Bosan Dihadiahi Janji, Warga Palembayan Pasang Plang di Jalan


Minggu,02 Juli 2017 - 10:28:42 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Bosan Dihadiahi Janji, Warga Palembayan Pasang Plang di Jalan warga tengah memasang rambu di jalan yang rusak sebagai bentuk protes ke pemerintah

AGAM, HALUAN - Sebagai kritik terhadap lambanya perbaikan jalan Palembayan, masyarakat setempat memasang rambu dari kertas karton menjelang lebaran Idul Fitri lalu bertuliskan,"Maaf Jalan Kami Rusak".

Pemasangan rambu tersebut dilakukan di Padang Bamban yang kondisi jalannya sangat parah, banyak berlobang digenangi air, sehingga menyulitkan pengendara melewatinya.

Menurut tokoh masyarakat setempag DR.Awerman, jalan raya di kecamatan Palembayan sejak 5 tahun lalu telah dinaikan statusnya dari jalan kabupaten menjadi jalan provinsi, namun perbaikannya berjalan lamban, sementara para pejabat terkait hanya sering menebar janji segera memperbaikinya.

"Bagi masyarakat di daerah ini, jalan merupakan urat nadi perekonomian karena sangat penting untuk memasarkan hasil tani ke pasar terutama pasar di kota Bukittinggi, jika jalan masih seperti sekarang transportasi tidak lancar, kadang kendaraan yang hendak ke Bukittingg harus memutar ke Lubuk Basung melewati rute yang jauh dan berongkos mahal"kata Awerman.

Katanya lagi, memang ada perbaikan oleh pemerintah provinsi, tapi hanya sekitar 2 km dalam setahun, sementara panjang jalan tersebut 52 km lebih tentu akan memakan waktu 25 tahun ke depan selesainya, masyarakat meminta perbaikan menyeluruh, tidak bertahap seperti yang lalu.

Sementara itu Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang memimpin Tim Ramadhan ke jorong Sungai Taleh nagari Baringin Palembayan pertengahan Ramadhan lalu masih mengumbar janji, dimana katanya pemerintah provinsi baru akan mengganggarkan pembangunan jalan ini dalam APBD 2018.

Begitupun Bupati Agam Indra Catri mengatakan terus berusaha memperbaiki jalan ini dengan berbagai cara.

"Alah sahabih aka pulo rasono Tuan. Pakai dana APBD Agam ndak bisa lai. Kalau diiringi caro Propinsi mambangun 2 -3 Km satahun 10 - 15 tahun lai mako kasalasai. Patangko raso kakanai jarek tapi kabaalah masuak awan pulo. Tapi samantang pun baitu,nan jarek ndak kapanah lupo jo Balam; nan Balam mungkin bisa lupo jo jarek.Kan mantun ....!!!!"tulis Indra Catri mengomentari status warga Palembayan tentang kondisi jalan yang rusak di media sosial Facebook kemarin(h/ks)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM