Wow, Sepanjang Libur Lebaran, Produksi Sampah Capai 500 Ton Sehari


Senin,03 Juli 2017 - 12:05:48 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Wow, Sepanjang Libur Lebaran, Produksi Sampah Capai 500 Ton Sehari Sampah-sampah yang berasal dari darat kerap bermuara ke Pantai Padang yang menjadi kawasan wisata andalan di Padang. DOKUMEN

PADANG, HALUAN – Selama libur lebaran, Minggu (26/6) – Minggu (2/7), sampah yang dihasilkan di Kota Padang meningkat sekitar 10 persen. Peningkatan jumlah sampah dihasilkan dari berbagai tempat objek wisata yang banyak dikunjungi oleh masyarakat dan juga wisatawan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang Al Amin. Dikatan Al Amin, biasanya setiap hari sampah yang dihasilkan sekitar 450 ton. Namun sekarang meningkat antara 478 ton hingga 500 ton perharinya.  "Terjadi peningkatan lebih kurang 10 persen atau sekitar 30 ton hingga 50 ton setiap hari penambahan sampah,” ujar Al Amin, Minggu (2/7).

Disebutkan Al Amin, sumber sampah paling banyak dari berbagai objek wisata, kemudian dari pedagang kuliner dan juga sampah rumah tangga. "Dari objek wisata banyak sampah plastik bekas bungkus makanan,” katanya.

Lebih lanjut, untuk mengantisipasi agar sampah tidak banyak menumpuk sehingga membuat Kota Padang tidak nyaman untuk dilihat dan mengurangi kebersihan. Ia memperbanyak melakukan sistim sisir, yang biasanya hanya tiga kali sehari menjadi lima kali sehari. "Semua petugas kita siagakan, agar sampah yang berserakan segera dibersihkan. Terutama diberbagai objek wisata yang banyak dikunjungi seperti Pantai Padang, "ujarnya.

Kadis pun mengimbau kepada masyarakat untuk meletakan sampah pada tempatnya mulai pukul lima sore hingga lima pagi.  "Kepada semua pengunjung pun kami harapkan untuk dapat membuang sampah pada tempat sampah. Jangan membuang sampah sembarangan sehingga menyebabkan tempat tersebut menjadi kotor, "katanya.

Pantauan Haluan, sampah banyak ditemukan berserakan diberbagai objek wisata di Kota Padang seperti di Pantai Air Manis, Pantai Carolina di Bungus dan Pantai Padang. Disepanjang pantai tersebut  ditemukan berbagai jenis sampah baik makanan, bungkus makanan, berbagai botol minuman dan sampah pedagang yang berjualan.

Selain itu tong sampah yang tersedia juga minim, tidak sebanding dengan jumlah pengunjung yang sangat ramai di berbagai objek wisata tersebut.
Salah seorang pengunjung Fahmi mengeluhkan berserakannya sampah di Pantai Air Manis. Sampah yang berserakan membuat keindahan pantai menjadi rusak."Sampah berserakan dimana-mana, sangat mengganggu," kata pengunjung yang berasal dari Pekanbaru ini.

Selain Fahmi, Vivi pengunjung di Pantai Padang juga mengeluhkan permasalahan sampah di objek wisata tersebut. Selain itu, kekurangan tong sampah yang tersedia juga membuat pengunjung membuang sampahnya sembarangan. "Kepada pemerintah setempat untuk menyediakan tong sampah lebih banyak di objek wisata, agar pengunjung bisa membuang dan meletakan sampahnya pada tempat yang seharusnya," ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Medi Iswandi menyebutkan, untuk di objek wisata pihaknya membersihkan sampah selama sebanyak dua kali.  "Kami juga dua shift setiap hari membersihkan sampah yakni pukul 08.00 Wib,  kemudian pukul 14.00 WIB.  Namun pengunjung memang banyak sekali sehingga sampah masih terlihat berserakan di berbagai objek wisata,” kata Medi.

Medi sangat menyayangkan sikap pengunjung yang tidak menjaga kebersihan dan keindahan berbagai objek wisata yang didatangi. “Sangat kita sayangkan, masih terlihat pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Selain itu, pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi juga membuang sampah dari dalam mobilnya ke jalanan,” ujarnya. (h/mg-mel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu,10 Juni 2017 - 13:58:01 WIB

    Wow, Padang Masuk Kota Terindah di Indonesia.

    Wow, Padang Masuk Kota Terindah di Indonesia. PADANG, HALUAN - Menurut turis asing yang pernah berkunjung ke Indonesia, terdapat tujuh daerah yang dianggap paling indah. Salah satunya yakni Kota Padang. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM