Cerita Pilu dari Kambang Barat, Senandung Disabilitas di Gubuk Reot


Rabu,21 Juni 2017 - 11:26:17 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Cerita Pilu dari Kambang Barat, Senandung Disabilitas di Gubuk Reot Munyan (65) saat ditemui Walinagari Kambang Barat Awaluddin di gubuknya di Kampung Pasar Gompong Nagari Kambang Barat, Selasa (20/6). HARIDMAN



Laporan : Haridman Kambang

Ramadan adalah bulan penuh berkah rahmat dan ampunan. Ramadan juga menjadi bulan mempertajam kepekaan sosial. Nun, sekitar 50 kilometer dari Kota Painan ke arah selatan tepatnya di Kampung Pasar Gompong Nagari Kambang Barat, Munyan (65) hidup dalam kemiskinan absolut. Sudahlah miskin penyandang disabilitas pula.

Munyan tinggal menumpang disebuh gubug reot milik warga Pasar Gompong. Ukuran gubug itu sempit dengan bahan bangunan yang tidak dirancang untuk ditempati. Beberapa kayu tampak jadi penopang, bila tersenggol kambing mungkin rubuh. Bila malam darah Munyan jadi santapan nyamuk. Namun munyan tidak punya pilihan lain, dia harus berteduh dikala panas maupun hujan di gubug itu.

Penyandang tuna netra ini mengaku, rupanya ia belum pernah mencicipi program bantuan sosial/kesehatan semisal BLSM, BLT, Jamkesmas/ Jamkesda, JPS. "Bila sakit tanggunglah seorang diri," ujar Munyan lirih sembari ia menengadah.

Apa yang dialami Munyan sungguh luar biasa, dengan jarak domisili tidak terlalu jauh dari
keramaian  dia seolah luput dari "sapaan" program sosial.

Hari Selasa (20/6) Walinagari Kambang Barat Awaluddin berkunjung menemui Munyan. Memasuki gubug itu alat penciuman langsung disergap bau lembab dan tidak sehat. Di gubug itu Munyan menyambut Awaluddin. Lantai tempat duduk nyaris amblas , namun Awaluddin bersaha menyesuaikan diri . 
 

Sosok ringkih di atas gubug itu tampak gembira ketika dikunjungi Walinagari. Dua biji mata putih tanpa kornea itu memang tak bisa menunjukkan ekspresi kegembiraan, namun beberapakali ia mencoba mengarahkan wajah kelawan bicara dengan penuh senangat.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM