Di Daerah ini, Ikan Larangan tak Lagi Jadi Pantangan


Minggu,02 Juli 2017 - 17:23:17 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Di Daerah ini, Ikan Larangan tak Lagi Jadi Pantangan Warga Tengah memancing ikan di kawasan larangan di Pesisir Selatan. M JONI

PAINAN,HALUAN Banyak kawasan larangan mengambil ikan di Sumbar yang biasa disebut kawasan Ikan Larangan.  Sebagian lain, menyebutnya sebagai Lubuk Larangan, seperti di Kampung Lubuk  Begaluang kenagarian Aur Begaluang kecamatan Bayang Pessel. Namun, di saat libur lebaran ini, kawasan itu dibuka untuk umum. Tapi, bukan gratis begitu saja. Setiap pemancing, dikenakan biaya Rp100 ribu dan mereka bisa memancing sepuasnya hingga setengah hari.

Ketua pelaksana kegiatan, Budi Hartono menyebut, uang yang terkumpul nantinya akan digunakan untuk pembangunan masjid di kampung mereka. Budi yang juga ketua Pemuda Lubuk Begalung itu menyebut, kegiatan ini berlangsung  selama 7 hari yang diawali, Sabtu(1/7) ini. Si pemancing, katanya, dibatasi hanya radius 500 meter dari bawah jembatan gantung, bagi peserta yang berhasil ikannya bisa dibawa pulang.

Soal kawasan larangan ini, Wali nagari Aur Begaluang  kecamatan Bayang Pessel Awaludin mengatakan, ikan yang sudah ditebarkan dalam sungai  merupakan tanggung jawab bersama untuk menjaga dan melestarikannya. Artinya, kata Awaludin lagi, ikan yang ada dalam sungai tidak bisa diambil tanpa  persetujuan masyarakat nagari. Bagi masyarakat  yang nakal sengaja menangkap ikan secara ilegal  akan mendapatkan sangsi  di masyarakat nagari.

Memancing bersama ini merupakan kegiatan perdana di nagari tersebut. Rencananya, kegiatan ini akan menjadi agenda rutin untuk digelar setiap tahunnya. (h/mjn)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,18 Oktober 2017 - 13:20:14 WIB

    Puluhan Jorong di Pasbar Tak Ada Sinyal Komunikasi

    Puluhan Jorong di Pasbar Tak Ada Sinyal Komunikasi PASBAR, HARIANHALUAN.COM — Sebanyak 56 jorong yang tersebar di beberapa kecamatan di Pasaman Barat hingga hari ini masih belum terjangkau sinyal handphone. Akibatnya, masyarakat setempat sulit melakukan komunikasi dengan da.
  • Selasa,17 Oktober 2017 - 20:53:59 WIB

    Komit Begerak Di Bidang Sosial dan Kemanusiaan, APP Pessel Salurkan Bantuan Korban Kebakaran

    Komit Begerak Di Bidang Sosial dan Kemanusiaan, APP Pessel Salurkan Bantuan Korban Kebakaran PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pengurus Aliansi Pessel Peduli (APP), menyambangi kediaman Deswanti (45), korban kebakaran beberapa waktu lalu, di Kampung Luhung, Kenagarian Pasar Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan.
  • Sabtu,14 Oktober 2017 - 15:55:11 WIB

    Meringanka Korban Banjir di Ranah Batahan, Polres Pasbar Serahkan Bantuan

    Meringanka Korban Banjir di Ranah Batahan, Polres Pasbar Serahkan Bantuan PASBAR, HARIANHALUAN.COM- Donasi bantuan banjir bandang yang terjadi di Jorong Kampung Baru, Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat terus mengalir. Kali ini, Jajaran Polres Pasaman Barat turun langsung kelokasi ters.
  • Jumat,13 Oktober 2017 - 21:29:29 WIB

    Anggota Polres Pasaman Ini Diangkat Menjadi Datuak di Pessel

    Anggota Polres Pasaman Ini Diangkat Menjadi Datuak di Pessel PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Kasat Binmas Kepolisian Resor Pasaman AKP Syafrizen SH, dikukuhkan sebagai Datuak di Kampung halamannya Padang Mandiangin, Kenagarian Lakitan Utara, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan (P.
  • Minggu,08 Oktober 2017 - 17:44:41 WIB

    Ada 247 Orang Penderita Gangguan Jiwa di Solsel

    Ada 247 Orang Penderita Gangguan Jiwa di Solsel SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Kesehatan Solok Selatan (Dinkes Solsel) memastikan setiap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) tidak ada yang terlantar. Hal ini diungkapkan Kepala Dinkes Solsel, Novirman pada Haluan (6/.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM