Peningkatan Ekonomi, Sawahlunto Terapkan Menabung Rp1.000 per Hari


Kamis,06 Juli 2017 - 12:36:17 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Peningkatan Ekonomi, Sawahlunto Terapkan Menabung Rp1.000 per Hari Ilustasi/Haluan

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM—Gerakan menabung seribu rupiah sehari dimulai di Kota Sawahlunto. Tidak hanya di kalangan pegawai pemerintah, gerakan yang ditujukan untuk memperkuat ekonomi individu dan keluarga itu, juga mulai diikuti kelompok masyarakat.

“Targetnya, semangat menabung mulai tumbuh di setiap individu masyarakat, tidak hanya mereka yang masih duduk di bangku sekolah, namun semua lapian masyarakat,” ungkap Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf, Rabu (5/7).

Dorongan gerakan menabung seribu rupiah setiap hari itu dalam bentuk menabung berkelompok, yang disatukan dalam satu rekening, yang dapat diambil dalam jangka waktu tertentu.

Mengapa hanya seribu rupiah, Ali Yusuf mengatakan, dengan uang yang sangat kecil itu, masyarakat tidak akan merasakan kegiatan menabung yang diterapkan itu. Namun dalam jangka waktu yang lama, kegiatan menabung itu akan memberikan dampak.

Langkah awalnya, gerakan menabung seribu rupiah sehari dimulai dari kalangan aparatur sipil negara (ASN) di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dimana di Sawahlunto memiliki 26 OPD.

Ali Yusuf mengungkapkan, gerakan menabung seribu rupiah sehari itu, tujuan akhirnya menumbuhkan koperasi di tengah masyarakat. Koperasi merupakan simbol kekuatan ekonomi masyarakat, dimana modal, penggunaan dan hasilnya dimanfaatkan langsung oleh masyarakat.

“Dengan menabung seribu rupiah setiap hari, masyarakat Sawahlunto memiliki potensi tabungan dengan jumlah minimal hingga Rp8 miliar dalam satu bulan,” katanya.

Ali Yusuf juga melihat, gerakan menabung seribu rupiah setiap hari itu, akan menjadi cikal bakal berkembangnya koperasi di tengah kelompok masyarakat. Dengan koperasi, kekuatan ekonomi masyarakat diharapkan akan semakin baik.

Peto Patoluna, Kasubag Kesejahteraan Masyarakat Setdako Sawahlunto, mengungkapkan, beberapa kelompok yasinan di Kota Sawahlunto, sudah memulai pelaksanaan gerakan menabung seribu rupiah per hari. (h/nto)

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,21 November 2016 - 00:18:21 WIB

    IndiHome Sumbang Peningkatan Laba Telkom

    IndiHome Sumbang Peningkatan Laba Telkom JAKARTA, HALUAN—Kerja keras pasukan IndiHome, terbayar sudah. Akhir 2015, jumlah pelanggan IndiHome mencapai satu juta pelanggan. Sedangkan saat ini, pelanggan IndiHome telah mendekati angka 2 juta pelanggan. Hal ini sudah .
  • Kamis,19 Mei 2016 - 03:58:59 WIB
    Dicairkan Jelang Ramadan dan Lebaran

    Gaji ke-13 dan 14 PNS Picu Peningkatan Inflasi

    Gaji ke-13 dan 14 PNS Picu Peningkatan Inflasi PADANG, HALUAN — Pencairan gaji ke-13 dan gaji ke-14 (Tunjangan Hari Raya/THR) untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) diyakini akan ikut mendorong laju perekonomian Sumbar, meski juga membuka peluang meningkatnya laju inflasi..
  • Jumat,13 Mei 2016 - 03:48:35 WIB
    Bangun Packing Plant di Bengkulu

    Semen Padang Targetkan Peningkatan Penjualan

    Semen Padang Targetkan Peningkatan Penjualan PADANG, HALUAN — PT Semen Padang segera membangun packing plant di Bengkulu untuk menambah kekuatan pemasaran di provinsi tersebut dan daerah sekitarnya. Menurut rencana, pembangunan dimulai Q3 tahun ini dan dijadwalkan sel.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM