Diprotes Alumni, UBH Batal Pakai Akronim Unhatta


Jumat,23 Juni 2017 - 16:57:46 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Diprotes Alumni, UBH Batal Pakai Akronim Unhatta Gerbang kampus Universitas Bung Hatta. foto Yayasan Proklamator

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Rektor Universitas Bung Hatta, Azwar Ananda, membatalkan rencananya meresmikan Unhatta sebagai akronim perguruan tinggi itu karena mendapatkan protes dari alumni. Ia menyatakan, singkatan yang dipakai ke depannya adalah singkatan yang sudah poluler selama ini, yakni UBH.

Azwar menyampaikan pembatalan itu melalui status pada akun Facebook-nya pada Jumat (23/6) 15.48. Ia menulis pada statusnya, “Ass.ww.wb. Setelah melihat, membaca, dan memperhatikan aspirasi alumni Universitas Bung Hatta secara nasional, maka saya menegaskan bahwa polemik akronim/kependekan Universitas Bung Hatta dihentikan dan kita tetap memakai sebutan kebanggaan kita bersama UBH. Dengan demikian diskusi wacana tersebut sudah selesai. Saya memohon agar semua alumni bersatu mempromosikan dan membangun UBH menuju Akreditasi unggul tahun 2020. Salam bersatu dari kampus proklamator. Azwar Ananda, Rektor.”

Saat diwawancarai Haluan setelah status itu terbit, Azwar membeberkan, alasannya membatalkan rencana peresmian akronim Unhatta itu karena semua alumnus Universitas Bung Hatta memprotes perubahan itu.

“Banyak alasan yang dikemukakan alumni. Mereka keberatan dengan perubahan itu. Kita memperhatikan aspirasi dari berbagai pihak. Pemimpin kan harus memperhatikan aspirasi,” ujarnya.

Perubahan akronim Unhatta itu, kata Azwar, baru wacana. Ia mengutarakan, perubahan singkatan dari UBH menjadi akronim Unhatta itu merupakan wacana dari dirinya sebagai rektor. Karena itu, ia pula yang harus menghentikan wacana tersebut.

“Kita tidak mau polemik ini liar hanya karena sebutan,” ucapnya.

Jadi, kata Azwar, singkatan yang dipakai ke depannya adalah UBH sesuai dengan keinginan alumni sebagai mitra Universitas Bung Hatta. Ia pun tidak akan membuat acara peresmian singkatan UBH karena singkatan itu sudah sangat poluler.

Saat ditanya, apakah singkatan UBH akan dimasukkan dalam statuta Kampus Proklamator itu karena selama ini belum ada singkatan Universitas Bung Hatta dalam statuta, Azwar mengatakan, ia akan merundingkan hal itu dengan semua pihak di UBH.

“Kalau bicara dari hati ke hati, pasti semuanya selesai,” katanya.

Pada Rabu (21/6), Harianhaluan.com memuat berita berjudul “Singkatan Kampus UBH Diganti Menjadi Unhatta”. Berita itu dibagikan oleh banyak alumnus UBH. Menurut Indrawadi Mantari, bagian Humas UBH, berita tersebut menjadi perbincangan alumni UBH.

Pada berita itu, Azwar Ananda menyatakan, singkatan UBH berkonotasi kurang baik. “Mungkin konotasi akronim UBH kurang baik. Sebagai pembanding, kabarnya Universitas Brawijaya yang dulu dipendekkan dengan Unibra, diganti dengan Unibraw karena konotasi Unibra kurang baik. Singkatan Unibraw kemudian sangat populer,” tuturnya. (h/dib)

 

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM