Penjualan Perlengkapan Sekolah Tahun ini Lesu


Minggu,09 Juli 2017 - 17:09:21 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Penjualan Perlengkapan Sekolah Tahun ini Lesu

PADANG, HALUAN - Musim tahun ajaran baru 2017 tidak segesit tahun lalu. Pasalnya, penjualan perlengkapan alat-alat sekolah tahun ini lesu. Baik itu baju sekolah, alat tulis maupun perlengkapan lainnya.

Salah seorang penjual baju sekolah di Pasar Raya Padang Romi (36) mengaku penjualannya tidak sebanyak tahun kemarin. Baik itu baju seragam mulai dari Sekolah Dasar, SMP maupun SMA. Terlebih lagi atribut hanya bisa dihitung dengan jari saja penjualannya.

“Jika dibanding hari biasanya jelas ada peningkatan karena memang kebutuhan nya saat ini. Namun, jika dibanding tahun kemarin agak lesu saat ini. Ada yang bilang sudah lengkap dari sekolah perlengkapannya,” ujarnya.

Selain baju dan atribut sekolah, buku dan alat-alat tulis hanya terjual seadanya saja. Masyarakat mulai mengurangi jumlah belanja dibanding tahun lalu.

Untuk harga baju sekolah bervariasi. Baju seragam SMA dijual dengan harga Rp100.000 satu stel. Sementara, untuk baju seragam SMP dijual Rp90.000 satu stel.

Romi mengatakan, sehari ia bisa menjual baju sekolah sekitar 30 sampai 40 stel sejak libur sekolah. Jika tahun dulu, ia bisa menjual hingga 50 stel baju sekolah.

"Memang agak lesu sekarang namun kita tetap bersyukur dan tidak memasang harga terlalu tinggi," tuturnya.

Ijal (28) yang menjual alat tulis di Blok A Pasar Raya Padang mengatakan penjualan masih dibatas wajar. Penjualan tidak segesit tiga sampai enapat tahun yang silam.

“Sebagian orang tua mengatakan alat tulis ada yang sudah dibeli dari sekolah. Yang dibeli hanya sisanya saja seperti kebutuhan pribadi. Makanya biasanya ada yang beli buku satu kodi bisa beli satu lusin saja dan seterusnya,” ungkap Ijal.

Untuk harga, Ijal mengatakan untuk buku tulis isi 40 dengan harga Rp38.000 per kodi dan pena dawat dengan harga Rp50.000 per kotak.

Sementara itu, salah seorang wali murid yang anaknya baru masuk sekolah SMP mengaku banyak mendapatkan perlengkapan dari sekolah. Mulai dari baju seragam selama satu minggu hingga beberapa buku-tulis. Orang tua hanya mempersiapkan yang kurangnya saja.

*Sebagian besar perlengkapan sudah ada dari sekolah. Kita hanya menyiapkan jahitan untuk atribut dan sebagian yang kurang saja,” tutur Ibed, Warga Banuaran, Minggu (9/7). (h/win)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,16 September 2016 - 03:07:48 WIB

    Bisnis Penjualan Helm Menggiurkan

    Bisnis Penjualan Helm Menggiurkan PADANG, HALUAN —Se­jak beberapa tahun belaka­ngan, bisnis penjualan helm benar-benar bersinar. Betapa tidak. Demi keselamatan, para pengendara sepeda motor wajib menggunakan helm saat berkendara, termasuk yang berboncenga.
  • Senin,22 Agustus 2016 - 03:05:31 WIB

    Penjualan Daihatsu Terus Meningkat

    Penjualan Daihatsu Terus Meningkat JAKARTA, HALUAN — Daihatsu selalu berupaya memberikan kepuasan pada pelanggannya para Sahabat Daihatsu. Salah satu buktinya dapat dilihat dari hasil penjualan Daihatsu yang meningkat dibandingkan tahun lalu (YTD Juli) di te.
  • Selasa,02 Agustus 2016 - 16:40:13 WIB

    Kalah Pamor dari Sepeda Motor, Setiap Tahun Penjualan Sepeda Menurun

    Kalah Pamor dari Sepeda Motor, Setiap Tahun Penjualan Sepeda Menurun PADANG, HALUAN - Semakin banyaknya kendaraan bermotor yang digunakan masyarakat membuat sepeda semakin kalah pamor. Penjualan sepeda pun kian menurun setiap tahunnya..
  • Jumat,22 Juli 2016 - 17:18:19 WIB

    Harga Emas Turun, Penjualan Ikut Menurun

    Harga Emas Turun, Penjualan Ikut Menurun PADANG, HALUAN - Penjualan emas masih bertengger di kisaran Rp1,3 jutaan per emas (satu emas setara dengan 2,5 gram –red). Pantauan Haluan, Jumat (22/7) harga emas di Pasar Raya, Kota Padang, Rp1,38 juta. "Sudah dua hari in.
  • Rabu,29 Juni 2016 - 05:50:18 WIB
    Jelang Lebaran

    Penjualan Bahan-bahan Kue Masih Sepi

    Penjualan Bahan-bahan Kue Masih Sepi PADANG, HALUAN — Meski Lebaran tinggal seminggu lagi, namun penjualan bahan-bahan kue masih sepi. Menurut pedagang, hal itu terjadi karena kini sudah akhir bulan dan Lebaran bertepatan dengan tahun ajaran baru sekolah. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM