2163 Napi di Sumbar Dapat Remisi Idulfitri


Kamis,22 Juni 2017 - 23:28:37 WIB
Reporter : Tim Redaksi
2163 Napi di Sumbar Dapat Remisi Idulfitri Iustrasi/haluan
PADANG, HARIANHALUAN.COM—Sebanyak 2163 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau narapidana di wilayah Kanwil Hukum dan Ham Sumatera Barat mendapat pengurangan masa pidana atau Remisi Khusus (RK) Idulfitri 2017. Angka tersebut meningkat dari angka tahun lalu yang hanya 1400  orang.
 
Data yang diterima Harianhaluan.com dari Kanwil Kemenkumham Sumbar, Kamis (22/6). Dari total 2163 yang mendapat remisi, 2150 diantaranya mendapat Remisi Khusus (RK) 1 atau masih menjalani sisa pidananya. Sementara 13 WBP lainnya dinyatakan dapat langsung bebas atau RK 2.
 
Pemberian remisi merupakan reward bagi narapidana yang sudah memenuhi syarat diantaranya mengikuti program pembinaan, dan tidak melanggar tata tertib. Pemberin tersebut jug sudah diatur dengan UU No 12 Tahun 1995 tentang Kemasyarakatan dan Kepres No 174 tentang Remisi dan PP No 32 tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Hak Warga Binaan Pemasyarakatan.
 
Khusus untuk kejahatan kasus narkoba, teroris, korupsi, dan kejahatan internasional, Kementrian Hukum dan Ham memperketat Pembebasan Bersyarat (PB) sesusai dengan PP 99 tahun 2012.
 
Sebelumnya Kakanwil Kemenkumham Sumbar Dwi Prasetyo Santoso kepada Harianhaluan.com pendataan remisi napi sudah ada di Sistem Database Pemasyarakatan (SDP). Kemudian data tersebut langsung di olah IT, lalu akan muncul di setiap LP masing-masing.
 
 “Saat ini baru ada empat LP yang sudah selesai, itu karena di bawah 50 (napi yang terdata remisi). Tinggal 11 LP lagi yang belum, ini karena di atas seratus,” terangnya.
 
Meski demikian, Dwi menyebutkan, pendataan bakal selesai menjelang lebaran, atau H-3.
 
“Kami sepakat H- 3 atau 4 sudah selesai semuanya. Dan prediksi saya tidak jauh dari tahun yang lalu sekitar 1400 (napi yang mendapat remisi),” terangnya.(h/rvo)
 
 
 
Editor: Rivo Septi Andries
 

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM