Keltan Keramba Jala Apung Beralih Usaha


Jumat,07 Juli 2017 - 11:48:18 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Keltan Keramba Jala Apung Beralih Usaha

AGAM,HALUAN  -- Untuk membantu pelestarian Danau Maninjau yang tercemar berat sembilan kelompok peternak ikan keramba jala apung (KJA) bersedia mengalihkan usahanya ke darat.

Kesembilan lompok Keltan tersebut berasal dari berbagai nagari dan memilki ratusan petak keramba jala apung(KJA), usaha yang akan dilakukan di darat beragam, seperti usaha pembudidayaan ikan lele, beternak ayam, usaha pembuatan pakan ikan, bertani,industri tahu tempe dan sebagainya.

Untuk mengalihkan usaha tersebut mereka sudah mengajukan proposal bantuan permodalan kepada pemerintah melalaui Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

"Ke depan kita berharap menyusul kelompok masyarakat lain yang berusaha KJA di danau untuk mengalihkan usahanya ke darat mengingat kondisi pencemaran danau akibat padatnya KJA semakin memprihatinkan"ungkap Kepala DLH Agam, Yulnasri.

Saat ini KJA di danau ini sekitar 1600 ribu unit, sementara jumlah idealnya sesuai daya dukung lingkungan hanya sekitar 6 ribu unit, lagi pula 95 persen pencemaran disebabkan limbah KJA,oleh karena itu upaya utama untuk menyelamatkan danau dengan menciutkan jumlah KJA.

Untuk penciutan jumlah keramba pemerintah kabupaten Agam melalui program Save Danau Maninjau telah menyusun sejumlah regulasi dan melakukan sosialisasi.

Akibat pencemaran, kondisi air Danau Maninjau tidak kondusif, sering menimbulkan racun yang mematikan ikan KJA sendiri, dan mengancam keberadaan satwa air asli setempat. (h/ks)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,10 November 2016 - 00:14:22 WIB

    36 Keltan Dapat Bantuan Traktor Tangan

    36 Keltan Dapat Bantuan Traktor Tangan BATUSANGKAR, HALUAN — Sebanyak 36 kelompok tani (keltan) di Kabupaten Tanah Datar menerima bantuan traktor tangan (hand tractor) dari Kementerian Pertanian RI yang diserahkan langsung oleh anggota DPR RI Hermanto, dan diter.
  • Rabu,27 Juli 2016 - 03:38:55 WIB

    Keltan Kebun Mekar Terima Bantuan Alat Pertanian

    PARIAMAN, HALUAN — Wakil Walikota Paria­man, Genius Umar, me­nyerahkan bantuan alat pertanian untuk Ke­lom­pok Tani (Keltan) Kebun Mekar Desa Aia Santok Kecamatan Pariaman Ti­mur di halaman Kantor UPTD Pertanian wiyaha.
  • Jumat,22 Juli 2016 - 02:31:59 WIB

    Keltan HKS Simpang Tonang Dinilai Pusat

    Keltan HKS Simpang Tonang Dinilai Pusat PASAMAN, HALUAN — Berhasil menjadi peringkat pertama di Sumatera Barat, Kelompok Tani (Keltan) Hutan Karya Setia (HKS), Nagari Simpang Tonang, Kecamatan Duokoto, Kabupaten Pasaman dinilai oleh Tim Penilai dari Pusat Penyulu.
  • Jumat,22 April 2016 - 03:45:06 WIB

    Keltan Sakato Juara Budidaya Ikan Air Tawar

    PASAMAN, HALUAN— Pemerintah Kabu­paten Pasaman menerima penghargaan dari Gubernur Provinsi Sumatera Barat atas keberhasilan daerah ini mengembangkan budidaya ikan air tawar..
  • Kamis,07 April 2016 - 02:40:03 WIB

    Dua Keltan Agam Studi Banding ke Patamuan

    PADANG PARIAMAN, HALUAN — Dua ke­lom­pok tani dari Nagari Matua, Kecamatan Matur, Kabu­paten Agam melakukan studi banding ke petani pepaya di Nagari Sungai Durian, Kecamatan Pata­muan, Kabupaten Padang Pariaman, Selas.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM