Hari Pertama Kerja, Ratusan ASN di Sumbar Mangkir


Selasa,04 Juli 2017 - 12:22:16 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Hari Pertama Kerja, Ratusan ASN di Sumbar Mangkir Ilustasi/Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Libur panjang pada Idul Fitri 1438 H kali ini tak sertamerta membuat Aparatur Sipil Negara (ASN) puas. Setidaknya, ada ratusan ASN di Sumbar yang tak masuk kerja serta terlambat masuk ke kantor. Tindakan indisipliner ini bakal diganjar dengan sanksi oleh kepala daerah tempat mereka bertugas.

Di Sumbar, dilaporkan ada 142 orang yang tak masuk dan terlambat bekerja pada hari pertama dinas, Senin (3/7). Sementara di  Pasaman, 31 ASN dari sejumlah OPD (Organisasi Perangkat Daerah) kedapatan tak masuk kerja di hari pertama. Ini, terpantau melalui apel pagi yang dipimpin langsung oleh Bupati Yusuf Lubis.

Di Solok Selatan sidak yang dilakukan Bupati Muzni Zakaria menemukan tiga orang ASN dari Dinas Pendidikan tidak masuk bekerja di hari pertama.  Sedangkan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi mengklaim 99 persen ASN di Limapuluh Kota hadir bekerja di hari pertama. Di Pesisir Selatan, Bupati Hendra Joni mengaku akan melakukan evaluasi terhadap tiga ASN yang tak hadir tanpa keterangan pada hari pertama bekerja.

Terkait dengan ASN di Pemprov Sumbar, Kepala Biro Humas Jasman Rizal membantah ada 142 ASN yang tak hadir pada hari pertama. Dalam penjelasannya kepada media, ia mengatakan, dari data yang dihimpun Biro Humas, ketidakhadiran 142 ASN itu ada klasifikasi ketakhadiran atau telambatnya. Ia menyebut, tidak semuanya absen.

Total ASN Pemprov Sumbar ada 4.472 orang dari 45 OPD yang disidak berdasarkan surat Gubernur Sumbar No. 800/2667/BKD-2017 tanggal 20 Juni 2017.

“Berdasarkan absensi elektronik, yang hadir mencapai 4.430 orang dan tujuh orang ASN terlambat dari jadwal,”ujarnya.

Lalu, kemana 135 ASN lainnya? Ia merinci, mereka yang tidak masuk kerja hari pertama ada beberapa alasan. 30 ASN tidak masuk karena sakit, izin 24 orang dan cuti 42 orang, lalu lagi mengambil pendidikan 29 orang.

Dengan demikian, hanya 10 orang ASN Sumbar yang tidak hadir tanpa keterangan. Karenanya, Jasman Rizal mengklaim kehadiran ASN di Pemprov Sumbar sudah sangat baik.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Juni 2017 - 15:51:18 WIB

    Hari Kesaktian Pancasila, Wagub: Jangan Memecah-belah di Sumbar, Fatal Akibatnya

    Hari Kesaktian Pancasila, Wagub: Jangan Memecah-belah di Sumbar, Fatal Akibatnya PADANG, HARIANHALUAN.COM- Kebhinekaan di Sumatera Barat (Sumbar) masih tertata dengan baik. Jika ada beberapa peristiwa dan isu yang berkembang masih dapat diatasi dengan respon partisipasi masyarakat serta kesigapan aparat..
  • Sabtu,15 April 2017 - 03:26:38 WIB

    Hari Ini, Jembatan Pessel – Solok Diresmikan

    PAINAN, HALUAN – Jika tak ada aral melintang, hari ini, Sabtu (15/4), Gubernur Sumbar Irwan Prayitno meresmikan Jembatan Bayang Nyola yang menghubungkan Pessel dengan Kabupaten Solok pada jalur jalan alternatif Pasar Baru P.
  • Selasa,07 Maret 2017 - 12:00:31 WIB

    Sebelum Banjir dan Longsor, Ada Ledakan Tiap Hari

    Sebelum Banjir dan Longsor, Ada Ledakan Tiap Hari LIMAPULUH KOTA, HALUAN – Hampir dapat dipastikan, musibah longsor dan banjir di wilayah Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota, disebabkan oleh aktivitas tambang. Pengakuan warga setempat, hampir tiap hari dinamit di.
  • Rabu,28 Desember 2016 - 01:49:40 WIB

    Hari ini, 721 Pejabat Dilantik

    PAYAKUMBUH, HALUAN — Plt Walikota Payakumbuh Priadi Syukur, Rabu (28/12) pagi ini, akan melantik sebanyak 721 pejabat Eselon II/III/IV serta 5 pejabat fungsional (Kepala Sekolah). Pelantikan pejabat tersebut ber­langsung d.
  • Selasa,27 Desember 2016 - 00:55:14 WIB

    Lima Anak Harimau Lahir di TMSBK

    Lima Anak Harimau Lahir di TMSBK BUKITTINGGI, HALUAN – Ko leksi Harimau di Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) atau lebih dikenal dengan Kebun Binatang Bukit­tinggi, bertambah dengan kela­hi­ran lima ekor anak Harimau..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM