Di Daerah ini, Ikan Larangan tak Lagi Jadi Pantangan


Minggu,02 Juli 2017 - 17:23:17 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Di Daerah ini, Ikan Larangan tak Lagi Jadi Pantangan Warga Tengah memancing ikan di kawasan larangan di Pesisir Selatan. M JONI

PAINAN,HALUAN Banyak kawasan larangan mengambil ikan di Sumbar yang biasa disebut kawasan Ikan Larangan.  Sebagian lain, menyebutnya sebagai Lubuk Larangan, seperti di Kampung Lubuk  Begaluang kenagarian Aur Begaluang kecamatan Bayang Pessel. Namun, di saat libur lebaran ini, kawasan itu dibuka untuk umum. Tapi, bukan gratis begitu saja. Setiap pemancing, dikenakan biaya Rp100 ribu dan mereka bisa memancing sepuasnya hingga setengah hari.

Ketua pelaksana kegiatan, Budi Hartono menyebut, uang yang terkumpul nantinya akan digunakan untuk pembangunan masjid di kampung mereka. Budi yang juga ketua Pemuda Lubuk Begalung itu menyebut, kegiatan ini berlangsung  selama 7 hari yang diawali, Sabtu(1/7) ini. Si pemancing, katanya, dibatasi hanya radius 500 meter dari bawah jembatan gantung, bagi peserta yang berhasil ikannya bisa dibawa pulang.

Soal kawasan larangan ini, Wali nagari Aur Begaluang  kecamatan Bayang Pessel Awaludin mengatakan, ikan yang sudah ditebarkan dalam sungai  merupakan tanggung jawab bersama untuk menjaga dan melestarikannya. Artinya, kata Awaludin lagi, ikan yang ada dalam sungai tidak bisa diambil tanpa  persetujuan masyarakat nagari. Bagi masyarakat  yang nakal sengaja menangkap ikan secara ilegal  akan mendapatkan sangsi  di masyarakat nagari.

Memancing bersama ini merupakan kegiatan perdana di nagari tersebut. Rencananya, kegiatan ini akan menjadi agenda rutin untuk digelar setiap tahunnya. (h/mjn)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,24 Agustus 2017 - 09:56:23 WIB

    PT Japfa Bantu Pengembangan Sekolah di Solok Selatan

    PT Japfa Bantu Pengembangan Sekolah di Solok Selatan SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk unit Padang melaksanakan pelatihan dan pengembangan bagi tujuh sekolah dasar di Solok Selatan (Solsel). Pelatihan bertujuan supaya sekolah menjadi tempat yang .
  • Selasa,22 Agustus 2017 - 17:07:24 WIB

    "Batu Perkasa" di Tanah Datar, Lambang Kesuburan dan Makam Kuno

    TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Batu perkasa berbentuk kelamin laki-laki yang kini menghebohkan itu, mulai diamati Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Wilayah Sumbar, Riau dan Kepri. BPCB telah menetapkan dugaan terhadap ba.
  • Senin,21 Agustus 2017 - 20:35:05 WIB

    Pawai Alegoris di Agam Diguyur Hujan

    Pawai Alegoris di Agam Diguyur Hujan AGAM, HARIANHALUAN.COM- Ribuan peserta Peserta pawai alegoris dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-72, tingkat Kabupaten Agam di Lubuk Basung, hujan-hujanan, Senin (21/8). Meski demikian pe.
  • Senin,21 Agustus 2017 - 11:11:08 WIB

    BN Pessel sumbang Rp140 Juta untuk Pendidikan dan Bedah Rumah

    BN Pessel sumbang Rp140 Juta untuk Pendidikan dan Bedah Rumah PAINAN, HALUAN—Bank Nagari Cabang Painan, Pesisir Selatan, tahun ini kembali menyalurkan bantuan Corporate Social Resposibility (CSR) sebesar Rp140 juta. Dana CSR itu diperuntukkan bagi biaya pendidikan Rp90 juta dan bantua.
  • Senin,21 Agustus 2017 - 09:25:26 WIB
    Pasca Pelantikan di Kabupaten Limapuluh Kota

    Ferizal Ridwan: Jika Tidak Saya Luruskan, Bupati Irfendi Arbi Berpotensi Langgar UU

    Ferizal Ridwan: Jika Tidak Saya Luruskan, Bupati Irfendi Arbi Berpotensi Langgar UU LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM--Pemerintahan Kabupaten Limapuluh Kota buncah pasca Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan melantik dua orang eselon II dan mengembalikan jabatan Sekdakab kepada Yendri Thomas Jumat (18/7.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM