - Untuk optimalisasi pembangunan pariwisata daerah tahun ini, Pemda Tanah Datar akan melaksanakan revitalisasi destinasi objek wisata unggulan..
  • Jumat,16 Desember 2016 - 00:59:10 WIB

    Peduli HAM, Pemkab Pasaman Raih Penghargaan Menteri

    PASAMAN, HALUAN — Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama menerima penghar­gaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) 2016 dari pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Hukum dan HAM RI. Penghargaan itu diterima Atos di Su.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM