Bibit Ikan Mas Koki di Pariaman Punya Daya Tarik


Jumat,07 Juli 2017 - 11:26:15 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Bibit Ikan Mas Koki di Pariaman Punya Daya Tarik ilustrasi/IST

PARIAMAN, HALUAN — Setelah sukses melakukan pemuliaan ikan lele, kini Balai Benih Ikan (BBI) Kota Pariaman mengembangkan pembenihan ikan hias mas koki.

 "Kegiatan baru dilakukan tiga bulan belakangan ini, karena dinilai potensi pasarnya cukup bagus untuk produk tersebut. Hal ini seiring dengan semakin tingginya minat para pecinta ikan hias," kata Hawari Febrianto, Kepala BBI Kota Pariaman kepada Haluan, Kamis (6/7).

Pembenihan ikan hias mas koki itu baru pertama kali dilakukan BBI Kota Pariaman selain pemuliaan ikan lele. Program pembenihan ikan hias termasuk salah satu upaya untuk pengembangan program dalam menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pariaman dari BBI.

“Saat ini persediaan bibit cukup banyak, tidak kurang dari seratus ekor, ukuran 5 sampai 8 Cm,” katanya.

Perjualan terhadap ikan hias ini dilakukan per ekor dengan harga Rp3.500,-. Peminat ikan hias ini cukup banyak. Dan diantara mereka sudah ada yang datang beli langsung ke BBI. Para pembeli benih ikan hias produksi BBI ini tak hanya dari Kota Pariaman tetapi juga dari daerah lain.

“Nilai ekonomisnya cukup bagus, tinggal lagi kita sekarang memperluas pasar,” lanjutnya.

Ikan hias mas koki keluaran BBI itu sampai sekarang sudah terjual lebih kurang 25% dari stok yang ada. Para konsumen yang membeli ikan hias produksinya adalah penjual ikan hias pula. (h/tri)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM